Friday, 23 June 2017

10 Makanan untuk Kecerdasan Otak Anak Menjadi Pintar

Perkembangan otak anak sangat tergantung pada masa pertumbuhannya dari bayi, remaja, hingga dewasa. Pada masa-masa seperti ini orang tua di tuntut untuk dapat mengoptimalkan kemampuan otak anak.
Kamu dapat memberikan nutrisi dan gizi yang mencukupi untuk sang anak, agar pertumbuhan otak anak dapat berjalan dengan baik. Dengan perkembangan otak anak yang baik, maka akan baik juga memori otak dan keterampilan dari sang anak.

Perkembangan otak anak yang kurang baik, maka dapat menyebabkan sang anak akan kesulitan dalam menghafal sesuatu, dan juga daya pikirnya lemah. Sehingga sejak dini kita harus dapat memantau pekembangan otak sang anak, agar dapat berkembang dengan baik.

BACA JUGA: Cara Tepat Mengatasi Batuk Saat Hamil

Nah, pada kesempatan kali ini Adajerawat.com akan mengulas tentang 10 Makanan untuk Kecerdasan Otak Anak Menjadi Pintar. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Berikut 10 Makanan untuk Kecerdasan Otak Anak Menjadi Pintar

1. Beragam Sayuran

Ada sejumlah jenis sayur berwarna yang kiranya bisa langsung dipertimbangkan oleh Anda dalam tujuan mencerdaskan otak si kecil, seperti:
  • Wortel
  • Bayam
  • Ubi jalar merah
  • Brokoli
  • Tomat
  • Labu
  • Kubis merah
Sayur-sayuran tersebut diketahui sangat kaya nutrisi dan antioksidan yang dapat membuat sel-sel otak menjadi sehat. Kita dan terutama anak-anak dianjurkan mengonsumsi variasi sayuran.

Namun, pada kenyataannya anak-anak tidak suka mengonsumsi sayuran sehingga orang tua dapat membuat berbagai olahan cemilan dari bahan sayuran.

2. Ikan Salmon

Salmon merupakan jenis ikan yang memiliki kandungan asam lemak omega-3 (DHA dan EPA) terbaik. Menurut penelitian, orang dengan asupan asam lemak omega-3 lebih banyak akan mendapatkan hasil memuaskan saat menjalani uji kemampuan dan juga berpikiran lebih tajam.
Kandungan yodium pada ikan salmon juga bermanfaat untuk membantu pembentukan sel-sel saraf, memelihara kesehatan mental, dan menjaga suasana hati (mood) agar tetap baik.

3. Gandum

Saat tubuh memerlukan energi yang cukup untuk bekerja optimal, otak pun juga demikian. Energi yang diperolah dari karbohidrat akan dialirkan oleh darah menuju otak dalam bentuk glukosa. Sumber karbohidrat kompleks akan dicerna lebih lambat dan energi kita akan terjaga sepanjang hari.
Gandum utuh akan membantu kita mengontrol kadar glukosa karena memiliki indeks glikemik rendah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa energi akan meningkatkan kekuatan otak.

Cueto dan Chinen berhasil menunjukkan bahwa anak-anak sekolah yang selalu sarapan mampu meraih nilai yang lebih tinggi dalam mengerjakan tes memori dan penyelesaian masalah.

4. Telur

Sudah sejak lama telur dikenal sebagai sumber protein yang mudah didapat dan terjangkau bagi semua kalangan. Walaupun pada kenyataannya telur adalah makanan yang mengandung kolesterol, bagian kuning telur kaya akan kolin yang sangat penting untuk membantu perkembangan daya ingat atau memori.

5. Daging yang Tidak Ada Lemak

Salah satu sumber makanan untuk kecerdasan otak adalah daging sapi tanpa lemak. Zat besi banyak terkandung pada daging sapi tanpa lemak. Mineral esensial ini penting untuk membantu anak tetap berkonsentrasi dan tetap memiliki energi ketika beraktivitas di luar rumah.
Daging sapi juga memiliki kandungan mineral esensial lain seperti seng yang dapat membantu anak menjaga daya ingat.


6. Cokelat

Salah satu sumber makanan untuk kecerdasan otak adalah daging sapi tanpa lemak. Zat besi banyak terkandung pada daging sapi tanpa lemak.
Mineral esensial ini penting untuk membantu anak tetap berkonsentrasi dan tetap memiliki energi ketika beraktivitas di luar rumah. Daging sapi juga memiliki kandungan mineral esensial lain seperti seng yang dapat membantu anak menjaga daya ingat.

7. Oatmeals

Jenis sereal popular di kalangan anak-anak ini merupakan sumber nutrisi penting bagi otak. Energi yang sangat diperlukan anak-anak untuk mengawali kegiatan di pagi hari mampu disediakan oleh oatmeals.
Otak juga akan dipenuhi kebutuhannya oleh serat pada oat. Kandungan lain seperti kalium, vitamin E dan vitamin B juga akan menjaga tubuh dan otak berfungsi optimal.

8. Yogurt dan Susu

Vitamin B dan protein yang tinggi banyak terkandung pada makanan-makanan dari produk susu. Makanan untuk kecerdasan otak ini mengandung dua jenis nutrisi yang dapat meningkatkan pertumbuhan jaringan otak, enzim dan neurotransmitter.
Selain itu, susu dan yogurt juga dapat menjaga perut kenyang lebih lama karena mengandung karbohidrat dan protein serta menjadi sumber energi dan otak.


9. Kacang-Kacangan

Banyak energi yang diberikan dari kacang-kacangan, seperti karbohidrat kompleks dan protein. Selain itu, kacang juga merupakan sumber serat, mineral, dan vitamin.
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kacang-kacangan baik untuk otak karena asupan makanan ini dapat memberikan energi lebih lama dan membantu kemampuan berpikir anak-anak.

Asam lemak omega-3 lebih banyak terkandung pada kacang pinto dan kacang merah dibandingkan dengan kacang jenis lainnya.

10. Buah Berry

Buah berry mengandung nutrisi penting yang baik bagi kesehatan, di antaranya adalah antioksidan dan vitamin C yang tinggi. Nutrisi tersebut memiliki peran untuk mencegah kanker.
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak stroberi dan blueberry mengalami perbaikan fungsi daya ingat. Asam lemak omega-3 juga terdapat pada biji dari buah berry.

Nah, itulah ulasan tentang 10 Makanan untuk Kecerdasan Otak Anak Menjadi Pintar. Apabila penjelasan di atas ada yang kurang jelas, atau kamu ingin memberikan rekomendasi selanjutnya kami harus membuat artikel apa, silahkan comment di bawah ya gais. Semoga bermanfaat...

BACA JUGA:
KOMENTAR

0 comments