Monday, 19 June 2017

Cara Tepat Mengatasi Batuk Saat Hamil

Bagi ibu hamil tentu pernah mengalami batuk maupun pilek. Sayangnya saat hamil, tidak boleh mengkonsumsi obat generik yang dijual bebas di pasar atau toko.

Alasannya adalah saat hamil tidak boleh sembarangan minum obat dikarenakan bisa berpengaruh terhadap organ janin yang ada di dalam kandungannya.
Sehingga ditakutkan, janin tersebut akan mengalami tumbuh kembang yang terganggu. Jika batuk hanya sebatas radang tenggorokan saja, batuk tersebut tidak akan membawa pengaruh apa-apa terhadap ibu hamil dan janin yang ada di dalam kandungannya.

Akan menjadi berbahaya dan mengkhawatirkan jika batuk yang volume suaranya terlalu keras, sehingga menimbulkan tekanan yang keras pula pada rongga dada dan perut, akibatnya bisa menimbulkan keguguran dan kelahiran prematur.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan selama kehamilan. Nah, pada kesempatan kali ini Adajerawat.com akan mengulas tentang Cara Tepat Mengatasi Batuk Saat Hamil. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

BACA JUGA: 10 Bahaya Makanan Pedas untuk Ibu Hamil dan Kesehatan

Berikut Cara Tepat Mengatasi Batuk Saat Hamil

Jika Mengalami Batuk Saat Hamil

Banyak ibu hamil yang sudah berusaha menerapkan gaya hidup sehat dan menjaga kebersihan, masih ada kemungkinan ibu hamil mengalami batuk. Namun, perlu diingat bahwa dua belas minggu pertama kehamilan merupakan waktu penting karena organ vital bayi sedang terbentuk.
Oleh sebab itu, sebagian ibu hamil disarankan untuk tidak mengonsumsi obat-obatan apa pun sampai kandungan melewati trisemester pertama. Ada juga yang tidak boleh mengonsumsi obat hingga usia kandungan mencapai 6-7 bulan.

Maka dari itu, penting untuk berhati-hati dalam mengonsumsi obat di masa hamil, pastikan kandungan obat tergolong aman untuk kehamilan, dan disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.


Beberapa cara yang dapat membantu meringankan batuk:

Mandi dengan air panas. Uap air panas dapat membantu melegakan sesak napas.
  1. Berkumur dengan air hangat yang diberi garam untuk meringankan radang tenggorokan atau batuk.
  2. Oleskan balsem atau minyak gosok pada dada untuk menghangatkan, serta oleskan juga sedikit di bawah hidung.
  3. Makan sup ayam hangat dapat membantu melegakan hidung tersumbat dan mengurangi peradangan.
  4. Minum teh decaffeinated atau rendah kafein, tambahkan dengan lemon atau madu. Minuman ini dipercaya dapat membantu meringankan radang tenggorokan.
  5. Gunakan bantal yang ditumpuk cukup tinggi ketika tidur agar posisi kepala lebih tinggi. Posisi ini berguna karena cairan dahak yang mengalir saat tidur dapat mengiritasi dinding tenggorokan.
  6. Letakkan segelas air, balsem, atau obat-obatan lain di dekat tempat tidur ibu hamil agar cepat dijangkau ketika dibutuhkan.
  7. Mengonsumsi obat batuk yang aman untuk kehamilan, sesuai dengan anjuran dokter.
  8. Konsumsi obat sesuai resep dokter.


Bagaimana Cara Mencegah agar Tidak Batuk Saat Hamil?

Beberapa perilaku hidup bersih berikut dapat membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh serta menjauhkan ibu hamil dari penyakit.
  1. Istirahat yang cukup.
  2. Mengonsumsi makanan bergizi.
  3. Berpikir positif dan relaks agar tidak stres.
  4. Cuci tangan sesering mungkin, terutama sebelum makan atau setelah memegang benda kotor.
  5. Berolahraga secara teratur, misalnya melakukan peregangan kaki atau berjalan-jalan.
  6. Minum air putih yang cukup.
  7. Hindari berdekatan dengan orang yang terkena batuk atau pilek, agar tidak tertular.
  8. Jangan menggunakan peralatan makan yang sama dengan penderita batuk atau pilek.
  9. Jaga kebersihan rumah, terutama kamar tidur. Batuk juga bisa disebabkan dari debu di ranjang yang tidak bersih.

Nah, itulah ulasan tentang Cara Tepat Mengatasi Batuk Saat Hamil. Apabila penjelasan di atas ada yang kurang jelas, atau kamu ingin memberikan kami rekomendasi selanjutnya harus membuat artikel apa, silahkan comment di bawah ya gais. Semoga bermanfaat...

BACA JUGA: 
KOMENTAR

0 comments