Tuesday, 20 June 2017

Inilah 15 Manfaat Air Tajin Beras Merah dan Beras Putih Bagi Kesehatan

Inilah 15 manfaat air tajin beras merah dan beras putih bagi kesehatan- Beras adalah salah satu bahan yang dijadikan makanan pokok oleh sebagian negara di dunia.

Beras yang dimasak menjadi nasi memang memiliki rasa yang nikmat untuk dikonsumsi dengan tambahan lauk-pauk. Beras yang telah dijadikan nasi juga dapat dimasak kembali menjadi berbagai menu masakan.
Hal inilah yang membuat beras menjadi kebutuhan dan selalu dicari oleh banyak orang untuk diolah. Selain itu beras menjadi pemasok kalori di tubuh kita lebih dari setengah dari jumlah kalori.

Tetapi tidak hanya beras namun air beras juga memiliki manfaat yang banyak baik untuk luar maupun dalam tubuh.

Kandungan Air Beras

Air beras sendiri mengandung banyak mineral dan zat yang memang bermanfaat untuk menyehatkan banyak mineral dan zat yang memanng bermanfaat untuk menyehatkan dalam dan luar tubuh. 

Seperti kandungan asam amino, vitamin, mineral, dan antioksidan. Beras mengandung gula menjadikan air beras yang telah dimasak mengandung karbonidrat dan biasa disebut air tajin.

Air tajin beras merah maupun putih sejak jaman dahulu sudah dipercaya sebagai obat penambah enargi. Tidak jarang nenek moyang kita memanfaatkan air rebusan beras tersebut sebagai minuman setiap harinya.

Untuk itu, sebelum dibuang sia-sia alangkah baiknya kita cari tahu manfaat yang diperoleh dari air rebusan beras tersebut. Dalam artikel ini akan membahas manfaatnya air tajin dari beras merah dan beras putih bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Air Tajin Beras Merah dan Beras Putih Bagi Kesehatan

Manfaat air tajin beras merah dan beras putih sebenarnya memiliki manfaat berlimpah. Namun tidak banyak orang yang mengetahuinya. Walaupun sama-sama berasal dari beras, namun beras merah dan beras putih memiliki peranan yang berbeda bagi kesehatan tubuh.

BACA JUGA:

Manfaat Air Tajin Beras Putih

1. Meningkatkan Energi Dalam Tubuh

Air tajin beras putih memiliki kandungan karbonidrat yang sangat tinggi dan dapat menjadi sumber energi untuk kebutuhan sehari-hari. Air rebusan beras ini dapat dijadikan untuk minuman penambah energi yang alamiah. 

Tidak hanya untuk kebutuhan anak-anak, namun air tajin ini dapat dijadikan minuman alternatif penambah energi bagi orang dewasa. Sehingga kalangan dewasa yang memerlukan kebutuhan energi tidak harus memilih minuman penambah energi yang ada di pasaran.

2. Melancarkan Sistem Pencernaan

Kandungan nutrisi air tajin mampu mengatasi masalah sistem pencernaan yaitu gastroentritis dan sembelit. Gastroentritis merupakan sejenis masalah penyakit asam lambung yang berlebih atau sejenis penyakit maag.

Peran dari air tajin ini dapat menormalkan atau menetralkan asam lambung yang berlebih tersebut.
Selain itu, air tajin juga dapat mengatasi masalah sembelit yang menimpa sistem oencernaan. 

Masalah sembelit tidak boleh dianggap remeh karena jika dibiarkan terlalu lama akan membuat tubuh semakin mudah terserang berbagai macam masalah. 

Dengan demikian, meminum air tajin yang kental dan selagi masih hangat secara rutin dan teratur, mampu meminimalisir masalah pencernaan tersebut.

3. Mencegah Timbul Penyakit Kanker

Sari yang terdapat dalam air tajin memiliki peran penting yang dapat mencegah munculnya kanker dalam organ tubuh. Jadi selain mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup, dapat disertai dengan tambahan minuman dari air tajin untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Mencegah Pikun atau Alzheimer

Kesehatan otak dan syaraf-syarafnya dapat dijaga dengan memberikan nutrisi air tajin beras. Air tajin tersebut dapat dijadikan minuman alternatif bagi kalangan orang lanjut usia. 

Untuk meminum air tajin tersebut sebaiknya setiap hari agar masalah pikun atau alzheimer dapat terhindari. Selain itu melatih aktifitas otak juga perlu dilakukan secara seimbang sehingga tidak mudah pikun.

5. Mengobati Penyakit Panas Dalam

Air Tajin beras dapat berperan untuk mengobati panas dalam. Sejak jaman nenek moyang kita rebusan beras digunakan untuk berbagai masalah yang ditimbulkan pada saat panas dalam. Jika diminum secara teratur dan rutin hasilnya akan terlihat optimal.

6. Menyembuhkan Penyakit Sariawan

Penyakit sariawan juga merupakan salah satu jenis penyakit yang berkaitan dengan masalah panas dalam. Sudah tentu air tajin beras mampu meningkatkan penyakit sariawan. 

Penyakit sariawan walaupun bukan termasuk dalam jenis penyakit mematikan juga dapat menganggu si penderita. Untuk itu sebaiknya dicegah sejak dini.

7. Meringankan Sakit Tenggorokan 

Air tajin beras juga berkhasiat untuk mengatasi masalah sakit tenggorokan. Sakit tenggorokan merupakan jenis penyakit membuat seseorang kesusahan untuk menelan makanan. Terlebih makanan yang bersifat pedas.

