Wednesday, 28 June 2017

10 Gaya Hidup Tidak Sehat yang Wajib Kamu Hiindari!

Menjaga pola hidup sehat sangatlah penting. Pola hidup sehat banyak dianggap remeh oleh sebagian orang dan gaya hidup tidak sehat sering kali dianggap sebagai biang keladi yang menyebabkan berbagai masalah pada kesehatan tubuh.
Dalam artikel Adajerawat.com akan memberikan informasi tentang kehidupan sehari-hari yang tidak kamu sadari bahwa aktifitas yang kamu lakukan termasuk dalam kategori gaya hidup tidak sehat.

Jangan-jangan selama ini sejak kamu bangun dari tempat tidur, Kamu sudah melakukan banyak kesalahan . Ketika kamu hendak tidur, kamu telah melakukan kesalahan yang mempengaruhi nasib kesehatan kamu nantinya.

BACA JUGA: Cara Tepat Mengatasi Batuk Saat Hamil

Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Berikut 10 Gaya Hidup Tidak Sehat yang Wajib Kamu Hiindari!

1. Makan Terlalu Cepat

Ketika kita makan, terjadi proses penghancuran makanan saat makanan berada di dalam mulut mulai dari gigi yang fungsinya untuk menghaluskan makanan hingga ke system pencernaan berupa lambung.

Idealnya kita perlu mengunyah makanan dengan halus supaya organ pencernaan tidak bekerja dua kali akibat bekerja lebih keras. Akan tetapi, kenapa makan cepat disini menjadi gaya hidup yang kurang sehat?
Perlu diketahui, bahwa penyakit asam lambung salah satunya di sebabkan oleh makanan  yang tertelan masih dalam bentuk kasar. Jadi, lambung dan usus halus disini tertuntut untuk bekerja keras mengolahnya.

Selain itu, Kebiasaan makan yang tergesa-gesa juga menyebabkan sejumlah udara tanpa sengaja masuk ke dalam lambung. Dan bila pada saat itu sudah ada sejumlah besar asam lambung, dan sebagian asam lambung itu akan keluar bersama udara. Kejadian inilah yang sering saya alami sendiri, yaitu gejala perut seperti “kembung”.


2. Sering Mengkonsumsi Gorengan

Diketahui pada penelitian yang dilakukan di Swedia oleh Eden Tareke dan team dari Stockhlom University. Pada penelitian tersebut, makanan yang mengandung banyak karbohidrat, seperti kentang, jika telah digoreng dapat merangsang pembentukan senyawa karsigonogenik, yaitu bahan pemicu kanker bernama akrilamida.
Bahaya mengkonsumsi gorengan bagi kesehatan memang tidak terelakkan lagi, harus kita hindari sedini mungkin. Dan selain itu, Makanan yang digoreng seperti roti, biskuit, daging, ikan juga mengandung akrilamida.

Selain itu, makanan di restoran-restoran cepat saji seperti  potato chip, french fries disebut yang paling buruk. Dan perlu diketahui, Zat akrilamida merupakan zat kimia berbahaya yang diduga menyebabkan kanker.

3. Merokok

Gaya hidup satu ini, cukup popular sekali di Indonesia sendiri. Walaupun sudah ada aturan dan peringatan keras terkait gaya hidup satu ini, tetap saja hampir rata-rata masyarakat Indonesia tak bisa lepas dari gaya hidup ini.

Walaupun sudah ada peringatan “MEROKOK ITU MEMBUNUHMU” tetap saja tak mampu mengetuk hati mereka.

4. Menahan Buang Air Kencing

Menahan kencing menyebabkan air yang seharusnya keluar akan di tamping di kandung kemik. Dan dalam kandung kemih sendiri, terdapat otot-otot yang menahan air tersebut. Kata dr.Sudung “sekali dua kali menahan masih biasa.
Tetapi, kalau ditahan secara terus menerus air yang seharusnya keluar dan dari atas yang selalu masuk, maka air yang terdapat di kandung kemih akan naik ke atas kembali ke ginjal. Kondisi ini berbahaya karena pada dasarnya, zat dalam urine itu sendiri mengandung Bakteri".

Dan Bakteri ini, bisa menyebabkakan infeksi hingga gagal ginjal. Jadi, jangan membiasakan hal semacam ini, karena ini mengancam kehidupan kamu.


