Friday, 9 June 2017

20 Makanan Penambah Trombosit Darah

Trombosit adalah bagian darah yang berperan dalam proses pembekuan darah, bentuk trombosit tidak beraturan, tidak berinti sel, dan berukuran kecil. Garis tengahnya hanya sekitar 2-4 ┬Ám. Jumlah trombosit dalam 1 mm3 darah sehat kira-kira ada 250.000.

Apasih fungsi trombosit tersebut? Nah, fungsi trombosit yang utama adalah membekukan darah sehingga tidak banyak darah yang terbuang percuma saat terjadi pendarahan.
Itu sebabnya, ketika demam berdarah sudah parah, darah bisa mengalir keluar melewati pori-pori kulit, karena trombositnya tidak cukup untuk membekukan darah.

Selain itu, sebuah penelitian di University of Munich, mengungkapkan bahwa trombosit juga berfungsi untuk memperkuat daya tahan tubuh. Karena pada saat terjadi luka, trombosit akan berkumpul pada luka dan membeku sehingga luka tersebut bisa menutup.

Kemudian, trombosit tersebut mengarahkan bakteri ke limpa. Selanjutnya, bakteri tersebut ‘dikepung’ oleh sel-sel dendritik yang berfungsi sebagai sel daya tahan tubuh. Nah, dengan begitu, bakteri bisa dibunuh.

BACA JUGA: 20 Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan

Gejala ketika seseorang dikatakan terjangkit penyakit demam berdarah adalah ketika trombositnya terlalu sedikit. Maka tidak heran, ketika penyakit demam berdarah sedang musim. Lantas bagaimana mengatasinya?

Nah, pada kesempatan kali ini Adajerawat.com akan mengulas tentang 20 Makanan Penambah Trombosit Darah. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Berikut 20 Makanan Penambah Trombosit Darah

Jumlah trombosit yang menurun, sebenarnya mudah diatasi karena pada dasarnya kadar tersebut bisa pulih dengan sendirinya. Akan tetapi, bagi kamu yang sedang mengalami penurunan jumlah trombosit akan lebih baik jika ditunjang dengan beberapa cara seperti mengonsumsi bahan makanan yang mampu meningkatkan kadar trombosit dengan cepat.

Nah, berikut ini adalah daftar beberapa jenis makanan yang disarankan bagi kamu yang ingin menaikkan kadar trombosit dalam tubuh.

1. Kurma

Makanan pertama penambah trombosit darah adalah kurma. Kurma sepertinya sudah akrab di lidah masayarakat Indonesia. Ya, buah yang didatangkan khusus dari Timur Tengah ini bermanfaat banyak bagi tubuh terutama bagi pembentukan energi.
Itulah sebabnya banyak yang menganjurkan konsumsi buah kurma ini saat dalam keadaan berpuasa. Nuah kurma disinyalir memiliki kemampuan untuk meningkatkan kadar trombosit yang menurun karena kondisi tubuh yang sakit.

2. Bayam Merah

Bayam merah sudah terkenal akan manfaatnya untuk kesehatan darah. Termasuk juga pada pembentukan trombosit. Mengonsumsi bayam merah akan meningkatkan zat besi serta menaikkan kadar trombosit dengan cepat.
Sebenarnya baik bayam hijau maupun bayam merah sama bermanfaat untuk meningkatkan kadar trombosit dan memperbaiki aliran darah. Akan tetapi, bayam merah lebih disarankan oleh pakar kesehatan karena nilai gizi yang lebih tinggi dibandingkan bayam hijau.

3. Buah Kiwi

Buah kiwi tergolong buah yang cukup mahal harganya. Akan tetapi, jika kamu ingin menaikkan kadar trombosit sesegera mungkin. Kamu bisa mempertimbangkan untuk mengonsumsi buah berwarna hijau tersebut.
Buah kiwi dengan kandungan vitamin A dan termasuk makanan yang mampu meningkatkan kadar trombosit selama kurang dari seminggu.


4. Ikan Salmon

Ikan salmon sangat berfungsi meningkatkan imunitas serta membantu pembentukan sel darah termasuk trombosit. Keping darah yang berfungsi untuk pembentukan fibrin ini bisa seketika meningkat saat beberapa vitamin dan mineral dari ikan salmon terserap dengan sempurna.

5. Ikan Tuna

Selain ikan salmon, ikan tuna yang kaya akan omega-3 dan protein juga bermanfaat untuk dikonsumsi saat tubuh mulai mengalami lemah. Kekurangan kadar trombosit juga dianjurkan mengonsumsi beberapa jenis ikan laut agar kondisi tubuh dapat terkontrol.

6. Daging Sapi

Daging sapi merupakan sumber protein tinggi yang mampu meningkatkan kadar trombosit serta mengurangi efek dari rendahnya kadar trombosit seperti lemas, dan tubuh cenderung lesu. Selain mampu meningkatkan metabolisme tubuh daging sapi juga sebagai sumber energi.


7. Yoghurt

Yoghurt kaya akan vitamin B12 yang berfungsi untuk menjaga kestabilan kadar trombosit. Perlu diketahui bahwa rendahnya trombosit biasanya dipengaruhi oleh faktor kekurangan vitamin B12. Mengonsumsi yoghurt dalam takaran yang wajar dan rutin setiap harinya akan membantu pembentukan trombosit normal kembali.

