Tuesday, 20 June 2017

Inilah 8 Pilihan Olahraga untuk Mengecilkan Perut

Perut gendut atau buncit adalah masalah serius, karena bisa berujung pada penyakit jantung bahkan stroke. Kelebihan berat badan memang tidak mudah untuk diatasi.
Namun selagi kamu mau mencoba berbagai cara menurunkan berat badan misalnya dengan rutin melakukan berbagai jenis olahraga, tentunya membuahkan hasil.

BACA JUGA: Cara Mengontrol Asupan Karbohidrat Demi Hidup Lebih Sehat

Selain olahraga mengecilkan perut, kamu juga perlu yang namanya menerapkan pola hidup sehat. Nah, pada kesempatan kali ini Adajerawat.com akan mengulas tentang 8 Pilihan Olahraga untuk Mengecilkan Perut. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Berikut 8 Pilihan Olahraga untuk Mengecilkan Perut

1. Bersepeda

Olahraga yang satu ini sebenarnya juga tidak ada kaitannya dengan usaha mengikis lemak dalam perut, karena bersepeda menitikberatkan tenaga pada kaki untuk mengayuh pedal. Namun, dengan bersepeda dapat membakar 250 - 500 kalori per hari apabila kamu melaksanakannya selama 30 menit saja.


2. Sit Up

Kamu bisa melakukan olahraga sit-up. Olahraga ini sebagai latihan otot inti, yang dapat memperkuat dan mengencangkan otot-otot perut. Tidak hanya menghilangkan lemak di perut, sekaligus dapat memperindah bentuk perut kamu.
Selain sit-up, olahraga crunches juga dapat membantu mengecilkan perut dengan membakar lapisan lemak yang menumpuk di perut kamu.

3. Zumba

Olahraga zumba dapat membakar kalori rata-rata 9,5 kalori per menit. Selain mengecilkan perut kamu, zumba juga bermanfaat untuk peningkatan daya tahan tubuh, peningkatan tekanan darah, memperkuat tubuh dan meningkatkan kualitas hidup kamu.

4. Vertical Leg Crunch

Gerakan Vertical Leg Crunch cukup merepotkan dan menguras tenaga, tetapi apabila kamu ingin mendapatkan tubuh langsing dalam kurun waktu cukup singkat, latihan Vertical Leg Crunch sangat cocok untuk diterapkan.
Jadi, gerakan Vertical Leg Crunch hampir mirip dengan sit up, hanya saja sembari mengangkat kedua kaki setinggi mungkin (seperti sikap lilin). Baringkan tubuh kamu diatas matras, kemudian letakkan kedua tangan di belakang kepala dan angkat kedua kaki ke atas, usahakan lurus.

Proses berikutnya yaitu menarik tubuh ke atas seperti gerakan sit up, tahan sekitar 15 detik, kemudian ulangi.


5. Yoga

Selain dapat mengencangkan otot utama tubuh seperti otot perut dan otot punggung, yoga juga baik untuk kamu yang menderita diabetes, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, atau penyakit jantung.
Selain itu, yoga juga dapat meningkatkan konsentrasi, menguatkan otot, menekan stres, dan bisa memberi kamu postur tubuh yang lebih baik.

6. Chair Leg Raise

Jenis olahraga ini hanya bisa dilakukan di pusat kebugaran, dan lebih cocok apabila pria yang melakukannya, tetapi tidak ada salahnya apabila dilakukan juga oleh wanita.
Kamu bisa bertanya detail mengenai tata cara melakukan gerakan ini kepada instruktur yang memang sudah ahli di bidangnya.


7. Jogging

Lakukan aktivitas aerobik moderat, seperti jalan cepat sekitar 150 menit per minggu, atau jogging setidaknya 75 menit per minggu sebagai olahraga untuk mengecilkan perut kamu. Ingatlah bahwa dibutuhkan rata-rata 10.000 langkah per hari.
Sementara untuk mencegah penambahan berat badan dibutuhkan 15.000 langkah. Penurunan berat badan sebaiknya dilakukan secara perlahan, sekitar 1-2 kilogram per minggu.

8. Bicycle Exercise

Kamu tidak punya sepeda untuk berolahraga dengan tujuan mengecilkan perut? Coba saja Bicycle Exercise. Alat utama yang kamu butuhkan hanyalah matras dan kemauan, tanpa keduanya gerakan yang kamu lakukan tidak akan efektif atau berdampak positif terhadap tubuh nantinya.
Pertama, berbaring di atas matras tipis, kemudian ambil posisi seperti sit up. Angkat lutut sebelah kanan, kemudian temukan atau tempelkan dengan sikut sebelah kiri. Lakukan bergantian dengan sisi lain, dan terus lakukan perulangan sampai kamu kira cukup.

Nah, itulah ulasan tentang 8 Pilihan Olahraga untuk Mengecilkan Perut. Apabila penjelasan di atas ada yang kurang jelas, atau kamu ingin memberikan kami rekomendasi selanjutnya harus membuat artikel apa, silahkan comment di bawah ya gais. Semoga bermanfaat...

BACA JUGA:
KOMENTAR

0 comments