Friday, 23 June 2017

10 Penyebab Keringat Dingin dan Cara Mengatasinya!

Keringat dingin adalah sebuah kondisi dimana permukaan kulit akan terasa lebih lembab dan rasa dingin di permukaan kulit. Kondisi ini bisa di rasakan oleh diri sendiri maupun oleh orang lain.

Keringat dingin bisa keluar dari seluruh tubuh atau bagian tertentu saja seperti ketiak, telapak tangan dan kaki. Keringat dingin akan menjadi kondisi yang wajar apabila tidak ada tekanan atau rasa tidak nyaman pada tubuh.
Tapi kondisinya akan berbeda jika seseorang mengalami keringat dingin karena stress, tekanan pikiran maupun gangguan kecemasan. Keringat dingin tidak termasuk dalam salah satu jenis penyakit tertentu.

Hanya saja kondisi keringat dingin sering berhubungan dengan kondisi kesehatan seseorang. Beberapa jenis gangguan yang terjadi pada pikiran, perasaan dan organ tubuh sering menyebabkankan keringat dingin saat malam hari.

Beberapa kondisi lain yang harus diwaspadai adalah apabila keringan dingin disertai dengan mual, muntah, sesak nafas dan tubuh yang lemah.

Gejala Keringat Dingin

Melihat keringat dingin maka tidak disimpulkan bahwa seseorang yang mengalami keringat dingin memang memiliki gejala penyakit tertentu.

Ada beberapa faktor lain yang menyebabkan keringat dingin bisa muncul seperti kondisi rumah yang terlalu panas, memakai selimut yang terlalu tebal dan beberapa faktor lain.

Dibawah ini adalah beberapa gejala yang bisa dijadikan ukuran sebagai keringat dingin yang biasa dan keringat dingin yang menunjukkan beberapa gejala penyakit tertentu.

BACA JUGA: 8 Penyebab Utama Timbulnya Jerawat pada Pria

  1. Perasaan sakit atau nyeri pada bagian dada karena merasa cemas atau sedang mengkhawatirkan beberapa hal.
  2. Perasaan takut dan cemas yang berlebihan sehingga membuat reaksi tubuh mengeluarkan keringat dingin.
  3. Rasa sakit kepala yang disertai mual, pusing dan muntah.
  4. Tubuh terkadang terasa panas dan terkadang terasa dingin.
  5. Tubuh yang terasa lebih lemah dan gangguan kesulitan tidur.

Nah, pada kesempatan kali ini Adajerawat.com akan mengulas tentang 10 Penyebab Keringat Dingin dan Cara Mengatasinya! Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Berikut 10 Penyebab Keringat Dingin dan Cara Mengatasinya!

1. Infeksi Tubuh

Keringat dingin bisa menjadi salah satu ukuran infeksi yang terjadi pada tubuh. Keringat dingin yang terjadi pada malam hari bisa menunjukkan beberapa gejala infeksi seperti infeksi yang disebabkan oleh bakteri.
Jenis penyakit yang berhubungan adalah seperti penyakit TBC, infeksi HIV, infeksi pada katub jantung, dan peradangan pada tulang. Jika ada beberapa gejala lain selain keringat dingin maka harus mendapatkan perawatan lanjutan.

2. Kanker

Gejala umum penyakit kanker yang tidak ditunjukkan secara khusus adalah keringat dingin. Tubuh bisa mengalami panas atau demam sementara keringat dingin terus keluar. Beberapa jenis kanker yang sering ditunjukkan oleh gejala ini adalah kanker limfoma, kanker ovarium, dan beberapa jenis kanker lain.
Jika gejala ini disertai dengan penurunan berat badan dan masalah nafsu makan maka bisa harus segera mendapatkan pemeriksaan.


3. Akibat Stress

Keringat dingin juga bisa muncul pada beberapa orang yang memiliki gejala stres dan tekanan pikiran yang berat. Gejala lain yang ditunjukkan adalah perasaan bingung, tertekan, khawatir dan gejala kecemasan lain.
Respon keringat dingin bisa terjadi pada malam hari maupun siang hari. Terkadang beberapa orang bisa memiliki gejala lain seperti mual, muntah dan tekanan emosi.

4. Akibat Diabetes

Penderita diabetes yang mengalami komplikasi hipoglikemia juga bisa mengeluarkan keringat dingin pada malam atau siang hari. Hal ini disebabkan karena tubuh tidak menerima asupan nutrisi yang cukup sehingga kadar gula dalam darah menjadi sangat sangat rendah.
Beberapa gejala lain yang biasanya ditemukan adalah seperti perasaan bingung, gemetar, keringat dingin berlebihan, dan penglihatan yang tidak jelas.