8. Buah Labu

Buah labu yang akrab di buat sebagai kudapan kolak ini bisa juga anda manfaatkan untuk menaikkan kadar trombosit dalam tubuh. Biasanya orang akan lebih suka mengonsumsinya jika berdampingan dengan santan atau susu. Nah, untuk kali ini sebaiknya labu dikonsumsi murni tanpa tambahan apapun setelah direbus matang.

9. Kismis

Kismis bisa menjadi pilihan anda saat ingin menaikkan trombosit. Mengonsumsi kismis secara teratur selama 3 hari kedepan akan menaikkan kadar trombosit dalam tubuh anda sekitar 70 persen.


10. Kuning Telur

Kuning Telur kaya akan protein dan asam amino membuat kuning telur diburu untuk pemulihan penyakit. Fungsinya sebagai sumber energi bagi tubuh dan penyerapan nutrisi, kuning telur juga dianjurkan bagi mereka yang mengalami penurunan kadar trombosit darah.

11. Susu

Kalsium yang tinggi pada susu merupakan sumber terbaik untuk membantu meningkatkan trombosit anda. Dengan rutin mengonsumsi susu, maka pembentukan trombosit akan semakin maksimal dan asupan kalsium juga terus terjaga.

12. Seledri

Mengonsumsi seledri mungkin sedikit aneh karena rasanya yang berbeda dari jenis tanaman sayur pada umumnya. Akan tetapi manfaat dari tanaman ini sangat besar terutama bagi pembentukan sel darah dan keping darah. Untuk mensiasati rasa seledri yang sedikit pahit, kamu bisa mengkombinasikannya dengan buah tertentu dalam bentuk minuman jus.


13. Lidah Buaya

Lidah buaya bermanfaat untuk menjaga kestabilan imunitas anda. Kandungan antioksidan dan vitamin E dalam lidah buaya bisa bermanfaat untuk menunjang pembentukan trombosit dalam tubuh secara optimal.

14. Bawang Putih

Bumbu dapur yang satu ini memiliki manfaat ekstra. Ya, bawang putih disarankan untuk kamu yang sedang dalam masa penyembuhan terutama saat kadar trombosit kamu ikut menurun.

15.  Minyak Wijen

Minyak wijen memiliki khasiat yang penting untuk kesehatan. Selain baik untuk penderita hipertensi dan kolesterol tinggi, minyak wijen juga disarankan untuk dikonsumsi bagi mereka yang memiliki kadar trombosit rendah atau sedang dalam kondisi tubuh yang lemah.

16. Buah Pepaya

Kandungan vitamin A dalam pepaya mampu menjaga daya tahan tubuh dan membantu penyerapan kalsium sebagai pembentukan trombosit lebih banyak. Buah pepaya termasuk dalam beberapa jenis makanan yang mampu meningkatkan kadar trombosit kamu dengan cepat.


17. Buah Delima

Buah delima kaya akan antioksidan. Kandungan antioksidan tersebut berguna untuk mencegah berbagai macam penyakit serta meningkatkan kekebalan tubuh. Buah delima bisa menjadi pilihan anda untuk meningkatkan trombosit dengan cara mengonsumsi buah secara langsung maupun dengan memanfaatkan daun delima yang direbus dan diminum airnya.

18. Asparagus

Dikenal sebagai salah satu sayuran yang mahal, tanaman asparagus ini memang memiliki khasiat lain selain meningkatkan cita rasa masakan. Asparagus diperkaya dengan kandungan vitamin B9 yang sangat berperan meningkatkan trombosit dalam darah.

19. Buah Jeruk

Buah yang kaya manfaat ini juga tidak mau ketinggalan. Kemampuannya untuk menunjang kondisi tubuh yang sedang dalam masa pemulihan sangat penting untuk dikonsumsi. Buah jeruk mengandung banyak vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, keseimbangan metabolisme, dan satu lagi yaitu meningkatkan penyerapan nutrisi saat pembentukan trombosit.


20. Buah Bit

Buah bit kaya akan kandungan vitamin A, E dan beberapa mineral penting lainnya yang sangat dibutuhkan tubuh. Fungsi buah bit lebih kepada peningkatan sistem imun agar mampu menghadapi kondisi trombosit yang sedang rendah.

Diharapkan seseorang yang mengalami penurunan kadar trombosit bisa tetap bugar sambil mengonsumsi jenis makanan lain yang bermanfaat untuk meningkatkan trombosit tersebut.

Selain mengonsumsi berbagai jenis makanan yang telah disebutkan diatas, alangkah baiknya usaha meningkatkan kadar trombosit juga diimbangi dengan beberapa kebiasaan sehat sebagai berikut:

Menghindari kondisi tubuh yang dehidrasi atau berada dalam suhu panas yang tidak terkendali dalam waktu lama.
  • Mengonsumsi sayur dan buah secara rutin.
  • Menghindari kebiasaan hidup yang tidak sehat seperti merokok, minum alkohol, dan begadang.
  • Rajin berolah raga dan istirahat cukup, jangan sampai kurang olahraga karena akan mudah juga terkena penyakit.

BACA JUGA: 
Nah, itulah ulasan tentang 20 Makanan Penambah Trombosit Darah. Apabila penjelasan di atas ada yang kurang jelas, atau kamu ingin memberikan kami rekomendasi selanjutnya harus membuat artikel apa, silahkan comment di bawah ya gais. Semoga bermanfaat...
KOMENTAR

0 comments