Tuesday, 27 June 2017

8 Makanan Penambah Daya Ingat Otak Kamu!

Pola makan yang tidak sehat menjadi salah satu penyebab menurunnya daya ingat kamu. Belum lagi tekanan pekerjaan yang semakin tinggi. Selain itu stress juga menjadi faktor serius yang harus diperhatikan dalam masalah penurunan memori otak.
Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk membantu meningkatkan daya ingat otak. Salah satu teknik sederhana yang bisa kamu lakukan adalah dengan menambahkan makanan sehat ke dalam menu harian kamu.

BACA JUGA: Inilah 8 Pilihan Olahraga untuk Mengecilkan Perut

Nah, pada kesempatan kali ini Adajerawat.com akan mengulas tentang 8 Makanan Penambah Daya Ingat Otak Kamu! Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Berikut 8 Makanan Penambah Daya Ingat Otak Kamu!

1. Ikan Salmon

Ikan salmon mengandung asam lemak omega 3 yang sangat tinggi. Fungsi asam lemak omega 3 yang mendukung sistem ingatan dan memori mendapatkan dukungan dari mineral selenium dan juga Vitamin D.
Ikan salmon akan membantu menurunkan berat badan dan mencegah tekanan darah tinggi. Asam lemak omega 3 juga akan membantu menjaga keseimbangan kolesterol baik di dalam tubuh sehingga membuat pembuluh darah tetap sehat.

Asam lemak omega 3 juga bisa mendukung fungsi otak, meningkatkan memori dan mencegah kerusakan sel syaraf dalam otak. Jadi anak-anak hingga usia lanjut sangat disarankan untuk rajin makan ikan salmon.

2. Ikan Sarden

Ikan sarden bisa menjadi pilihan menu utama lain jika kamu tidak menemukan ikan salmon. Ikan ini biasanya banyak diolah menjadi produk makanan kaleng. Proses yang higienis dan aman ditujukan untuk mempertahankan nutrisi dalam ikan sarden.
Ikan ini kecil atau sedang dan memiliki rasa yang sangat lezat. Ikan sarden juga bisa memberikan pengaruh untuk sistem daya ingat karena mengandung selenium. Selenium akan berfungsi untuk memerangi radikal bebas yang masuk ke semua bagian tubuh.


3. Strawberry

Penuaan dalam otak yang menyebabkan penurunan daya ingat memang sering terjadi dan ini sangat wajar. Namun ketika kamu sering makan buah stroberi maka kemungkinan daya kerja ingatan kamu tetap akan normal.
Buah yang mengandung Vitamin C dan berbagai senyawa fitokimia yang bisa membuat sistem kerja otak stabil. Bahkan vitamin ini bisa membuat sel-sel otak yang mengalami kerusakan bisa diatasi secara alami.

Selain itu, kandungan bahan kalium dalam buah ini bisa menjaga sistem detak jantung yang menyebabkan otak mendapatkan jumlah oksigen yang cukup. Jadi strawberry ini  akan membantu mengingat dan merekam semua kejadian dalam otak.

4. Blueberry

Blueberry adalah buah kecil yang bisa memberikan manfaat yang sangat besar terutama untuk otak. Buah ini diperkaya dengan bahan antioksidan yang sangat alami seperti vitamin E dan vitamin C. Bahkan dalam setiap 100 gram mengandung Vitamin C dan E yang jumlahnya lima kali lipat dari jenis buah lain.
Fungsi kedua vitamin ini akan melindungi tubuh dari radikal bebas termasuk untuk bagian otak. Kemampuan bahan makanan yang mengandung antioksidan juga bisa memberikan kekuatan untuk sel syaraf dan otak, agar terus bekerja secara seimbang.

Selain itu blueberry juga tidak akan menambah berat badan, jadi kamu tidak perlu khawatir saat makan blueberry.

5. Tomat

Tomat merupakan buah manis, berair dan sangat menyegarkan. buah banyak mengandung senyawa antoksidan yang disebut dengan likopen. Likopen adalah bahan antioksidan yang mampu menyerang radikal bebas termasuk untuk bagian otak.
Tomat akan membantu melawan berbagai jenis kanker dan membuat sistem kekebalan tubuh tetap seimbang. Selain itu bahan likopen juga mencegah penumpukan kolesterol di dalam tubuh.

Efeknya maka tomat akan membantu pembuluh darah sehat dan menjaga sistem tekanan darah tetap sehat. Jadi tomat adalah makanan sehat untuk otak dan daya ingat.


6. Kale

Kale mengandung vitamin E dan folat yang sangat tinggi. Makanan yang mengandung vitamin E dan folat akan menjaga agar sistem kerja sel-sel syaraf dalam otak bisa bekerja dengan baik. Bahkan folat akan membantu menjaga daya ingat dengan cara menurunkan kadar homosistein dalam darah.
Ketika memiliki kadar homosistein dalam darah yang tinggi maka bisa menyebabkan sel-sel syaraf dalam otak mengalami kematian. Ingatan  juga semakin memburuk. Makan kale lebih rutin akan membantu menjaga agar sel syaraf otak bisa bekerja dengan baik dan membuat tubuh menjadi lebih sehat.

7. Kubis Ungu

Kubis ungu atau merah merupakan sayuran lezat yang bisa menambah daya ingat. Sayuran ini mengandung beberapa sumber nutrisi yang penting untuk otak seperti Vitamin C dan kadar antosianin yang sangat tinggi.
Makanan yang mengandung Vitamin C akan membantu merangsang produksi sel darah putih sehingga mampu menjaga sistem kekebalan tubuh.

Kemudian ketika kamu memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik maka sistem peredaran darah, syaraf dan semua bagian yang terhubung ke dalam otak juga  bekerja dengan baik.

Zat antosianin yang terdapat pada kubis merah sangat baik untuk melindungi sistem ingatan dan daya kerja otak. Zat ini bisa membuat penumpukan plak pada pembuluh darah yang berada di otak dan menyebabkan gangguan memori bisa dicegah.

Sehingga kubis merah sangat baik untuk mendukung fungsi otak dan daya ingat.

8. Sawi Hijau

Sawi hijau mengandung folat, zat besi dan Vitamin E yang sangat tinggi. Nutrisi ini bisa menjaga kesehatan otak dan meningkatkan daya ingat dengan cara yang sangat alami.
Vitamin E bisa melindungi kerusakan sel termasuk untuk sel yang bekerja pada otak. Sementara zat besi akan mendorong tubuh untuk mendapatkan produksi sel darah merah yang sesuai dengan kebutuhan.

Zat besi dan Vitamin E juga mampu melawan pembentukan plak akibat radikal bebas dalam otak. Jadi Anda bisa makan sawi hijau untuk mencegah penurunan memori dan membuat ingatan bekerja lebih baik.

Nah, itulah ulasan tentang 8 Makanan Penambah Daya Ingat Otak Kamu! Apabila penjelasan di atas ada yang kurang jelas, atau kamu ingin memberikan kami rekomendasi selanjutnya harus membuat artikel apa, silahkan comment di bawah ya gais. Semoga bermanfaat...

BACA JUGA:
KOMENTAR

0 comments