Tuesday, 13 June 2017

6 Manfaat Bawang Merah untuk Jerawat dan Efek Sampingnya

Bawang merah merupakan salah satu umbi-umbian yang sering digunakan sebagai bahan memasak. Bersama dengan bawang putih, bawang merah memiliki khasiat mengaggumkan dalam dunia medis.
Ya bawang merah dan bawang putih sangat ampuh sekali dalam memerangi jerawat. Bukan hanya jerawat saja, namun banyak sekali penyakit yang bisa disembuhkan dengan bawang putih maupun bawang merah.

Apasih manfaat dari bawang merah? Nah, pada kesempatan kali ini Adajerawat.com akan mengulas tentang 6 Manfaat Bawang Merah untuk Jerawat dan Efek Sampingnya. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

BACA JUGA: 10 Bahaya Makanan Pedas untuk Ibu Hamil dan Kesehatan

Berikut 6 Manfaat Bawang Merah untuk Jerawat dan Efek Sampingnya

1. Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat

Bawang merah mengandung banyak vitamin C yang sangat membantu menjaga kelembaban kulit, kulit tetap sehat dan bersinar alami. 
Oleh karena itu bawang merah dapat membantu menghilangkan bekas jerawat kamu secara alami. Kamu dapat membuat masker dari bawang merah dan mencampurnya dengan bahan-bahan yang lain.

2. Mengandung Banyak Antioksidan

Dalam setiap butir bawang merah terdapat banyak zat antioksidan seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin E yang sangat dibutuhkan oleh kulit. Antioksidan mampu menjaga kesehatan kulit dan membersihkan kotoran serta bakteri yang ada di dalam kulit.
Kulit yang bersih akan terhindar dari jerawat. Kamu bisa menggunakan bawang merah ini untuk mencegah timbulnya jerawat.

BACA JUGA: Inilah Manfaat Serum Wajah yang Wajib Diketahui!

3. Menghentikan Peradangan pada Jerawat

Jerawat memang sangat mengganggu penampilan kita. Jerawat yang baru saja muncul berwarna kemerahan, nyeri, dan terasa gatal.
Jika dibiarkan jerawat bisa menjadi semakin parah dan meradang. Peradangan pada jerawat ditandai dengan jerawat yang semakin memerah dan bernanah. Jerawat jenis ini terasa sakit dan nyeri di kulit.

Efek Samping Menggunakan Bawang Merah untuk Jerawat

1. Membuat Mata Terasa Pedas

Jika kita mengiris bawang merah sebagai bumbu, lama kelamaan mata kita akan terasa pedas dan mengeluarkan air mata. Hal ini juga terjadi ketika kamu menggunakan bawang merah sebagai perawatan kulit untuk menghilangkan jerawat.
Hati-hati ketika kamu mengoleskan bawang merah ke wajah kamu. Pastikan kamu mengoleskan masker tersebut tipis-tipis saja. Kalau kamu merasakan pedas yang amat sangat di mata saat pemakaian masker, segera cuci wajah dengan air hangat, kemudian air dingin untuk menutup pori.

BACA JUGA: 6 Bahaya Melakukan Peeling pada Wajah Berjerawat! Wajib Baca

2. Kulit Terasa Perih dan Panas

Jika kamu belum pernah menggunakan bawang merah sebagai obat penyembuh jerawat, jangan mengoleskan bawang ke wajah kamu dalam keadaan utuh. Bawang merah yang masih utuh akan terasa panas ketika bersentuhan dengan kulit wajah.
Rasa panas ini juga menimbulkan rasa perih saat bawang dioleskan pada jerawat. Jika rasa perih dan panas tidak kunjung reda, segera cuci wajah kamu dengan air hangat kuku, lalu basuh lagi dengan air dingin untuk menutup pori-pori.

Untuk menghindari inflamasi, jangan langsung mengaplikasikan bawang merah sebagai masker pada pemakaian pertama, terlebih jika kulit kamu termasuk kulit yang sensitif.

3. Menyebabkan Iritasi pada Kulit

Jika kulit wajah kamu termasuk tipe kulit sensitif, maka kamu patut berhati-hati sebelum mengoleskan bawang merah ke wajah kamu. Bawang merah dapat menyebabkan iritasi dan ruam merah pada kulit.
Sifat bawang merah yang pedas juga bisa menyebabkan inflamasi hingga kulit kamu menjadi kemerahan seperti terbakar. Oleh karena itu sangat disarankan untuk kamu melakukan uji alergi sebelum menggunakan perawatan bawang merah.

Nah, itulah ulasan tentang 6 Manfaat Bawang Merah untuk Jerawat dan Efek Sampingnya. Apabila penjelasan di atas ada yang kurang jelas, atau kamu ingin memberikan kamis rekomendasi selanjutnya harus membuat artikel apa, silahkan comment di bawah ya gais. Semoga bermanfaat...

BACA JUGA: 

KOMENTAR

0 comments