Monday, 12 June 2017

4 Jenis Olahraga yang Baik untuk Menurunkan Kolestrol Tinggi

4 jenis olahraga yang baik untuk menurunkan kolestrol tinggi- Berolahraga memang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Berolahraga selain membuat badan terasa ringan dan fresh, juga dapat menurunkan kadar kolestrol tinggi. Jenis olahraga untuk menurunkan kolestrol tinggi juga sangat banyak.

Olahraga bukan merupakan hal yang sangay membosankan jika dilakukan secara teratur dan santai serta tidak berlebihan. Penderita kolestrol tinggi sebenarnya disarankan aktif berolahraga, namun dengan teratur.

Terkadang masih banyak penderita yang tidak begitu tertarik dengan berolahraga, sehingga proses penurunan kolestrol dalam tubuh sangat melambat. Padahal cara menurunkan kolestrol tinggi sangat diperlukan dengan olahraga yang rutin dan teratur.
Kolestrol tinggi dalam darah yang dibiarkan terlalu lama akan berefek sangat menghawatirkan bagi kesehatan. Penderita kolestrol tinggi jika tidak segera melakukan tindakan untuk mengatasinya dapat meningkatkan resiko terjadinya serangan penyakit.

Penyakit yang kerap terjadi akibat kolestrol tinggi adalah penyakit jantung dan penyakit stroke. Hal ini disebabkan karena kolestrol sangat erat kaitannya dengan kesehatan pembuluh darah.

Pengendapan kolestrol dalam pembuluh darah yang semakin menumpuk akan mengakibatkan pembuluh darah mengalami penyempitan. Sehingga jantung bekerja lebih keras karena kesulitan dalam memompa darah keseluruhan tubuh.

Untuk itu diperlukan dorongan dengan melakukan aktifitas fisik salah satunya berolahraga secara teratur memberikan peran yang sangat besar terhadap jumlah kadar kolestrol dalam tubuh.

Membiasakan diri dengan melakukan olahraga akan mendorong untuk mengaktifkan sel-sel tubuh yang tidak bekerja seara maksimal. Sehingga tidak akan mudah mengalami masalah pada pembuluh darah akibat kolestrol tinggi.

Baca Juga: 20 Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan

Bagi penderita kolestrol tinggi yang malas melakukan olahraga, selama melakukan diet untuk menurunkan kolestrol tinggi dalam tubuh, kemungkinan besar turunnya kolestrol dalam tubuh tidak berjalan lancar atau mengalami hambatan.

Penderita kolestrol tinggi yang aktif melakukan aktifitas olahraga dapat membantu jantung dalam proses mengalirkan darah untuk mengantar oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh.

Lancarnya sistem metabolisme tubuh dalam melakukan aktifitas tentunya akan mengurangi pengendapan kolestrol dalam tubuh. Karena darah pada pembuluh darah mengalir dengan lancar. Sehingga resiko menumpuknya kolestrol inggi dapat terminimalisir.

Penderita kolestrol tinggi diusahakan lebih giat berolahraga atau setidaknya seminggu dua kali. Karen kekurangan berolahraga dapat mengakibatkan kadar kolestrol sulit terkontrol.

Alasan Olahraga Sangat Berkaitan Erat dengan Kadar Kolestrol dalam Tubuh

Alasan Pertama

Berolahraga mampu memproduksi enzim yang berperan untuk membantu proses memindahkan kolestrol LDL dalam darah terutama pada pembuluh artri kemudian dikembalikan menuju ke hati untuk diubah menjadi asam empedu

Asam empedu ini diperlukan untuk melancarkan proses pencernaan kadar lemak dalam darah. Semakin rutin berolahraga dengan teratur maka kadar kolestrol LDL dalam tubuh akan semakin berkurang sampai menuju titik normal.

Alasan Kedua

Berolahraga secara teratur juga dapat meningkatkan jumlah partikel protein tersebut adalah untuk melarutkan kadar kolestrol dalam darah. 

Semakin besar jumlah partikel protein yang terproduksi, maka akan semakin besar manfaatnnya untuk mencegah terjadinya pengendapan kadar kolestrol jahat dalam lapisan pembuluh darah dan jantung. 

Terjadinya pengendapan kolestrol jahat dalam pembuluh darah akan berakibat pada gangguan penyakit jantung. Dengan demikian penderita yang mengalami kenaikan kadar kolestrol jahat semakin tinggi. 

Maka mulai saat ini juga lakukan gerakan rutin atau berolahraga secara teratur, jadi cara menurunkan kolestrol tinggi dalam tubuh, tidak hanya mengkonsumsi obat herbal ataupun mengkonsumsi makanan penurun kolestrol untuk menurunkan kolestrol tinggi saja.

4 Jenis Olahraga yang Baik untuk Menurunkan Kolestrol Tinggi

Berikut ini beberapa jenis olahraga yang baik untuk menurunkan kolestrol tinggi dalam tubuh.

1. Aerobik

Senam aerobik memiliki peran yang sangat penting untuk membuat otot-otot organ jantung memompa darah lebih kuat dan stabil. Sehingga mampu meningkatkan kinerja sistem metabolisme tubuh dalam melakukan pembakaran kadar lemak dalam darah.

Ada kebaikan lain yang juga akan didapatkan andai kita rutin melakukan senam aerobik, yakni kita akan memperbaiki kondisi resistensi insulin yang biasanya menjadi masalah lanjutan yang disebabkan oleh tingginya kadar kolestrol jahat di dalam tubuh.

