Thursday, 29 June 2017

10 Cara Paling Ampuh Menghilangkan Ngantuk di Pagi Hari

Ngantuk memang hal yang sangat manusiawi, apalagi disaat kita merasa benar-benar lelah dan letih. Namun terkadang ngantuk itu bisa menjadi hal yang tidak wajar.
Hanya saja, hal ini bisa berbahaya bagi kita ketika rasa ngantuk dialami saat sedang belajar di sekolah atau saat bekerja.

Ada beberapa cara menghilangkan ngantuk di pagi hari yang cukup ampuh bagi kamu, supaya tidak merugikan diri sendiri. Kamu perlu menyiasati kondisi ngantuk di pagi hari, apalagi kalau sudah sangat sering dialami.

BACA JUGA: Lakukan 5 Cara Ini Saat Bayi Tumbuh Gigi

Nah, pada kesempatan kali ini Adajerawat.com akan mengulas tentang 10 Cara Paling Ampuh Menghilangkan Ngantuk di Pagi Hari. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Berikut 10 Cara Paling Ampuh Menghilangkan Ngantuk di Pagi Hari

1. Menghindari Tidur Siang

Ada sebagian orang yang tak masalah dengan tidur siang di mana malam harinya bisa tetap tidur seperti biasa. Namun ada beberapa orang yang jika tidur siang, maka malam harinya bakal mengalami sulit tidur.
Supaya bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik dan pagi tak merasa ngantuk terus, hindari tidur siang sebisa mungkin.

2. Minum Air Putih Setiap Bangun Tidur

Kamu perlu juga mencoba membiasakan diri minum air putih segelas setiap bangun tidur. Semalaman sewaktu kita tidur, cairan tubuh pada dasarnya bakal terkuras dan untuk mengembalikan kadarnya lagi, maka kamu butuh minum air putih.
Air putih dingin lebih dianjurkan sebab memang jauh lebih ampuh dalam menyegarkan tubuh ketimbang minum air hangat. Tapi kalaupun kamu merasa lebih nyaman dengan air hangat pun tak masalah jika meminum 1 gelas setiap pagi.

3. Menahan Napas

Kamu bisa mencoba untuk menarik napas dalam-dalam dari hidung, tahan selama beberapa detik sesuai dengan kemampuan kamu, barulah hembuskan melalui mulut.

Saat mengeluarkan napas dari mulut, lakukan secara perlahan dan jangan langsung dikeluarkan seluruhnya.
Saat bangun pagi dan kemudian beraktivitas di tempat-tempat sepi, seperti ujian di dalam kelas atau di kantor dengan ruangan yang masih sepi orang, otomatis rasa ngantuk dapat menghinggapi diri kita. 

Oleh karena itu, mencoba menahan napas seperti yang dianjurkan bisa sangat membantu. Ini karena dengan menahan napas kerja jantung akan dapat terpicu dengan baik di mana setelah kerjanya meningkat dan penekanan terjadi, rasa ngantuk juga dijamin jadi hilang.

4. Meregangkan Tubuh

Saat rasa ngantuk datang di pagi hari, padahal seharusnya kamu harus memulai kegiatan, cobalah untuk melakukan peregangan.
Peregangan tubuh sangat berfungsi dalam meningkatkan hormon endorfin sekaligus juga membuat aliran darah lebih lancar. Inilah yang akan membuat tubuh lebih bertenaga dan menghilangkan rasa ngantuk secara efektif.

5. Selalu Sarapan

Jangan melewatkan sarapan di pagi hari karena ketika perut terisi dengan sarapan, otomatis tubuh akan lebih bertenaga dalam menjalani aktivitas.
Hanya saja, jangan juga makan terlalu banyak, khususnya makan nasi atau makanan yang mengandung karbohidrat tinggi karena mampu membuat kita makin ngantuk nantinya. Mengonsumsi susu, sereal, roti gandum, serta buah-buahan seperti pisang dan pepaya lebih disarankan.

6. Mandi

Supaya tidak ngantuk atau supaya ngantuk hilang di pagi hari, mandilah supaya tubuh dan pikiran terasa lebih segar.
Sesudah tidur beberapa jam, tubuh tentu akan terasa begitu tak bersemangat, maka mandi pagi hari adalah cara ampuh untuk menghilangkan ngantuk sekaligus meningkatkan kesegaran, terutama mandi subuh-subuh.

7. Minum Air Lemon

Untuk menghilangkan ngantuk yang mulai datang di pagi hari, Anda bisa minum air lemon setiap pagi. Selain menghidrasi tubuh dan menghindarkan dari rasa ngantuk, tubuh juga akan terdetoksifikasi dengan air lemon sehat ini.
Pastikan sebelum sarapan kamu minum air lemon 1 gelas dan di siang hari 1-2 gelas lagi.

8. Mencuci Wajah

Saat mengantuk, ada kalanya membasuh wajah adalah cara sederhana yang terbaik. Rasa ngantuk dapat hilang berkat perubahan drastis suhu tubuh setelah dibasuh pada bagian wajah.

Bahkan setelah membasuh wajah, kamu dijamin akan lebih segar sekaligus fokus dalam belajar atau bekerja.

9. Melakukan Aktivitas Pagi Favorit Kamu

Tak ada salahnya untuk melakukan aktivitas yang kiranya kamu gemari di pagi hari, misalnya berjalan di sekeliling rumah, menonton televisi sejenak, atau berolahraga ringan supaya tidak mudah dikuasai rasa ngantuk.
Dengan cara-cara tersebut, biasanya gairah akan muncul secara perlahan sehingga rasa malas pun akan tersingkir.

10. Mematikan Lampu sebelum Tidur

Setiap sebelum tidur, tak ada salahnya untuk membiasakan diri mematikan lampu karena cahaya lampu yang sangat terang bisa mengganggu tidur.
Tak hanya itu, cahaya lampu yang terlalu terang bakal membuat kinerja mata lebih keras sehingga akan lebih susah tidur. Untuk intensitasi cahaya yang lebih rendah, kamu bisa coba menggunakan lampu tidur saja.

Nah, itulah ulasan tentang 10 Cara Paling Ampuh Menghilangkan Ngantuk di Pagi Hari. Apabila penjelasan di atas ada yang kurang jelas, atau kamu ingin memberikan kami rekomendasi selanjutnya harus membuat artikel apa, silahkan comment di bawah ya gais. Semoga bermanfaat...

BACA JUGA:
KOMENTAR

0 comments