Monday, 26 June 2017

8 Jenis Makanan dan Minuman yang Berbahaya untuk Otak!

Menjaga asupan makanan menjadi hal yang penting untuk menjaga kesehatan. Setiap makanan yang baik selama di konsumsi dalam jumlah yang tepat dan pada waktu yang tepat akan akan bermanfaat untuk tubuh.

Karena, otak merupakan mempunyai peranan penting bagi manusia. Dari organ ini tersusun banyak sel-sel saraf dengan berbagai fungsi saraf untuk mengatur seluruh tubuh.

Banyak fungsi vital diatur di otak termasuk seluruh sistem saraf. Selain itu, organ ini juga mempunyai fungsi besar dalam mengatur pemikiran serta fungsi belajar.
Dari otak juga tempat mengatur mental dan perilaku seseorang. Oleh karenanya kita kita perlu menjaga dengan mencukupi nutrisi untuk otak.

Jika terjadi penyakit pada organ ini, maka akan mengganggu fungsinya. Bukan hanya dari gangguan fungsi tubuh, penyakit pada otak juga dapat menyebabkan penurunan kognitif dan mental.

Penyakit berat bahkan dapat menyebabkan kematian. Banyak penyakit yang juga bisa mengenai otak, penyakit tersebut dapat berasal dari kelainan sistemik, infeksi dan juga pola hidup termasuk dengan riwayat makanan dan minuman.

Banyak yang menganggap remeh dampak mekanan dan minuman untuk otak, namun perlu diketahui makanan dan minuman apa saja yang bisa menyebabkan gangguan tersebut, terlebih lagi jika itu adalah makanan sehari-hari.


Nah, pada kesempatan kali ini Adajerawat.com akan mengulas tentang 8 Jenis Makanan dan Minuman yang Berbahaya untuk Otak! Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Berikut 8 Jenis Makanan dan Minuman yang Berbahaya untuk Otak!

1. Makanan Berlemak

Lemak dan kolesterol kita ketahui memiliki dampak pada kesehatan, salah satunya untuk otak. Pola diet tinggi lemak menyebabkan banyaknya timbunan plak dalam pembuluh darah, sehingga menghambat aliran darah ke otak.
Akibatnya otak akan terganggu sehingga membuat kerja otak lamban dan refleks terganggu. Hal lebih parah adalah ketika penyumbatan terjadi pada pembuluh darah otak, dapat menyebabkan terjadinya stroke


2. Ikan Tuna

Berdasarkan hasil penelitian dari University of South Florida, orang yang cenderung mengkonsumsi ikan tuna memiliki kadar merkuri yang tinggi dalam darah. Hal ini berdampak pada kemampuan fungsi kognitif.

3. Kafein

Dikatakan bahwa banyak orang meminum kafein untuk mengatasi depresi. Mungkin maksunya baik, namun hal ini cenderung akan membuat ketagihan.

Beberapa orang yang memiliki riwayat meminum kafein yang rutin, cenderung akan merasa sakit kepala ketika dia tidak meminum kafein dalam sehari. 
Namun ada teori lain yang mengatakan, bahwa kafein juga memberikan dampak dalam menghambat pelepasan dopamin atau hormon senang.

4. Gula

Gula merupakan pemanis makanan dan minuman yang selalu digunakan. Sama seperti nasi, mengkonsumsi gula berlebihan akan memberikan timbunan kalori yang berlebih serta mempengaruhi otak.
Dikatakan bahwa gula merupakan bahan penghasil energi untuk otak. Namun kelebihan mengkonsumsi gula juga memiliki dampak. Kelebihan mengkonsumsi gula bukan hanya menyebabkan terjadinya kegemukan.

Namun mengkonsumsi gula secara berlebihan dalam waktu yang lama menyebabkan kalainan neurologis serta mengganggu fungsi memori. Selain itu, mengkonsumsi gula berlebih menyebabkan kemampuan belajar menurun.


5. Alkohol

Sangat banyak orang yang gemar meminum alkohol, bahkan menjadikannya minuman rutin. Penggunaan alkohol diketahui dapat menyebabkan kerusakan hati atau liver dalam jangka panjang.
Ternyata kebiasaan tersebut juga dapat memberikan masalah pada otak. Penggunaan alkohol menyebabkan gangguan mental serta kemampuan untuk berpikir secara jernih. Selain itu, alkohol juga dapat menyebabkan gangguan pada fungsi memori.

6. Junk food

Di era maju seperti sekarang, segala sesuatu harus dilakukan dan terpenuhi serba cepat, termasuk makanan. Bagi orang yang tidak memiliki waktu senggang, atau sedang tidak minat untuk memasak, maka makanan cepat saji selalu menjadi solusi.

7. Makanan yang Asin

Di asia termasuk Indonesia, memiliki makanan atau menu yang cenderung memiliki penggunaan garam yang tidak sedikit. Bahkan terdapat menu khusus yang menyajikan makanan yang terasa sangat asin, misalnya ikan garam.
Mungkin kita tahu, salah satu dampak makanan yang asin atau tinggi natrium menyebabkan kenaikan tekanan darah tingi. Tetapi ada penelitian lain yang mengatakan bahwa mengkonsumsi makanan tinggi natrium dapat menyebabkan gangguan pada fungsi berpikir atau kecerdasan.

8. Nasi Putih

Nasi putih adalah sumber karbohidrat serta makanan utama dari menu orang-orang Indonesia. Banyak orang yang tidak merasa kenyang jika tidak memakan nasi, walaupun tersedia banyak lauk.
Karena kandungan nasi yang tinggi karbohidrat, maka jika mengkonsumsinya secara berlabih akan mengganggu kesehatan tubuh seperti terjadi kegemukan. Namun ternyata, mengkonsumsi nasi berlebih juga dapat mepengaruhi otak.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Clinical Nutrition mengkonsumsi nasi putih berlebih dapat menyebabkan depresi. Hal ini disebabkan, nasi memiliki indeks glikemik yang tinggi sehingga menyebabkan peningkatan gula darah yang tinggi secara tiba-tiba.

Nah, itulah ulasan tentang 8 Jenis Makanan dan Minuman yang Berbahaya untuk Otak! Apabila penjelasan di atas ada yang kurang jelas, atau kamu ingin memberikan kami rekomendasi selanjutnya harus membuat artikel apa, silahkan comment di bawah ya gais. Semoga bermanfaat...

BACA JUGA:
KOMENTAR

0 comments