Thursday, 8 June 2017

7 Cara Merawat Lensa Kontak Agar Tetap Aman Digunakan

Lensa kontak sangat memudahkan kita dalam melakukan berbagai aktivitas tanpa perlu mengkhawatirkan kacamata yang mungkin berisiko baret, pecah, patah, atau hilang. Selain membantu kita melihat lebih jelas, lensa kontak juga tidak mengganggu penampilan.

Cara merawat softlens atau kontak lens yang kotor ataupun perawatan setiap hari dengan cara yang cukup mudah. Bagi sebagian orang yang daya penglihatannya mulai berkurang karena mata minus, tentu softlens menjadi pilihan lain yang menjanjikan setelah kacamata.
Berbagai warna dan motif yang menarik membuat orang tergerak untuk mengikuti tren dan memakai softlens, bahkan bagi mereka yang matanya normal.

Namun jangan salah, karena softlens ini bisa menjadi sumber permasalahan baru bila sobat tidak lihai dalam merawatnya. Nah, pada kesempatan kali ini Adajerawat.com akan mengulas tentang 7 Cara Merawat Lensa Kontak Agar Tetap Aman Digunakan. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

BACA JUGA: 5 Keuntungan Rutin Memakai Masker Wajah Sebelum Tidur

Berikut 7 Cara Merawat Lensa Kontak Agar Tetap Aman Digunakan

1. Rendam Soflens Apabila Tidak di Pakai

Softlens yang dijaga kelembapannya dan dibiarkan terendam saat sedang tak terpakai akan lebih awet dibandingkan softlens yang dibiarkan mengering begitu saja. Seperti yang kamu ketahui, bahwa softlens yang lembap akan lebih lentur dan mudah ketika dipasang.

2. Jaga Kebersihan Kotak Soflens

Selanjutnya adalah menjaga kebersihan kotak softlens sama pentingnya dengan menjaga kebersihan softlens itu sendiri. Pastikan wadah untuk menyimpan softlens ini selalu bersih dan steril.
Kebersihan softlens berawal dari tempat penyimpanannya. Bersihkan kotak softlens dengan merendamnya ke dalam air panas supaya terbebas dari kuman maupun bakteri.


3. Jangan Pakai Soflens Seharian

Ini adalah hal terpenting yang kadang sering diabaikan banyak orang. Hindarilah menggunakan softlens lebih dari 12 jam. Sebab hal seperti itu hanya akan membuat mata kamu mengalami iritasi.

4. Jangan Menggunakan Soflens Ketika Tidur

Softlens memang diciptakan untuk selalu basah atau lembap. Nah, ketika tidur mata kamu otomatis akan tertutup dan tidak ada gerakan akomodasi mata yang bisa membasahi permukaan softlens.
Hal ini bisa mengganggu kenyamanan dan membuat softlens sobat cepat mengering dan rusak.

5. Bersihkan Soflens

Sebelum membersihkan softlens pastikan kamu telah mensterilkan tangan lebih dulu. Kemudian taruh softlens di telapak tangan dan tetesi dengan cairan solution atau cairan khusus yang memang dipakai untuk membersihkan lensa kontak.
Lalu gosok softlens sebentar menggunakan tangan pelan-pelan saja sampai bersih. Kemudian bilas lagi softlens tersebut dengan cairan solution. Hati-hati! Jangan sembarangan membersihkan softlens dengan air keran. Sebab air keran kemungkinan telah tercemar dan tidak 100% steril.

6. Pakai Makeup Sebelum Pakai Soflens

Usahakan menggunakan make-up dulu hingga selesai, baru kamu bisa memasang softlens. Sebab, bila kamu terlanjur memasang softlens duluan baru makeup, kemungkinan serbuk-serbuk seperti bedak, eyeshadow dan semacamnya dapat masuk ke softlens akan mata kamu iritasi.

7. Pastikan Tangan Kamu Bersih

Pastikan untuk membersihkan tangan dulu sebelum merawat atau menggunakan softlens. Usahakan mencuci tangan dengan sabun bayi atau sabun anti bakteri. Jangan sampai mencuci tangan dengan sabun yang mengandung pewangi.
Sebab parfum di dalamnya bisa membuat tangan kita menyimpan zat kimia yang bisa mengganggu penglihatan ketika memakai softlens. Pakailah handuk kering dari serat yang bagus untuk mengeringkan tangan.

Nah, itulah ulasan tentang 7 Cara Merawat Lensa Kontak Agar Tetap Aman Digunakan. Apabila penjelasan di atas ada yang kurang jelas, atau kamu ingin memberikan kami rekomendasi selanjutnya harus membuat artikel apa, silahkan comment di bawah ya gais. Semoga bermanfaat...

BACA JUGA:
KOMENTAR

0 comments