5. Tidur Terlalu Lama

Dimana ketika liburan panjang saya kerapkali tidur, mulai dari tidur dipagi hari, dilanjutkan ke siang hari, kemudian sore harinya pun tidur pula.
Padahal ketika saya baca-baca lagi, kebiasaan semacam ini sangat buruk bagi kondisi fisik kita, dimana menyebabkan gangguan fisik seperti sakit kepala, konsentrasi menurun, sakit jantung, depresi, sakit punggung.

Pada waktu itu, saya seringkali mengalami sakit punggung, dan ternyata memang benar, sering/ terlalu banyak tidur itu tidak baik bagi kondisi kita. Allah SWT pun juga seringkali menganjurkan kita, agar tidak berlebihan dalam melakukan sesuatu .

6. Posisi Tidur Tidak Tepat

Posisi tidur yang kurang tepat juga akan mengakibatkan berbagai macam gangguan, diantaranya kram otot, sirkulasi darah tidak lancar, mengakibatkan rasa sakit, terutama di bagian punggung hingga mudah terbangun saat tengah malam.
Selain itu, posisi tidur salah juga bisa mengakibatkan insomnia. Kondisi kesehatan pun semakin memburuk akibat salah berbaring saat tidur ini.

Kondisi ini di simpulkan dari survey yang dilakukan oleh Women’s Health yang menunjukkan bahwa 80% dari perempuan mengaku mengalami masalah tidur beberapa kali dalam sebulan, dan 23% mengaku mengalami masalah tidur setiap malam.

7. Makan Mie Instan Berlebihan

Seringkali kita anak kost yang sibuk dengan tugas-tugas kuliah, tidak sempat pergi keluar dan memasak sendiri, lebih memilih untuk memakan mie instan tiap harinya. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa bahaya makan mie Instan disini banyak mengandung zat-zat yang cukup berbahaya bagi kondisi fisik kita.
Salah satunya, mengandung Natrium, Berdasarkan hasil penelitian, di dalam mie instan ternyata terkandung zat natrium (Na) yang berbahaya bagi kesehatan tubuh kita.

Yang mana zat ini penyebab terkena penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi dan maag apabila di konsumsi terlalu banyak dan sering.

Hal ini dikarenakan kandungan natrium yang ada di dalam bumbu memiliki sifat menetralkan lambung, sehingga menyebabkan lambung akan mensekresi asam dalam jumlah yang besar agar makanan khususnya mie instan tadi dapat dircerna dengan baik.

Namun, karena terlalu banyaknya kandungan natrium yang keluar, kadar asam lambung akan mengalami peningkatan, sehingga dengan meningkatnya kadar asam lambung ini akan terjadi pengikisan pada dinding lambung.

Kondisi inilah yang akan mengakibatkan tekanan darah dalam tubuh kita naik atau meningkat.

8. Sering Minum Kopi

Kandungan kopi bersifat mencandu. Dalam kopi sendiri terdapat zat kafein, dimana mempengaruhi system kardiovaskuler seperti peningkatan detak jantuk dan tekanan darah. Dampak seperti ini akan teradi ketika kita mengonsumsi kopi secara berlebihan.
Meminum kopi dengan intensitas yang cukup tinggi, akan menyebabkan jantung berdebar-debar, sulit tidur, kepala pusing dan gangguan lainnya.

Jika kita berusaha menghilangkan kantuk dengan meminum kopi, lebih baik di sebar secara baik sepanjang hari, dan tidak terlalu berlebihan. Bahaya kopi tidak boleh kita abaikan.

9. Konsumsi Narkoba

Siapa yang tidak kenak dengan bahaya narkoba bagi seseorang? Apapun jenis narkoba yang dikonsumsi pasti membawa efek mematikan yang tidak dapat di hindari secara langsung maupun tidak langsung.
Efek yang Ditimbulkan:
  • Ketagihan,
  • Hilang kesadaran
  • Kematian

10. Tidur Setelah Makan

Tidur langsung setelah makan, waspadalah karena berbagai penyakit mematikan akan menghampiri kamu. Mulai dari diabetes, jantung, dan kelainan hormon. Bahkan dalam beberapa kasus kamu dapat mengalami kenaikan berat adan yang sangat tinggi.

Nah, itulah ulasan tentang 10 Gaya Hidup Tidak Sehat yang Wajib Kamu Hiindari! Apabila penjelasan di atas ada yang kurang jelas, atau kamu ingin memberikan kami rekomendasi selanjutnya harus membuat artikel apa, silahkan comment di bawah ya gais. Semoga bermanfaat...

BACA JUGA:
KOMENTAR

0 comments