Friday, 9 June 2017

Inilah 13 Penyebab Jerawat di Ketiak Paling Berbahaya

Inilah penyebab jerawat di ketiak paling berbahaya- Jerawat dapat muncul dibagian tubuh tertentu bukan hanya pada wajah. Selain punggung ketiak adalah salah satu bagian tubuh yang rentan jerawat. Munculnya jerawat di ketiak ini disebabkan oleh beberapa faktor.

Adajerawat.com akan mengulas 13 penyebab jerawat di ketiak paling berbahaya dan bagaimana cara mengobati dan mencegahnya. Berikut ulasnnya.
BACA JUGA: 

Inilah 13 Penyebab Jerawat di Ketiak Paling Berbahaya

1. Pemakaian Deodorant yang Berlebihan

Salah satu yang busa menyebabkan munculnya jerawat di ketiak adalah pemakaian deodoran. Jerawat bisa jadi merupakan reaksi alergi yang ditimbulkan akibat pemakaian deodoran yang berlebihan. 
Pemakaian deodoran menyumbat pori pada kulit ketiak. Ditambah lagi dengan posisi ketiak yang berada dalam lipatan, deodoran membuat ketiak sulit untuk bernafas hingga timbul jerawat.

2. Kebersihan Ketiak Kurang Terjaga

Menjaga kebersihan ketiak sangatlah penting untuk mencegah timbulnya jerawat pada ketiak. Ketiak yang tidak bersih akan menjadi sarang bakteri yang bisa memicu munculnya jerawat di ketiak. 
Jerawat yang muncul berupa benjolan kecil bisa jadi adalah gumpalan bakteri akibat kebersihan ketiak yang tidak terjaga. Patikan untuk membasuh ketiak dengan bersih setiap hari.

3. Penyumbatan pada Folikel Rambut Ketiak

Faktor ketiga adalah penyebab umum munculnya jerawat. Seperti halnya pada wajah, penyumbatan folikel rambut pada ketiak adalah salah satu penyebab munculnya jerawat. Penyumbatan dapat diakibatkan berbagai hal seperti penggunaan deodoran, keringat berlebih, dan bakteri pada ketiak.

4. Faktor Genetik

Jerawat yang muncul pada tubuh selain area wajah bisa juga disebabkan faktor genetik. Jika orang tua atau keluarga anda memiliki jerawat dibagian tubuh seperti pungung, dan anda juga mempunyai jerawat dibagian tubuh lain selain wajah, maka kemungkinan ini karena keturunan. 
Namun untuk lebih memastikan ada baiknya anda memeriksa diri kedokter.

5. Hormon Berlebih

Hormonyang berlebih juga bisa menimbulkan jerawat pada ketiak. Hormon berlebih akan menghasilkan jerawat yang muncul dimana saja seperti wajah, punggung dan ketiak.

6. Obesitas

Pada penderita obesitas, jerawat batu (biasanya) banyak ditemukan di sekitar area lipatan, termasuk ketiak. Lemak yang terkumpul pada area lipatan yang tidak terpapar udara bebas membuat kulit susah bernafas dan pori-pori kulit tersumbat. Penyumbatan inilah yang nantinya akan menjadi cikal bakal
munculnya jerawat.

7. Menggaruk Ketiak Terlalu Keras

Sebagai bagian tubuh yang paling rentan berkeringat, ketiak mudah terasa gerah dan gatal. Tidak sedikit dari kita yang suka menggaruk ketiak kan? Ternyata kebiasaan menggaruk ini bisa memunculkan jerawat loh ! Jika ketiak anda terasa gatal, kompres saja dengan air hangat.
Janganlah pernah menggaruk ketiak karena bisa memindahkan bakteri yang ada di tangan ke ketiak anda. Ingat, ketiak yang kurang bersih itu pangkal jerawat.

8. Punya Riwayat Jerawat yang Parah

Jika kulit anda termasuk ke dalam jenis yang berminyak dan rentan berjerawat, bukan hanya bagian wajah saja yang bisa terkena jerawat. Bagian tubuh lain seperti punggung dan ketiak juga bisa. Oleh karena itu, kulit yang rentan berjerawat bisa memunculkan jerawat juga di ketiak.

9. Peradangan Kulit Ketiak

Anda sering mencukur bulu ketiak? Efek mencukup bulu ini biasanya memunculkan rasa gatal-gatal pada kulit ketiak. Rasa gatal mebuat anda tergoda untuk menggaruknya.
Garukan anda bisa menyebabkan peradangan pada kulit dan menimbulkan jerawat. Pada kasus yang parah, kulit ketiak bisa terluka dan bernanah. 