Hal ini terjadi karena senam aerobik akan semakin menyeimbangkan keseimbangan produksi hormon sehingga akan membuat sensor reseptor insulin berfungsi dengan lebih baik. Alhasil, resiko terkena diabetes pun juga akan ikut menurun.

2. Bersepeda

Bersepeda memiliki penting yang termasuk jenis olahraga yang baik untuk menurunkan kolestrol tinggi untuk tubuh. Bersepeda sangat banyak manfaatnya, selain meningkatkan kekuatan otot, Bersepeda juga bermanfaat memperbaiki kardiovaskular.

Bersepeda termasuk olahraga kardio, dikategorikan demikian karena bersepeda, kinerja jantung, paru-paru dan sistem sirkulasi akan meningkat. Selain itu, bersepeda secara teratur juga mampu menurunkan tingkat kolestrol jahat dalam darah, menguatkan jantung dan menurunkan tekanan darah.

Menurunkan tingkat kolestrol jahat akan meminimalisasi risiko penyempitan pembuluh darah. Otot jantung yang biasa terlatih akan lebih efektif sehingga proses mengantarkan darah dan oksigen ke seluruh tubuh semakin optimal.

Semakin baik kinerja sistem peredaran darah atau kardiovaskular anda, semakin rendah anda terkena stroke, serangan jantung, dan tekanan darah tinggi.

3. Yoga

Yoga menurut hasil sebuah dari penelitian senam yoga secara rutin dapat bermanfaat untuk menurunkan kolestrol LDL hingga 35%. Selain itu, yoga juga dapat merangsang pembentukan kadar HDL dalam tubuh meningkat.

Jika olahraga aerobik mementingkan gerakan secara terus menerus, yoga adalah kombinasi antara gerakan, pernapasan, dan ketenangan pikiran. Yoga akan menurunkan stres dan membuat anda rileks. Hal ini akan berefek positif terhadap kolestrol dalam darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

Dalam suatu penelitian, disebutkan bahwa melakukan yoga secara rutin dapat menurunkan LDL kolestrol dari 14% hingga 35%. Disamping itu, yoga juga dapat meningkatkan HDL (kolestrol baik) dengan presentase yang beragam.

4. Taichi

Menurut hasil dari sebuah penelitian, gerakan taichi yang dilakukan secara rutin dan teratur dapat menurunkan kadar kolestrol jahat (LDL) dalam jumlah besar yakni 12% hingga 15% dan mampu meningkatkan kadar HDL dalam tubuh hingga 7%.

Taichi yang awalnya seni bela diri kini telah menjadi olahraga populer bagi mereka yang tidak bisa terlalu bebas bergerak karena sakit atau usia lanjut.

Gerakan Taichi yang lembut dan perlahan sangat cocok bagi mereka yang ingin melakukan olahraga dan melatih jantung tanpa harus bergerak terlalu keras.

Meskipun gerakan halus dan lambar, sebuah studi menyatakan bahwa gerakan Taichi dapat menurunkan total kolestrol sebesar 7%, dimana LDL kolestrol turun sebesar 12% hingga 15% sedangkan kolestril yang baik hingga mencapai 7%

Olahraga apapun akan sangat membantu anda menjaga ketahanan tubuh . Kunci untuk dapat merasakan efek baik olahraga adalah dengan melakukannya secara rutin.

40 menit olahraga yang disertai pemanasan dan pendingina, 3 hingga 4 kali seminggu adalah frekuensi yang tepat unruk kesehatan jantung anda.

Batas Ideal Waktu Berolahraga

Banyaknya waktu olahraga diperlukan untuk membantu menurunkan kadar kolestrol tinggi tentunya ada jumlah idealnnya. Menurut panduan yang berlaku secara umum batal minimal waktu berolahraga yang ideal selama sekitar 150 menit dalam seminggu. 

Waktu olahraga selama kurang lebih 150 dalam satu minggu sudah mampu untuk membakar kadar kolestrol tubuh menjadi stabil.

Tips yang Bermanfaat untuk Olahraga yang Sehat

Melakukan kegiatan olahraga tidak harus pas dengan ukuran 150 menit perminggunya. Namun yang menjadi patokan waktu ideal berolahraga adalah kurang lebihnya mendekati angka 150 meit. 

Melakukan olahraga seperti bersepeda selama 20 menit perhari sudah mendekati batas ideal dan mampu memberikan manfaat untuk membantu mempercepat penurunan kadar kolestrol jahat (LDL) dalam tubuh. 

Agar tidak cepat merasa bosan melakukan olahraga harus yang sesuai dengan keinginan hati dan mudah untuk dilakukan atau dengan mangajak teman maupun keluarga untuk berolahraga bersama.

Selain berolahraga, penderita kolestrol tinggi harus memperhatikan gaya hidup sehat lainnya dengan menerapkan menu makanan sehat, mengkonsumsi sayuran berserat tinggi dan buah-buahan salah satunya seperti buah jeruk nipis.

Jeruk nipis memiliki banyak zat antioksidan yang sangat diperlukan untuk mempercepat penurunan kadar kolestrol tinggi. Selain dapat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolestrol, jeruk nipis juga dapat digunakan untuk kecantikan wanita.

BACA JUGA:
KOMENTAR

0 comments