8. Pelengkap Nutrisi Bayi

Air tajin beras putih dapat digunakan sebagai penggangti susu formula bayi. Pada zaman dahulu masih banyak anak-anak suku pedalaman yang diberi air tajin sebagai pelengkap nutrisi.

9. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Selain tajin, air cucian beras juga sangat efektif untuk melembutkan dan membersihkan kulit dari berbagai kotoran, serta mengangkat sel-sel kulit yang telah mati sehingga mencegah penuaan dini.

Manfaat Air Tajin Beras Merah

Manfaat air tajin beras merah manfaatnya juga tidak kalah penting dari air tajin beras putih. Bahkan manfaat air tajin beras merah lebih dahsyat daripada beras tajin air putih. 

Nutrisi yang terdapat dalam air tajin beras merah mampu mengatasi berbagai macam masalah kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat yang diperoleh dari air tajin beras merah yang perlu diketahui.

1. Menghaluskan Kulit Wajah

Air tajin beras merah dapat dimanfaatkan sebagai masker wajah untuk membuat kulit wajah tampak lebih halus dan cerah. 

Cara menggunakan air tajin tersebut dengan cara menambahkan campura madu murni. Namun sebelumnya harus membersihkan wajah terlebih dahulu kemudian mengoleskan ramuan masker tersebut. 

Selain itu bubuk beras juga dapat digunakan sebagai masker wajah. Hasil dari masker wajah menggunakan air tahin juga tidak jauh beda. 

Zat oryzanol yang terkandung pada beras dapat berfungsi untuk memperbarui nutrisi beras memang dapat membantu meregenerasikan sel kulit kulit yang rusak dan mati. 

2. Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

Air tajin juga dikenal mampu menangkal paparan sinar matahari yang terlalu terik sehingga mengurangi kerusakan akibat radiasi panas matahari. Paparan sinar matahari secara langsung dapat membakar jenis kulit sensitif. 

Air tajin atau air cucian beras merah ternyata mampu untuk membantu mengobati kulit yang terbakar tersebut. Cara menggunakannya yaitu cukup dengan mengoleskan air tajin ini secara rutin dan teratur agar kulit dapat segera sembuh.

3. Mampu Mencerahkan Bibir

Memiliki bibir yang cerah tentunya menjadi dambaan oleh setiap wanita. Bibir yang gelap disebabkan oleh banyak faktor tertentu, misalnya merokok, obat-obatan, polusi dan lain-lain. 

Bagi para wanita, yang memiliki bibir gelap tentu saja dapat merasa terganggu dan mengurangi rasa percaya diri. Dengan demikian mengoleskan air tajin pada bibir setiap hari secara teratur dan rutin dapat membuat kulit bibir tampak lebih cerah.

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Mengkonsumsi air tajin beras merah mampu meningkatkan kesehatan jantung seseorang. Masalah penyakit jantung perlu diwaspadai sejak dini karena keterlambatan penanganan akan mengakibatkan lebih fatal.
Air tajin dari beras merah dapat menjadi alternatif salah satu solusi untuk menjaga kesehatan jantung. Air tajin dikenal banyak mengandung vitamin E dan magnesium. 

Kedua nutrisi tersebut tidak lepas kaitannya dalam menjaga kesehatan jantung. Selain itu, peran yang lebih penting lagi adalah mampu mengurangi resiko terkena serangan penyakit stroke.

5. Menjaga Kadar Kolestrol dalam Darah

Air tajin beras nerah banyak mengandung zat penting yang diperlukan tubuh kecuali laktosa. Hal tersebut membuat aur tajin menjadi aman untuk dikonsumsi bagi orang yang memiliki masalah kolestrol tubuh. 

Dengan demikian meminum air tajin secara teratur juga dapat menjaga keseimbangan kadar kolestrol dalam darah.

6. Mengurangi Obesitas

Air tajin beras merah dikenal memiliki kandungan kalori rendah dan mengandung berbagai nutrisi baik yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Air tajin beras merah dapat dijadikan minuman alternatif progtam diet untuk mengurangi berat badan.

Cara Menggunakan Air Beras

1. Dengan Air Cucian Beras ( Air Kedua atau Ketiga)

Untuk merasakan manfaatnya anda perlu membuat atau mendapatkan air beras menjadi bahan yang bermanfaat. Cara paling sederhana yaitu ambilah air beras bekas cucian beras. 

Karena beras menjadi bahan pokok asupan makanan sehari-hari ini akan sangat mudah bukan?. Ambilah air cucian yang kedua dimana proses yang pertama mengandung obat pertanian sehingga lebih baik dihindari.

2. Dengan Air Tajin

Cara kedua yaitu menikmati air tajin. Masaklah air beras beserta beras layaknya memasak nasi biasa. Kemudian biarkan sampai mendidih dan air mulai mengental. Air tersebutlah yang disebut air tajin dan dapat langsung dikonsumsi. 

Cara ketiga adalah dengan memfermentasi air beras dengan mebiarkan air beras yang telah dimasak selama satu minggu dua hari. Air yang telah difermentasi ini dapat dijadikan masker wajah dan rambut.

3. Difermentasi

Cara lainnya yaitu dengan cara difermentasi namun sama seperti cara sederhana, ambilan air cucian beras dan jadikan sebagai toner wajah. Bisa juga sebagai masker rambut. 

Untuk masker rambut cucilah rambut dengan shampo, kemudian basuh dengan air beras baik yang difermentasi maupun tidak difermentasi. Diamkan lima hingga sepuluh menit lalu bilas denga air.

Nah itulah 15 manfaat air tajin beras merah dan beras putih bagi kesehatan, selamat mencoba semioga artikel ini bermanfaat.
KOMENTAR

0 comments