10. Mencukur Bulu Ketiak

Kebanyakan wanita merasa terganggu dengan hadirnya bulu ketiak. Bulu ketiak bisa menurunkan kepercayaan diri mereka, dan membatasi gerak di depan publik. Terlebih lagi bagi wanita yang suka memakai baju berlengan pendek.

Karena itu mencukur bulu ketiak atau waxing sangat digemari kaum wanita. Dengan alasan estetika dan kecantikan, mereka rela menahan rasa sakit ketika ketika pencukuran bulu dilakukan.

Tapi siapa sangka waxing bisa menyebabkan timbulnya jerawat pada bulu ketiak. Obat atau krim yang digunakan pada saat proses waxing bisa menimbulkan reaksi alergi pada kulit anda hingga muncul jerawat.

11. Memakai Parfum Deket dengan Ketiak

Menyemprotkan parfum terlalu dekat dengan ketiak memberikan dampat yang sama dengan pengguna deodoran. Zat-zat kimia yang terkandung dalam wewangian bisa menimbulkan peradangan dan membuat kulit ketiak sangat rentan ditumbuhi jerawat.

12. Tumbuhnya Jamur pada Kulit Ketiak

Tumbuhnya jamur pada kulit ketiak disebabkan oleh banyak hal diantaranya kebersihan kulit ketiak yang tidak terjaga, ketiak sering berkeringat dan lembab. Jamur membawa banyak bakteri pada kulit ketiak yang memicu tumbuhnya jerawat.

13. Memakai Baju Kurang Bersih

Kulit ketiak bersentuhan langsung dengan pakaian yang kita kenakan sehari-hari. Pakaian yang kurang bersih ternyata bisa menyebabkan timbulnya jerawat pada ketiak. 
Pakaian kurang bersih bisa membuat ketak gatal-gatal dan kulit memerah hingga muncul jerawat. Pakaian yang kurang bersih juga busa menyebabkan iritasi pada kulit ketiak.

Cara Mengobati dan Mencegah Jerawat di Ketiak Secara Alami

Jerawat di ketiak memang menimbulkan rasa sangat tidak nyaman. Terlebih lagi ketiak merupakan daerah lipatan yang tidak terkena udara. Berikut adalah cara-cara mengobati dan mencegah jerawat di ketiak secara alami.

1. Jaga Agar Ketiak Tidak Basah

Ketiak yang basah adalah pemicu utama munculnya jerawat. Maka dari itu setiap kali kulit ketiak terasa basah. segera keringkan dengan tisu atau handuk untuk mencegah timbulnya jerawat.

Namun anda harus melakukannya dengan hati-hati agar gesekan yang terjadi antara kulit ketiak dan handuk atau tisu tidak menimbulkan iritasi pada kulit ketiak.

2. Gunakan Deodoran Alami

Jika jerawat muncul di ketiak, atau anda ingin melakukan pencegahan agar jerawat tidak muncul di ketiak, hentikan pemakainan deodoran yang mengandung banyak bahan kimia. Beralihlah menggunakan deodoran dari bahan alami seperti cuka apel atau minyak kelapa.

Secara alami kedua bahan ini akan menekan produksi keringat dan meminimalisir bau badan anda. Selain itu cuka apel dan minyak kelapa bisa melembutkan dan menutrisi kulit ketiak.

3. Lakukan Eksfoliasi atau Pengangkatan Sel Kulit Mati

Regenerasi kulit ketiak sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit ketiak dan menjauhkan jerawat. Namun prosedur ini harus dilakukan oleh dokter agar tidak terjadi iritasi dan gangguan lain pada kulit ketiak.

4. Oleskan Gel Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki banyak manfaat bagi kulit. Salah satunya adalah melembutkan dan meredakan inflamasi pada kulit. Jangan lupa mengoleskan gel lidah buaya setelah anda mencukur kulit ketiak agar tidak terjadi iritasi yang menyebabkan jerawat.

5. Kompres dengan Larutan Air Garam

Jangan khawatir jika jerawat sudah terlanjur muncul di ketiak anda. Lakukan perawatan secara teratur dengan mengkompres ketiak anda menggunakan garam yang dilarutkan dengan air hangat.

Lakukan secara teratur hingga jerawat mengempis. Air garam hangat dapat melunakan jerawat yang tumbuh di ketiak dan mempercepat proses penyembuhannya.

Nah itulah ulasan mengenai 13 penyebab jerawat di ketiak yang paling berbahaya dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat. 
KOMENTAR

0 comments