Wednesday, 7 June 2017

20 Makanan yang Dilarang Bagi Ibu Hamil

Ibu hamil muda atau baru masuk trimester pertama memang harus waspada terutama dengan makanan berbahaya. Karena ibu hamil muda memiliki resiko keguguran yang besar. Selain itu, pada tahap hamil muda maka janin sedang berkembang dan membutuhkan perhatian ekstra.
Namun, terkadang ibu hamil muda tidak tahu mana hal yang dibolehkan dan mana yang tidak dibolehkan. padahal ada berbagai larangan ibu hamil yang wajib dihindari.

Nah, pada kesempatan kali ini Adajerawat.com akan mengulas tentang 20 Makanan yang Dilarang Bagi Ibu Hamil. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

BACA JUGA: 14 Merk Foundation Terbaik untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

20 Makanan yang Dilarang Bagi Ibu Hamil

1. Daging Merah

Semua jenis daging merah tidak boleh di konsumsi oleh ibu hamil muda. Karena daging mentah mengandung sumber penyakit seperti taksoplasma, salmonella dan E.colli.

Semua bakteri ini bisa menyebabkan janin mengalami masalah kesehatan bahkan keguguran. Daging yang dimaksud adalah seperi daging sapi, daging unggas atau ikan.

2. Sushi

Pasti kamu semua tahu kan apa itu sushi? Ya, Sushi adalah makanan lezat dari jepang. Nah, Sushi juga masuk kedalam daftar makanan yang dilarang oleh ibu hamil.

Karena sushi menggunakan daging mentah, kemungkinan sushi mengandung taksoplasma, dan salmonella.

BACA JUGA: 17 Merk Sabun Muka Terbaik untuk Wajah Berminyak

3. Daging Deli

Apa itu daging deli? Daging deli adalah jenis daging yang dimasak kemudian dipotong dengan beberapa bentuk seperti melingkar.

Ini adalah jenis daging olahan yang biasa banyak digunakan untuk isi humburger. Daging deli ini mengandung listeria yang bisa menyebabkan ibu hamil keguguran.

4. Daging Asap/Ikan

Daging asap atau ikan sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil. Daging asap dan ikan asap memang menjadi makanan khas di beberapa daerah.

Namun ikan atau daging asap ternyata mengandung listeria. Listeria akan menyebabkan bayi keguguran dan keracunan pada ibu hamil.

5. Ikan Mackerel

Ikan mackerel sangat berbahaya untuk ibu hamil karena mengandung tingkat merkuri yang tinggi. Merkuri sangat berbahaya untuk ibu hamil dan janin karena bisa menyebabkan kerusakan otak pada janin.

Merkuri juga akan menyebabkan keracunan pada janin yang bisa memicu kematian dan kelahiran prematur.

BACA JUGA: Inilah 7 Jenis Jerawat Paling Berbahaya yang Wajib Diketahui

6. Kerang Mentah

Kerang mentah sangat dilarang untuk ibu hamil muda. Kerang mentah bisa terkontaminasi beberapa sumber penyakit seperti salmonella dan E.colli.

Sumber penyakit ini bisa menyebabkan ibu hamil dan janin terkena infeksi yang  berdampak pada keguguran dan cacat janin. Kerang mentah tidak hanya dilarang untuk ibu hamil muda, tapi sepanjang kehamilan.

7. Telur Mentah

Telur mentah sangat dilarang untuk ibu hamil. Berbagai hidangan yang mengandung telur mentah atau telur setengah matang sebaiknya tidak dikonsumsi ibu hamil.

Karena telur mentah mengandung salmonella yang bisa menyebabkan penyakit. Resiko kontaminasi dari salmonella juga bisa menyebabkan janin mengalami keracunan dan kematian.

8. Keju Feta

Keju feta yang merupakan jenis keju lembut banyak digunakan untuk campuran berbagai hidangan, terutama makanan Eropa. Namun keju feta sangat dilarang untuk ibu hamil karena bisa menyebabkan keracunan listeria.

Listeria bisa memicu listeriosis yang akan memberikan efek seperti sakit flu, dan efek kesehatan yang lebih berat. Listeria juga bisa menyebabkan keguguran, keracunan darah dan persalinan dengan resiko yang tinggi.

BACA JUGA: 6 Fakta Tentang Jerawat! Wajib Baca

9. Hati

Semua jenis hati termasuk hati ayam, hati sapi dan jenis unggas lain memang mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Jika hati dimakan berlebihan maka bisa menyebabkan resiko kelahiran bayi cacat. Hal ini terjadi karena tubuh menerima terlalu banyak vitamin A.