5. Tekanan Darah Rendah

Orang yang cenderung mengalami tekanan darah rendah juga bisa memiliki gejala keringat dingin. Gejala ini menjadi sangat serius bila seseorang mengalami kelelahan, kekurangan gizi, dehidrasi, kehilangan darah dan pusing yang berlebihan. Perawatan medis sangat diperlukan untuk kondisi ini agar tidak berlanjut menjadi penyakit yang lebih parah.

6. Migrain

Migrain adalah penyakit yang membuat rasa sakit kepala pada bagian sebelah saja. Sakit kepala ini bisa menjadi sangat parah tergantung dari kondisi fisik dan penyebab.
Ada dua penyebab utama yaitu sakit migain yang disebabkan karena tekanan atau emosi dan penyakit pada bagian dalam organ kepala. Jika disertai dengan beberapa gejala seperti pusing, mual dan muntah maka harus mendapatkan perawatan.


7. Penyakit Jantung

Salah satu penyakit yang paling sering ditandai dengan keringat dingin berlebihan pada malam dan siang hari adalah penyakit jantung. Jantung akan mengirimkan respon yang besar ketika ada masalah pada pembuluh darah, penyumbatan pada bagian pembuluh darah dan penumpukan plak pada pembuluh darah.
beberapa gejala yang menyertai adalah seperti rasa sakit pada bagian dada, sulit untuk bernafas, detak jantung yang tidak teratur, nyeri pada dada dan sakit pada pergelangan tangan.

8. Gangguan Kekebalan Tubuh

Beberapa jenis penyakit yang disebabkan karena lemahnya sistem kekebalan tubuh juga bisa menyebabkan keringat berlebihan pada malam dan siang hari.

Beberapa serangan infeksi dari virus dan bakteri yang menyebabkan influenza, sakit perut, diare dan gangguan pencernaan sering menjadi pertanda penyakit ini.

9. Sindrom Odiopatik

Kondisi ini menyebabkan tubuh memproduksi keringat secara berlebihan namun tidak menunjukkan gejala penyakit yang serius. Tubuh hanya menghasilkan keringat dalam jumlah yang berlebihan sehingga terkadang menyebabkan keringat dingin.

Kondisi ini tidak bisa mendapatkan perawatan karena penyebab utamanya tidak bisa dilihat secara medis.

10. Menopause

Wanita yang masuk dalam usia menopause juga sering mengalami kondisi keringat dingin. Kondisi ini bisa terjadi pada siang atau malam hari. Kondisi perubahan hormon dan sistem metabolisme menyebabkan sistem tubuh juga mengalami perubahan.
Keringat dingin ini biasanya terjadi sangat wajar. Bahkan beberapa wanita bisa mengalami gejala lain seperti kesulitan tidur, tekanan perasaan, dan perasaan cemas yang berlebihan.


Cara Mengatasi Keringat Dingin

Keringat dingin sebaiknya diselidiki penyebabnya. Jika dipicu oleh stres atau tegang, maka bisa diatasi dengan cara-cara yang dapat dilakukan di rumah. Namun, jika dibutuhkan pengobatan, selalu konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. Beberapa cara yang dapat Anda lakukan, antara lain:

1. Perbaiki Pola Makan

Upayakan makan tidak terlalu dekat dengan waktu tidur, serta batasi asupan makanan tinggi gula sebelum tidur. Jika level gula kamu rendah, jangan lewatkan waktu makan atau bagilah menjadi beberapa porsi dalam sehari.

2. Saat Tidur Gunakan Pakaian yang Nyaman

Pilih tirai berwarna gelap untuk jendela serta singkirkan benda-benda yang memancarkan cahaya, seperti komputer, lampu, atau televisi agar terhindar dari polusi cahaya. Saat tidur, gunakan pakaian yang longgar dan nyaman,selain itu atur suhu kamar kepada suhu yang sejuk.

3. Jadikan Diri Kamu Lebih Aktif

Lakukan olah napas atau kegiatan olahraga yang bermanfaat, seperti yoga atau joging yang bisa membantu kamu untuk lebih relaks. Bila perlu, lakukan kegiatan yang dapat mengalihkan pikiran, seperti membaca atau bermain puzzle untuk mengusik kekhawatiran atau pikiran negatif.

4. Konsumsi Obat

Selalu konsultasikan dengan dokter mengenai terapi dan obat-obatan yang tepat untuk mengatasi keluhan keringat dingin yang kamu rasakan.

Nah, itulah ulasan tentang 10 Penyebab Keringat Dingin dan Cara Mengatasinya! Apabila penjelasan di atas ada yang kurang jelas, atau kamu ingin memberikan kami rekomendasi selanjutnya harus membuat artikel apa, silahkan comment di bawah ya gais. Semoga bermanfaat...

BACA JUGA:
KOMENTAR

0 comments