Tuesday, 1 August 2017

18 Akibat Mengkonsumsi Gula Berlebihan! Wajib Baca

Siapa yang tidak mengenal gula. Gula banyak digunakan sebagai bahan tambahan penyedap masakan, atau sekedar pemanis pada minuman. Konsums gula yang dianjurkan untuk masuk ke dalam tubuh kita dalam jangka waktu satu hari adalah 90 gram atau kira- kira setengah cangkir saja.
Ketika kamu mengkonsumsi gula lebih dari takaran itu, maka dapat dipastikan anda mengkonsumsi gula secara berlebih. Konsumsi gula secara berlebihan, apabila hanya dilakukan 1 atau dua hari saja mungkin tidak masalah.

Namun yang akan menjadi masalah adalah, ketika kamu mengkonsumsi gula secara berlebihan, dan itu sudah menjadi gaya hidup kamu. hal ini akan menyebabakan munculnya banyak sekali gangguan kesehatan yang disebabkan oleh konsumsi gula yang terlalu banyak dan berlebihan didalam diri kamu yang akan menyebabkan gula darah tinggi juga.

BACA JUGA: Lakukan 5 Cara Ini Saat Bayi Tumbuh Gigi

Nah, pada kesempatan kali ini Adajerawat.com akan mengulas tentang 18 Akibat Mengkonsumsi Gula Berlebihan! Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Berikut 18 Akibat Mengkonsumsi Gula Berlebihan!

1. Menyebabkan Kecanduan Gula

Ternyata tidak hanya alcohol dan juga rokok yang dapat menyebabkan terjadinya kecanduan. Beebrapa penelitian menyebutkan bahwa ternyata gula pun bisa menyebabkan munculnya kecanduan bagi pengkonsumsinya.
Hal ini dapat terjadi apabila si konsumen tersebut terlalu banyak mengkonsumsi gula. Gula yang terlalu banyak dikonsumsi akan menyebabkan terjadinya gangguan berupa kecanduan terhadap gula.

Ketika seseorang sudah terjangkit kecanduan akan gula, maka hal ini malah akan menyebabkan konsumsi gula menjadi semakin bertambah, yang akan menyebabkan resiko dan juga bahaya akibat konsumsi gula berlebih menjadi semakin bertambah.

2. Menimbulkan Efek Beracun bagi Hati

Selama ini mungkin kita mengetahui bahwa hati merupakan salah satu organ yang sanga penting di dalam tubuh karena berfungsi untuk menyaring racun yang masuk ke dalam tubuh. salah satu zat yang sudah kita ketahui dapat merusak fungsi hati adalah alkohool. 
Namun demikian, ternyata tidak hanya alkohol. Gula, apabila dikonsumsi dan masuk ke dalam tubuh dalam kadar yang berlebihan dan juga tidak wajar akan menyebabkan kerusakan dalam hati, karena dapat menimbulkan racun bagi hati.

Hal ini terjadi terutama ketika kita mengkonsumsi gula dalam jumlah berlebihan dan dalam jangka waktu yang sangat lama serta teratur.

3. Menyebabkan Kerusakan pada Gigi

Sejak kecil, kamu pasti sudah sangat sering mendengar kata-kata ini, bahwa gula dapat menyebabkan sakit gigi dan gigi berlubang. Ya, hal ini memang benar adanya. Konsumsi gula, terutama gula yang berlebihan dapat menyebabkan banyak sekali masalah kerusakan pada gigi.
Beberapa masalah kerusakan pada gigi yang paling banyak muncul penyebab gigi berlubang dan juga karang pada gigi. Hal ini terjadi, terutama ketika kita amengkonsumsi gula secara berlebih, namun tidak membersihkan bagian rongga mulut dan juga gigi dengan baik.

Sehingga gula menempel apda gigi dan menyebabakan gigi mengalami kerusakan, seperti gigi berlubang dan juga mengalami kemunculan karang gigi yang dapat mengganggu, karena menimbulkan rasa yang sakit dan juga tidak nyaman bagi penderitanya.

4. Terjadinya Diabetes

Kamu tentu saja sudah sangat sering mendengar istilah penyakit yang satu ini. Ya, diabetes. Diabetes merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia. Sudah banyak sekali korban yang kehilangan nyawanya akibat penyakit diabetes.
Biasanya bahaya diabetes itu sendiri menyerang disertai dengan beberapa komplikasi penyakit lainnya, sehingga semakin menjadi berbahaya bagi kondisi kesehatan. Diabetes, meskipun beberapa merupakan bagian dari keturunan dan juga genetika, biasanya juga diperparah dengan asupan gula yang tidak normal, dan mengarah ke berlebihan.

Ketika konsumsi gula menjadi berlebihan, maka bukan tidak mungkin anda akan mengalami kemunculan gejala-gejala dari penyakit diabetes ini.

