Wednesday, 7 June 2017

10 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Pada saat bulan Ramadhan, seluruh umat muslim diwajibkan untuk melakukan ibadah puasa sesuai dengan syariat islam. Manfaat puasa sangatlah banyak untuk kesehatan tubuh. Hal ini karena puasa dikaitkan dengan proeses dektoksifikasi atau pengeluaran zat racun dari dalam tubuh.
Seiring dengan niat yang kuat dan ikhlas, ibadah puasa dapat kita jalani dengan maksimal sekaligus memberikan manfaat yang maksimal pula bagi diri kita. Selain menjadi ladang pahala bagi umat muslim, berpuasa juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh manusia itu sendiri.

Nah, pada kesempatan kali ini Adajerawat.com akan mengulas tentang 10 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

BACA JUGA: 6 Manfaat ASI Ekslusif Dibanding Susu Formula untuk Bayi dan Ibu

Berikut 10 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

1. Mengurangi Kegemukan

Secara ilmiah berpuasa juga berdampak pada penurunan berat badan. Dengan berpuasa usus-usus dalam tubuh akan lebih bersih dari sisa-sisa endapan makanan, Endapan makanan inilah yang bila kelebihan akan menjadi lemak diperut.

Selain itu berpuasa juga memperbaiki sistem pencernaan kita, sehingga sirkulasi makanan dan buang air menjadi lebih lancar.

2. Kekebalan Tubuh yang Meningkat

Puasa tidak membuat kita lemas sehingga menjadi gampang sakit, ternyata puasa justru meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini didukung oleh penelitian yang bahkan sudah umum, yaitu mengenai:

Ketika seorang berpuasa maka akan terjadi peningkatan Limfosit sampai dengan 10 kali lipat dalam tubuhnya, hal ini memberikan pengaruh yang besar terhadap sistem imunitas tubuh, sehingga puasa justru menghindarkan kita dari berbagai virus dari lingkungan luar/makanan yang tidak baik.


3. Sehat bagi Ginjal

Ginjal merupakan penyaring zat berbahaya apapun yang kita makan dan minum dan berpuasa membuat ginjal semakin sehat, mengapa?

Karena fungsi ginjal akan maksimal bila kekuatan osmosis urin mencapai 1000 sampai 12.000 ml osmosis/kg air, dan satu-satunya cara adalah dengan mengurangi asupan air yaitu ketika berpuasa.

4. Pencegah Diabetes

Obesitas, hiperkolesterol, diabetes dan penyakit yang diakibatkan kelebihan nutrisi lainnya adalah akibat dari tubuh mengalami kelebihan kadar gula darah dan kolesterol.

Dengan berpuasa konsumsi gula dan makanan berlemak dapat lebih terkontrol dan dikurangi yang akan berdampak baik bagi kembalinya keseimbangan kadar gula dan kolesterol tersebut.


5. Penawar Encok

Berpuasa dengan teratur akan meningkatkan sel penetral alami dalam tubuh kita yang akan membuat sakit encok lambat laun menuju kesembuhan.

Sebuah penelitian menemukan adanya korelasi antara meningkatnya kemampuan sel penetral (pembasmi bakteri) dengan membaiknya radang sendi penyebab encok.

6. Meningkatkan Kecerdasan Otak

Tidak diragukan lagi, kamu akan menyadari efek positif puasa dapat memiliki kesejahteraan mental dan fokus spiritual, kekuatan otak meningkat dengan puasa Ramadhan, bahkan lebih signifikan daripada yang Anda kira.

Sebuah studi yang dilakukan oleh para ilmuwan di Amerika Serikat menemukan bahwa fokus mental dicapai selama Ramadan meningkatkan, tingkat faktor neurotropik yang diturunkan dari otak yang menyebabkan tubuh untuk menghasilkan sel-sel otak lebih banyak, sehingga meningkatkan fungsi otak.

Demikian juga, penurunan yang berbeda dalam jumlah hormon kortisol, yang dihasilkan oleh kelenjar adrenal, berarti bahwa tingkat stres sangat berkurang baik selama dan setelah Ramadhan.


7. Menurunkan Darah Tinggi

Puasa merupakan salah satu metode non-obat untuk mengurangi tekanan darah. Ini membantu untuk mengurangi risiko aterosklerosis. Aterosklerosis menyumbat arteri oleh partikel lemak. Selama puasa glukosa dan lemak yang digunakan untuk menghasilkan energi.

Tingkat metabolisme berkurang selama puasa. Hormon ketakutan-penerbangan seperti adrenalin dan noradrenalin juga berkurang. Hal ini membuat metabolisme stabil. Manfaatnya adalah penurunan tekanan darah.

8. Menyerap Nutrisi Lebih Banyak

Dengan tidak makan sepanjang hari selama bulan Ramadhan kamu akan menemukan bahwa metabolisme kamu menjadi lebih efisien, yang berarti jumlah nutrisi yang kamu menyerap dari makanan membaik

Hal ini karena peningkatan hormon yang disebut adiponectin, yang diproduksi oleh kombinasi puasa dan makan di malam hari, dan memungkinkan otot-otot kamu untuk menyerap lebih banyak nutrisi. 

Hal ini akan menyebabkan manfaat kesehatan bagi seluruh tubuh, seperti berbagai bagian dapat lebih baik menyerap dan memanfaatkan nutrisi yang organ butuhkan untuk lebih berfungsi.


9. Mengurangi Gula Darah

Puasa meningkatkan pemecahan glukosa sehingga tubuh bisa mendapatkan energi. Ini mengurangi produksi insulin yang terletak pankreas. Glukagon diproduksi untuk memfasilitasi pemecahan glukosa. Hasil dari puasa adalah pengurangan gula darah.

10. Puasa Mengingkatkan Imunitas

Ketika seorang individu melakukan puasa, hal ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Penghapusan racun dan pengurangan lemak pada tubuh. Ketika seseorang memakan buah maka mereka meningkatkan cadangan tubuh dengan vitamin dan mineral.

Vitamin A dan E adalah antioksidan yang baik tersedia dalam buah-buahan. Mereka membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Nah, itulah ulasan tentang 10 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan. Apabila penjelasan di atas ada yang kurang jelas, atau kamu ingin memberikan kami rekomendasi selanjutnya kami harus membuat artikel apa, silahkan comment di bawah ya gais. Semoga bermanfaat...

BACA JUGA:
KOMENTAR

0 comments