Friday, 9 June 2017

10 Makanan Penurun Gula Darah Paling Ampuh

Siapa sih yang ingin terkena penyakit diabetes. Ya, penyakit mematikan ini sangat di takuti semua orang. Pengertian dari penyakit diabetes / kencing manis merupakan suatu penyakit yang disebabkan karena tubuh tidak dapat menghasilkan hormon pengatur gula darah.
Atau disebut juga insulin, karena insulin tidak dapat bekerja dengan baik atau tidak mencukupi sehingga akibatnya gula darah dalam tubuh menjadi meningkat.

Makanan merupakan salah satu yang harus dikontrol oleh penderita diabetes agar kadar gula darah tetap stabil. Penderita diabetes yang bijak harus tahu mana makanan yang bisa menyebabkan naiknya kadar gula darah dan mana yang bisa menurunkannya.

Selain itu, olahraga rutin, pola makan yang benar, istirahat yang cukup serta menjauhi stres adalah langkah yang baik untuk mengontrol gula darah.

Apasih penyebab naiknya kadar gula darah? Munculnya peningkatn kadar gula dalam tubuh seringkali disebabkan karena gaya hidup dan kebiasaan sehari hari yang tidak sehat, Diantaranya:

    1. Malas berolahraga
    2. Tidak sarapan
    3. Merokok
    4. Sering mengkonsumsi kopi
    5. Sering begadang
    6. Sering mengkonsumsi makanan berlemak/junkfood
    7. Siklus haid tidak teratur
    8. Adanya infeksi didalam tubuh misalnya kandung kemih
    9. Faktor keturunan


Nah, setelah kamu mengetahui apa saja penyebab naiknya kadar gula darah. Pada kesempatan kali ini Adajerawat.com akan mengulas tentang 10 Makanan Penurun Gula Darah Paling Ampuh. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Berikut 10 Makanan Penurun Gula Darah Paling Ampuh

1. Bayam

Bayam memiliki kandungan magnesium yang tinggi yang dapat mengontrol kadar gula darah dan mengendalikan pengeluaran insulin serta mengatur glukosa dalam tubuh sehingga dapat menjaga kestabilan gula darah dari waktu kewaktu.
Bayam adalah makanan penurun gula darah yang aman digunakan setiap hari dengan jumlah yang tidak terbatas tetapi harus dihabiskan dalaam satu hari dan jangan menghangatkan bayam karena alasan apapun karena zat besinya yang tinggi dapat berubah menjadi racun berbahaya bagi tubuh.


2. Pare

Pare adalah salah satu makanan penurun gula darah yangb terkenal memiliki rasa pahit yang khas, Namun rasa pahit pada pare dapat menurunkan jumlah gula darah berlebih dan mencegah munculnya penyakit diabetes pada orang orang yang baru terserang gejala awal diabetes.

3. Bawang Putih

Bawang putih merupakan makanan penurun gula darah yang telah puluhan tahun terbukti memiliki kemampuan klinis dalam menurunkan kadar kolesterol dan gula dalam darah serta membuat kadar gula tetap dalam kondisi stabil ketika anda mengkonsumsinya setiap hari secara rutinyang ditambahkan pada makanan yang akan kamu konsumsi.

4. Telur

Telur merupakan makanan kaya protein yang dapat menekan rasa lapar sehingga berdampak baik pada penurunan kadar glukosa dalam tubuh. Telur dapat dikonsumsi hanya 2 butir saja setiap hari mengingat didalamnya terdapaat kaandungan kolesterol yang cukup tinggi.


5. Ketan Hitam

Dengan mengkonsumsi ketan hitam ternyata baik bagi kestabilan kadaar gula darah dan bermanfaat untuk menurunkan kadar insulin pada penderita diabetes tipe 2. Ketan hitam dapat dikukus seperti layaknya anda memasak nasi lalu makanlah bersama ikan.

Dimana daging ikan memiliki zat omega 3 yang dapat menurunkan kadar gula dalaam tubuh dan otomatis membantu meningkatkan keberhasilan ketan hitam sebagai makanan penurun gula darah yang ampuh pada penderita diabetes dan obesitas

6. Gandum

Gandum memiliki serat alami yang utuh dan mampu menurunkan kadar gula darah yang sedang naik. Makanlah gandum tanpa atau dengan penambahan bahan makanan lain seperti ikan , Sayuran brokoli atau cabai yang dibuat menjadi sambal. Gandum dapat dijadikan sebagai makanan penurun gula darah yang baik bagi penderita gejala diabetes yang diaplikasikan untuk asupoan harian.

7. Buah Apel

Buah apel juga mampu membuat kadar gula darah kamu turun. Karena apel mengandung zat pektin yang dapat menurunkan kadar insullin dalam tubuh dan menjaga kadar gula darah agar tidak mengalami kenaikan. Mengkonsumsi 2 buah apel setiap hari dapat membantu mempercepat proses penyembuhan penyakit diabetes tipe 2.


8. Kacang Almond

Kacang almond mengandung magnesium, Serat yang tinggi , Protein dan Zat kromium yang mampu menurunkan kadar gula yang sedang mengalami peningkatan. Jadikan kacang almond untuk teman nasi sehari hari dan aman sebagai makanan penurun gula darah terbaik bagi Remaja, Dewasa dan orangtua.

9. Kacang Kedelai

Kedelai adalah makanan penurun gula darah yang brrcita rasa lezat dan mengandung serat tinggi serta protein nabati yang dapat menurunkan ekskresi urin pada penderita diabetes mellitus sehingga mempercepat penurunan kadar gula dalaam darah.


10. Buah Mengkudu

Mengkonsumsi jus mengkudu satu kali sehari secara rutin dapat menjaga kadar gula drah tetap normal dan mampu menurunkan kadar gula secara signifikan pada penderita diabetes tipe 2 apabila di imbangi dengan pantangan makanan tertentu atas anjuran dokter yang terkait.

Nah, itulah ulasan tentang 10 Makanan Penurun Gula Darah Paling Ampuh. Apabila penjelasan di atas ada yang kurang jelas, atau kamu ingin memberikan kami rekomendasi selanjutnya harus membuat artikel apa, silahkan comment di bawah ya gais. Semoga bermanfaat...

BACA JUGA:
KOMENTAR

0 comments