Wednesday, 7 June 2017

Penderita Asam Urat dan Kolesterol! Jangan Makan Ini

Pantangan asam urat dan kolesterol memang hampir sama, penyakit asam urat memang kerap kali dikaitkan dengan kolesterol. Pasalnya, kedua penyakit ini berhubungan dengan makanan yang diasup oleh tubuh.

Penyakit asam urat merupakan penyakit yang banyak diderita oleh orang yang berusia diatas 30 tahun. Walaupun begitu, penyakit ini tidak dapat disepelekan atau diremehkan begitu saja.
Asam urat bukanlah penyakit yang ringan, rasa sakit yang diberikan oleh penyakit ini bahkan sangat menyiksa saat sedang meradang. Oleh sebab itu, ada beberapa makanan yang dipantang untuk dikonsumsi.

Nah, pada kesempatan kali ini Adajerawat.com akan mengulas tentang Penderita Asam Urat dan Kolesterol! Jangan Makan Ini. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Penderita Asam Urat dan Kolesterol! Jangan Makan Ini

Salah satu cara menjaga kadar asam urat dan kolesterol dalam darah tetap stabil adalah dengan menjalankan pola hidup sehat seperti menjaga pola makan dan berolahraga secara teratur. Ada beberapa makanan yang bisa membuat asam urat dan juga kolesterol jadi tinggi.

Pantangan Asam Urat dan Kolestrol

1. Seafood

Seafood atau makanan laut seperti ikan teri, sarden, makarel, tuna, dan kerang adalah makanan pantangan untuk penderita asam urat dan kolestrol. Karena makanan tersebut mengandung purin yang tinggi.

Sedangkan lobster bukanlah pilihan yang baik (terutama bagi penderita kolesterol tinggi) karena kandungan kolesterolnya yang tinggi. Dalam 85 gram lobster terkandung 61 mg kolesterol.

Belum lagi jika lobster tersebut dimasak dengan cara digoreng atau jika kamu mengonsumsi lebih dari satu ekor, tentu tingkat kolesterolnya akan meningkat.

2. Alkohol

Pantangan selanjutnya untuk penderita asam urat dan kolesterol adalah alkohol. Terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol, terutama bir, dianggap dapat meningkatkan produksi asam urat hingga menyebabkan serangan asam urat berulang-ulang.

Selain itu, bir juga membuat tubuh kesulitan membuang asam urat keluar dari dalam tubuh. Terlebih lagi, minum minuman beralkohol secara berlebihan alias dalam jumlah besar dapat meningkatkan kadar kolesterol dan trigliserida (salah satu jenis lemak) dalam darah.

3. Daging

Untuk penderita asam urat dan kolesterol disarankan untuk membatasi asupan daging, Berbagai jenis daging, terutama daging merah, karena memiliki jumlah kandungan purin dan kolesterol yang tinggi. Jika ingin makan daging merah, dianjurkan untuk membuang lemak yang menempel pada daging.

Atau bisa juga mengonsumsi daging putih seperti daging ayam atau kalkun. Namun, perhatikan pula cara pengolahan daging putih tersebut, disarankan untuk membuang kulitnya dan tidak diolah dengan cara digoreng.

4. Jeroan

Tidak hanya penderita asam urat saja yang dilarang mengonsumsi jeroan, penderita kolesterol tinggi juga disarankan untuk menghindarinya. Rempela, babat, kikil, hati, ginjal, kelenjar timus, dan lain sebagainya memiliki kandungan purin yang tinggi dan berkontribusi meningkatkan kadar asam urat.
 
Purin adalah senyawa kimia tertentu dalam beberapa makanan yang akan berubah menjadi asam urat jika dipecah. Selain itu, hati juga tinggi kadar kolesterolnya. Kenapa? Kolesterol dibuat dan disimpan dalam hati, tingkat kolesterol tertinggi dalam daging hewan ditemukan pada organ hatinya.

Nah, itulah ulasan tentang Penderita Asam Urat dan Kolesterol! Jangan Makan Ini. Apabila penjelasan di atas ada yang kurang jelas, atau kamu ingin memberikan kami rekomendasi selanjutnya harus membuat artikel apa, silahkan comment di bawah ya gais. Semoga bermnafaat...
KOMENTAR

0 comments