Konsumsi vitamin A yang bersumber dari sayuran dan buah-buahan lebih menyehatkan daripada hati. Namun ibu hamil bisa mengkonsumsi hati dalam jumlah yang terbatas.

10. Sayuran Mentah

Ibu hamil muda biasanya sangat suka dengan makanan segar, termasuk lalapan. Beberapa jenis sayuran sehat yang sering digunakan sebagai lalapan seperti selada, daun bawang, mentimun dan jenis sayuran lain.

Sayuran mentah yang tidak dimasak bisa menyebabkan infeksi karena terkena toksoplamosis. Bahkan residu berupa pestisida yang digunakan untuk memupuk sayuran tersebut juga bisa menyebabkan resiko penyakit seperti kanker.

BACA JUGA: 11 Penyebab Jerawat di Kening!

11. Sayur Pare

Pare mengandung asam folat yang sangat penting untuk kehamilan. Namun disisi lain, pare juga mengandung zat yang dapat menyebabkan kontraksi dini pada rahim.

Hal ini tentu sangat berbahaya. Oleh karena itu, konsumsi pare harus ibu hamil batasi untuk mencegah hal hal yang tidak diinginkan terjadi.

12. Tape

Tape mempunayi sifat yang sama dengan alkohol. Panas yang timbul setelah makan tape ini juga diakibatkan karena kandungan alkohol yang dimiliki tape. Karena hal tersebut, tape ini sangat tidak disarankan untuk ibu hamil.

13. Sayur Nangka

Sayur nangka muda juga mengandung banyak getah yang sangat berbahaya jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Getah pada nangka muda ini beresiko meningkatkan kontraksi pada rahim yang mana dapat memicu terjadinya keguguran.

14. Makanan yang Mengandung Pemanis Buatan

Makanan ataupun minuman yang mengandung pemanis buatan tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Jika ibu hamil mengkonsumsi jenis makanan seperti ini, dikhawatirkan hal hal buruk berikut dapat terjadi:

Sistem syaraf janin akan terganggu sehingga bayi lahir dalam keadaan keterbelakangan mental. Jantung serta paru paru tidak terbentuk sempurna, serta infeksi pada saluran kemih janin. Untuk jenis makanan yang mengandung pemanis buatan ini, boleh ibu hamil konsumsi dalam jumlah yang sedikit.

BACA JUGA: Milia, Jerawat pada Bayi! Yuk Simak Ulasannya

15. Makanan Tinggi Lemak

Makanan yang tinggi dengan kandungan lemaknya sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal ini karena makanan ini dapat menyebabkan peningkatan kolesterol jahat pada tubuh.

16. Sate Kambing

Ibu hamil dengan kondisi seperti mempunyai tekanan darah tinggi dan tinggi kolesterol tidak disarankan untuk mengkonsumsi daging kambing. Jika ibu dengan hipertensi atau mempunyai tekanan darah tinggi mengkonsumsi daging kambing,

dikhawatirkan akan menimbulkan keadaan preklamsi atau tekanan darah tinggi pada saat hamil yang ditakutkan akan mengakibatkan kejang serta kematian pada ibu.

17. Makanan Asin

Mengkonsmsi makanan yang terlalu asin beresiko meningkatkan tekanan darah yang mana juga meningkatkan resiko pre eklamsi.

BACA JUGA: Wow! Ternyata Ini Penyebab Jerawat Batu di Wajah

18. Makanan yang Mengandung Kafein

Makanan atau minuman tinggi kafein seperti kopi dan juga coklat tidak disarankan untuk ibu hamil. Makanan tinggi kafein akan meningkatkan detak hantung sehingga beresiko terjadinya gagal jantung pada janin.

19. Makanan yang Mengandung Pengawet

Makanan yang mempunyai tingkat pengawet yang tinggi sangat tidak baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Makanan ini dapat membahayakan perkembnagan dan pertumbuhan otak janin.

20. Buah yang Tidak di Cuci

Kita tahu bahwa dalam perkebunan, banyak petani yang menggunakan pestisida untuk membasi hama. Jika buah tidak dicuci, selain mengandung kuman dan bakteri, pestisida yang menempel pada buah akan ikut termakan. Jika itu terjadi, akan sangat berbahaya bagi ibu hamil dan janin yang dikandungnya.

Nah, itulah ulasan tentang 20 Makanan yang Dilarang Bagi Ibu Hamil. Apabila penjelasan di atas ada yang kurang jelas, atau kamu ingin memberikan kami rekomendasi selanjutnya harus membuat artikel apa, silahkan comment di bawah ya gais. Semoga bermanfaat...

BACA JUGA:
KOMENTAR

0 comments