Friday, 30 June 2017

Waspadai! 7 Penyebab Sering Ngantuk Berlebihan

Mengantuk memanglah hal yang sering dialami oleh banyak orang, bahkan setiap orang. Kurangnya tidur pada malam hari sering dijadikan alasan oleh banyak orang.

Memang mengantuk adalah hal yang alamiah dan wajar, tapi jika terus berlangsung selama kamu beraktifitas itu dapat mengganggu performa kamu.
Kurang tidur, makan siang yang terlalu banyak atau pun stres merupakan kondisi atau penyebab yang memicu ngantuk yang berlebih. Mengantuk adalah hal yang wajar, namun tidak wajar apabila rasa ngantuk tersebut datang secara terus menerus.

Rasa ngantuk yang umumnya datang pada malam hari dan biasanya disebabkan karena keletihan adalah hal yang wajar. Yang perlu kita kenali saat rasa ngantuk datang secara terus menerus adalah tanda-tanda ketidakwajarannya.

BACA JUGA: 10 Penyebab Keringat Dingin dan Cara Mengatasinya!

Nah, pada kesempatan kali ini Adajerawat.com akan mengulas tentang 7 Penyebab Sering Ngantuk Berlebihan. Yuk simak ulasannya berikut ini.

Berikut 7 Penyebab Sering Ngantuk Berlebihan

1. Obesitas

Orang yang memiliki berat badan berlebih juga sering bermasalah dengan rasa mengantuk yang berlebihan. Hal ini dipengaruhi oleh proses metabolisme dalam tubuh.
Bahaya obesitas ini dikarenakan cadangan lemak dalam tubuh sering membuat tubuh kurang aktivitas sehingga mudah mengantuk.

2. Perubahan Jam Kerja (Shift)

Kamu memiliki jam kerja yang lebih panjang dengan sistem shift? Perubahan jam kerja yang biasanya diganti setiap per minggu ini memberikan reaksi tubuh yang berbeda.
Kamu tidak bisa merubah jam tidur dalam waktu yang sangat cepat, sehingga bisa mengalami masalah dengan jam tidur.

3. Depresi dan Tekanan Mental

Semua orang yang menghadapi tekanan mental atau depresi berpotensi untuk cepat mengantuk. Bahkan jika kamu sering merasa cemas, gelisah dan banyak pikiran maka akan membuat otak memberikan reaksi yang berbeda dari kondisi normal.
Bahkan beberapa pelajar yang sering merasa bosan dan lelah dengan sebuah pelajaran saja bisa mengantuk. Hal inilah yang membuat reaksi tubuh dari perasaan dan emosi diterjemahkan oleh otak menjadi rasa mengantuk.

4. Alergi Makanan

Ada pendapat beberapa dokter yang menyatakan alergi terhadap makanan dapat menyebabkan rasa kantuk yang berlebihan.

5. Sehabis Makan

Makan juga dapat menyebabkan seseorang menjadi mengantuk, penyebab mengantuk setelah makan terjadi karena tubuh memerlukan energi untuk memproses makanan, hal ini biasa terjadi jika kamu terlalu makan banyak.

6. Dehidrasi

Dehidrasi timbul karena tubuh kehilangan banyak cairan. Hal ini terjadi setelah olah raga (kondisi tubuh kurang cairan). Jarang terjadi pada olahragawan yang mempunyai tubuh yang nutrisinya selalu terpenuhi.

7. Penyakit Jantung

Ketika jantung kamu mulai kurang baik bekerja dalam bekerja, kamu akan mudah sekali merasa lelah. hal ini bisa saja menjadi penyebab mengantuk berlebihan. ketika anda tidak mengalami gejala penyebab mengantuk berlebihan yang lain sebaiknya perisakan kesehatan jantung kamu.

Nah, itulah ulasan tentang 7 Penyebab Sering Ngantuk Berlebihan. Apabila penjelasan di atas ada yang kurang jelas, atau kamu ingin memberikan kami rekomendasi selanjutnya harus membuat artikel apa, silahkan comment di bawah ya gais. Semoga bermanfaat...

BACA JUGA:
KOMENTAR

0 comments