Monday, 5 June 2017

Cara Menjaga Agar Kulit Tetap Sehat Selama Berpuasa

Memasuki bulan puasa tentu banyak perubahan yang terjadi pada tubuh. Pola makan yang berubah membuat kondisi tubuh beradaptasi, sehingga akan mempengaruhi kondisi kulit kita. Nah, agar kulit tetap cantik dan sehat selama bulan puasa ada langkah-langkah yang dapat kamu coba.
Puasa bukanlah asalan untuk bermalas-malasan dalam menjaga kondisi tubuh. Karena puasa dapat mengajarkan kita bagaimana menyeimbangkan proposi karbohidrat, lemak, protein dan cairan ketika sahur dan berbuka puasa.

BACA JUGA: 5 Penyebab Jerawat di Kemaluan Wanita, Wajib Baca!

Nah, pada kesempatan kali ini Adajerawat.com akan mengulas tentang Cara Menjaga Agar Kulit Tetap Sehat Selama Berpuasa. Bagaimana caranya? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Cara Menjaga Agar Kulit Tetap Sehat Selama Berpuasa

1. Cegah Kulit Kering Karena Dehidrasi

Kulit sangat berperan penting untuk melapisi dan melindungi organ-organ tubuh. Gangguan kulit karena dehidrasi dapat menyebabkan kulit kering yang ditandai dengan kulit bersisik, gatal serta peah-pecah.

Kondisi yang seperti ini dapat mengganggu kenyamanan kamu ketika melakukan kegiatan sehari-hari. Selain itu, kondisi bibir yang kering paling sering di alami oleh seseorang yang sedang berpuasa. Karena selama seharian mereka tidak mengkonsumsi air.

Berbeda dengan jenis kulit lainnya, bibir tidak mampu menghasilkan kelenjar minyak yang berguna untuk melembabkan kulit. Bibir kering, atau bibir pecah-pecah merupakan salah satu gejala dehidrasi yang mudah terlihat.

Kamu dapat mencegahnya dengan cara dengan meminum air dalam jumlah yang cukup. Saat berpuasa, bisa dilakukan saat berbuka dan saat sahur. Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi kulit kering selain mengkonsumsi air putih, antara lain:
  • Hindari mandi menggunakan air panas.
  • Gunakan produk pelembab kulit setelah mandi.
  • Hindari menggaruk bagian kulit yang kering dan gatal.
Pilihlah pelembab yang cocok dengan jenis kulit kamu. Jika kamu memiliki jenis kulit yang berminyak, maka gunakanlah pelembab untuk jenis kulit berminyak, dan sebaliknya. Jangan sampai salah menggunakan pelembab.

2. Mengutamakan Gizi Seimbang dan Cukup Minum Air 

Seseorang yang berpuasa sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi asupan makan-makanan bergizi serta memnuhi kebutuhan cairan tubuh. Apa saja sih jenis makanan yang harus dikonsumsi? Jenis-jenis makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi saat berbuka dan sahur adalah sayuran, ikan, daging, dan makanan yang mengandung lemak dan gula namun tidak berlebihan.

Karena cairan pada tubuh kamu akan semakin menipis saat-saat jam berpuasa. Pada waktu itu kamu akan rentan mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Gejala dehodrasi antara lain menurunnya frekuensi buang air kecil, kelelahan, dan rasa haus terus-menerus.

Adapun langkah pencegahan dehidrasi saat puasa. Kamu bisa melakukan dengan memenuhi asupan air minum ketika sahur dan berbuka puasa. Asupan air yang direkomendasikan yaitu sekitar 8 gelas atau 2 liter perhari.

Dengan meminum air putih saat berbuka puasa dan sahur, asupan air putih dapat membantu tubuh terhidrasi, yang akan mencegah tubuh dari kekurangan cairan. Namun, hindari minum air terlalu berlebihan karena akan membuat perut tidak nyaman.

Sebaiknya saat berpuasa, kamu hindari mengkonsumsi kafein, karena akan mengakibatkan kamu lebih sering buang air kecil, sehingga tubuh beresiko kehilangan cairan lebih banyak.


Nah, itulah ulasan tentang Cara Menjaga Agar Kulit Tetap Sehat Selama Berpuasa. Apabila penjelasan di atas ada yang kurang jelas, atau kamu ingin memberikan kami rekomdasi selanjutnya kami harus membuat artikel apa, silahkan comment di bawah ya gais. Semoga bermanfaat...
KOMENTAR

0 comments