Wednesday, 7 June 2017

10 Pilihan Makanan Untuk Pengidap Rematik Asam Urat

Inilah 10 Pilihan Makanan Untuk Pengidap Rematik Asam Urat - Pada dasarnya, pengidap rematik asam urat tetap dapat menjalani pola makan sehat pada umunya yang kaya karbohidrat kompleks, protein dalam kadar sedang, dan rendah lemak jenuh. Pengaturan pola makan ini bukanlah sarana pengobatan, tapi dapat membantu mengurangi gejala.

Rematik asam urat menyebabkan pembengkakan dan rasa nyeri pada sendi, terutama pada jempol kaki. Peradangan sendi ini disebabkan oleh penumpukan kristal natrium urat, yaitu limbah alami tubuh.
Asam urat adalah salah satu hasil pemecahan zat purin di dalam tubuh. Purin adalah zat alami yang ada di dalam tubuh dan dapat ditemukan di berbagai jenis makanan. Makanan mengandung purin berkadar tinggi membuat tubuh menghasilkan lebih banyak asam urat.

Oleh karena itu, pengidap asam urat perlu menghindari konsumsi makanan dengan kadar purin yang tinggi. Rematik asam urat dapat ditangani dengan lebih banyak mengonsumsi makanan tertentu yang memperlancar sekresi purin dan membatasi konsumsi makanan serta minuman kaya purin.

Nah, pada kesempatan kali ini Adajerawat.com akan mengulas tentang 10 Pilihan Makanan Untuk Pengidap Rematik Asam Urat. Yuk simak ulasannya berikut ini.

BACA JUGA: 10 Cara Mengecilkan Pori-Pori Membesar Pada Wajah Berjerawat

Berikut 10 Pilihan Makanan Untuk Pengidap Rematik Asam Urat

1. Cherry

Buah mungil yang satu ini memiliki kandungan zat yang mampu mencegah inflamasi atau peradangan bernama zat antosianin. Antosianin bisa mengurangi kadar asam urat dalam tubuh dan membantu mengatasi dan mencegah asam urat mengkristal pada persendian. Untuk hasil maksimal diperlukan konsumsi buah ceri ini sebanyak 200 gram sehari.


2. Apel

Buah segar yang satu ini mengandung asam malat yang bermanfaat untuk membuat kadar asam urat netral kembali. Dalam sehari kmau perlu mengkonsumsi minimal 1 buah apel dalam 1 hari.

3. Buncis Perancis

Makanan yang satu ini pun bermanfaat untuk menurunkan kadar asam urat. Cara konsumsinya yaitu dengan dibuat menjadi jus kacang panjang perancis dan diminum secara rutin sehari dua kali.


4. Kacang Pinto

Makanan selanjutnya adalah kacang pinto. Kacang ini kaya akan kandungan asam folat sehingga bagus untuk menurunkan kadar asam urat dengan cara yang alami. Selain itu biji bunga matahari pun bisa anda masukkan dalam menu makanan sehat kamu.

5. Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung asam sitrat dan zat yang satu ini merupakan pelarut asam urat alami. Untuk mendapat hasil maksimal, minum air perasan jeruk nipis sehari dua kali. Ini sekaligus untuk menjaga kesehatan tubuh kamu.

6. Ekstrak Biji Seledri

Pengobatan yang satu ini termasuk dalam pengobatan tradisional rumahan yang sudah terkenal untuk mengatasi sakit asam urat/penurun kadar asam urat. Dengan rutin mengkonsumsi ekstrak biji seledri maka kadar asam urat kamu akan semakin menurun.


7. Buah Berry

Buah berry, temasuk blueberry, stroberi, acai berry bersifat anti inflamasi atau anti radang sehingga baik untuk penderita asam urat karena buah tersebut tergolong dalam buah yang mengandung vitamin C tinggi.

8. Jus Sayur Mayur

Dalam hal ini sayuan yang efektif dan tepat diberikan pada penderita asam urat adalah jus sayur campuran dari wortel, timun, tomat, jeruk, melon, dan bit.


9. Cuka Apel

Selanjutnya adalah cuka apel. Ya, kamu dapat menambahkan cuka apel sebanyak 3 sendok teh ke dalam 8 ons air dan dikonsumsi secara teratur, sehari sebanyak 2-3 kali.

10. Air Putih

Air putih bermanfaat untuk mengeluarkan asam urat juga racun dari dalam tubuh melalui air seni. Yang diperlukan untuk menurunkan kadar asam urat adalah meminum air putih sebanyak 10 sampai dengan 12 gelas dalam satu hari.

Nah, itulah ulasan tentang 10 Pilihan Makanan Untuk Pengidap Rematik Asam Urat. Apabila penjelasan di atas ada yang kurang jelas, atau kamu ingin memberikan kami rekomendasi selanjutnya harus membuat artikel apa, silahkan comment di bawah ya gais. Semoga bermanfaat...

BACA JUGA: 
KOMENTAR

0 comments