Tuesday, 27 June 2017

10 Makanan yang Mengandung Protein Super Tinggi

Protein sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan masa otot. Sumber protein hewani yang berkualitas tinggi dapat membantu anda mendapatkan asupan asam amino dan nutrisi penting lainnya.

Hewan umumnya memiliki kandungan protein lebih tinggi jika dibandingkan dengan tumbuh-tumbuhan akan tetapi juga memiliki kandungan lemak yang relatif lebih tinggi juga.
Protein adalah zat gizi yang diperlukan untuk pertumbuhan fungsi tubuh dan memiliki banyak manfaat. Beberapa manfaat zat gizi ini di antaranya dapat membantu kamu menurunkan berat badan terutama lemak perut dan mampu meningkatkan massa otot.

Berdasarkan tabel Angka Kecukupan Gizi (AKG) diketahui jika standar angka kecukupan protein yang dianjurkan bagi masyarakat Indonesia yang berusia 17 – 60 tahun sekitar 56 – 59 gram/hari untuk perempuan sedangkan pria 62 – 66 gram/hari. Protein ini bisa kita dapatkan dari berbagai makanan sumber protein tinggi.

BACA JUGA: 10 Cara Alami dan Cepat Menghilangkan Stretch Mark pada Ibu Hamil

Nah, pada kesempatan kali ini Adajerawat.com akan mengulas tentang 10 Makanan yang Mengandung Protein Super Tinggi. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Berikut 10 Makanan yang Mengandung Protein Super Tinggi

Makanan yang Mengandung Protein Hewani

  • Dada Ayam 28 gr
  • Daging Domba Muda 30 gr
  • Daging Sapi 25 s/d 36 gr
  • Tuna 29 gr
  • Telur 12,6 gr
  • Keju 21 gr
  • Susu Sapi 3,20 gr
  • Susu Kambing 3,5 gr


Makanan yang Mengandung Protein Nabati

  • Gandum 16,9 gr
  • Beras 7,13 gr
  • Bayam 3,6 gr
  • Kacang Kedelai 36,49 gr
  • Kacang Hijau 3,04 gr
  • Almond 21,22 gr
  • Biji Bunga Matahari 20,78 gr
  • Kacang polong 25 gr
  • Kentang 2 gr
  • Brokoli 2,82 gr

1. Susu

Susu adalah minuman yang sangat bergizi, namun masalahnya sebagain orang dewasa kurang suka dengan minuman ini. Susu mengandung banyak nutrisi tunggal yang dibutuhkan oleh manusia karena sarat kalsium, fosfor dan vitamin B2. Secangkir susu dengan lemak 1% mengandung 8 gram protein dan 103 kalori.

2. Ikan Tuna

Ikan tuna memiliki lemak dan kalori yang rendah sehingga sebagian besar yang terkandung dalamnya adalah protein. Seperti ikan lainnya, tuna mengandung nutrisi yang kaya akan lemak omega – 3. Dalam 1 ons una mengandung 30 gram protein dan 157 kalori.

3. Udang

Hampir semua makan laut merupakan sumber protein yang sangat baik karena biasanya rendah lemak. Meskipun udang rendah kalori tetapi sarat dengan berbagai nutrisi seperti selenium, vitamin B12 dan lemak omega-3. Dalam 1 ons udang mentah mengandung 24 gram protein dan 99 kalori.

4. Kacang almond

Almond merupakan salah satu jenis kacang yang paling populer karena mengandung nutrisi penting termasuk serat, vitamin E, mangan dan magnesium. Kadar protein yang ada pada kacang almond sebanyak 6 gram per 1 ons.

5. Dada ayam

Dada ayam sangat mudah untuk dimasak, dengan catatan kamu mampu memasaknya dengan benar. Kadar protein yang terkandung dalam 1 dada ayam tanpa kulit sebanyak 53 gram dan 284 kalori.


6. Kacang Kedelai

Kedelai dianggap sebagai sumber protein yang lengkap. Protein kedelai setara dengan protein yang dihasilkan daging dan telur. Para ahli mengatakan bahwa produk kedelai sangat bagus digunakan untuk menggantikan produk hewani lainnya. 

Karena kedelai memiliki protein yang lengkap, sedang produk hewani biasanya cenderung mengandung lebih banyak lemak, terutama lemak jenuh. Protein yang dihasilkan kedelai adalah 36,4g / 100g  kedelai. Adapun bentuk olahan dari kedelai itu sendiri adalah seperti tempe, tahu, tofu, serta susu kedelai.

7. Kacang Polong

Kacang polong sangat tinggi serat. Selain itu ia juga kaya protein dan vitamin lainnya. 100g kacang polong bisa menghasilkan protein sebanyak 25g.

8. Brokoli

Brokoli merupakan jenis sayuran hijau yang banyak mengandung vitamin C dan serat. Brokoli merupakan sumber zat yang sangat berguna untuk perbaikan DNA dalam sel yang digunakan untuk membunuh sel kanker dalam tubuh.
Dalam 100 gram brokoli, kita bisa mendapatkan manfaat protein sebanyak 2,82g vitamin C sebanyak 30 mg.

9. Kentang

Kentang merupakan jenis umbi-umbian yang banyak mengandung vitamin dan mineral. Selain kedua kandungan tersebut,  dalam kentang kita bisa mendapatkan sumber protein yang sangat berguna bagi tubuh kita. Dalam sajian 100g kentang kita bisa mendapatkan manfaat 2g protein kentang.
Masih banyak lagi manfaat yang bisa kita temukan dalam tanaman tersebut karena ia merupakan makanan penambah darah rendah dan makanan penurun kolesterol jahat super cepat.

10. Bayam

Bayam banyak mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh, dalam 100 gram bayam kita bisa mendapatkan diantara karbohidrat sebesar 3,6g protein sebesar 2,9g zat besi 2,71mg.
Dan masih banyak lagi kandungan gizi dalam bayam, seperti Vitamin A, Vitamin B1, B2, B3, B6, B9, vitamin C, vitamin E, vitamin K, kalsium, fosfor, magnesium, lemak, potasium, dan zinc.

Nah, itulah ulasan tentang 10 Makanan yang Mengandung Protein Super Tinggi. Apabila penjelasan di atas ada yang kurang jelas, atau kamu ingin memberikan kami rekomendasi selanjutnya harus membuat artikel apa, silahkan comment di bawah ya gais. Semoga bermanfaat...

BACA JUGA:
KOMENTAR

0 comments