5. Menyebabkan Munculnya Jerawat

Tinggi kandungan gula dapat menyebabkan jerawat juga. Paling tidak hal ini diungkapkan oleh beberapa penelitian yang mengungkapkan bahwa kandungan glikemik yang tinggi bisa saja menimbulkan jerawat-jerawat yang cukup banyak.
Bahkan terkadang jerawat yang mucnul bukanlah merupakan jenis jerawat biasa, banyak jerawat parah yang muncul ketika seseorang mengalmi kelebihan asupan gula di dalam tubuhnya.


6. Meningkatkan Resiko Munculnya Penyakit Jantung

Ketika kamu mengkonsumsi gula berlebihan, maka kamu juga harus siap dengan resiko yang akan dihadapi. Salah satu resiko yang mungkin dapat muncul adalah munculnya penyakit jantung dan serangan jantung.
Hal ini berkaitan erat dengan kerusakan pada jantung yang diakibatkan oleh tingginya kandugnan gula di dalam tubuh akibat konsumsi gula yang berlebihan. Serangan jantung ini tentu saja dapat menyebakan banyak sekali dampak buruk, terutama yang paling buruk adalah dampak kematian.

7. Kemungkinan Terjadinya Depresi

Masih dari penelitian yang sudah dipublikasikan, ternyata tinggi kandungan gula bisa menyebabkan depresi. Apabila gula dikonsumsi secara normal, mungkin akan memberikan efek yang menenangkan dan juga rileks.
Namun demikian, ketika konsumsi gula menjadi sangat berlebihan dan tidak terkontrol, ternyata malah akan menimbulkan gejala depresi. Jadi berhati-hatilah anda yang sering mengkonsumsi gula berlebih tiap harinya, karena dapat mengalami kemungkinan depresi yang tinggi.

8. Obesitas dan Kegemukan

Yap, ini merupakan salah satu dampak yang paling sering muncul akibat kelebihan asupan gula di dalam tubuh. Obesitas alias kelebihan berat badan ini merupakan manifestasi dari kondisi lemak akibat gula berlebih di dalam tubuh.
Gula berlebih akan menumpuk dan menjadi lemak tubuh yang apabila tidak dikeluarkan dengan segera tentu saja akan menyebabkan munculnya gejala obesitas, alias menyebabkan kegemukan yang tidak wajar.

Disebut tidak wajar, karena kegemukan yang melanda adalah kegemukan tidak sehat, yang terdiri dari banyak sekali kandungan lemak, yang tentu saja akan menyebabkan munculnya gangguan kesehatan, seperti yang sudah pernah dibahas pada point-point sebelumnya diatas.

9. Merusak Jantung

Asupan gula yang berlebihan memang membahayakan tubuh. salah satu dampak dan jug abahaya dari asupan gula yang berlebihan bagi tubuh adalah terganggunya fungsi dari organ tubuh. salah satu organ tubuh yang fungsinya dapat terganggu ketika anda mengkonsumsi gula secara berlebihan adalah jantung kamu.
Ya, fungsi dan juga kinerja jantung kamu akan menurun ketika kamu mengkonsumsi gula secara berlebihan. Apabila dibiarkan dan tidakditangani, hal ini akan menyebabkan jantung anda menjadi rusak dan tentu saja tidak berfungsi secara normal dan tidak dapat berfungsi dengan baik.

10. Meningkatkan Jumlah Lemak

Banyak sekali orang yang sangat pduli dengan kadar lemak di dalam tubuhnya. Karena memang, kadar lemak yang terlalu tinggi di dalam tubuh akan menyebabkan munculnya banyak sekali gangguan kesehatan yang dapat membahayakan tubuh.
Nah, salah satu hal yang dapat memicu kemunculan dan tertimbunnya lemak di dalam tubuh ini adalah gula. Ya, konsumsi gula yang berlebihan akan sangat membahayakan, karena dapat meningkatkan timbunan dan juga kandungan lemak yang ada di dalam tubuh.

Kandungan lemak berlebih yang ada di dalam tubuh ini nantinya akan menyebabakan banyak sekali gangguan kesehatan yang tidak anda duga sebelumnya, yang tentu saja sangat berbahaya dan akan mengganggu kehidupan anda sehari-hari.

11. Berat Badan Bertambah

Menjadikan tubuh banyak beraktifitas merupakan solusi terbaik diet. Jadi bukan hanya makanan saja yang di jaga tetapi keringat juga di usahakan untuk keluar. Kamu harus menahan makanan yang memiliki kalori tinggi, yaitu makanan dengan rasa sangat manis.
Pada tahun 2013 terdapat 68 studi yang berbeda menemukan bukti bahwa penurunan berat badan dengan beraktifitas dan melakukan diet gula dapat memaksimalkan dapat berjalan dengan maksimal.

Ingin menurunkan berat badan? Mulailah sekarang kurangi asupan gula berlebih dalam tubuhmu.

12. Membuat Gizi Tidak Seimbang

"Makanan tinggi gula menggantikan seluruh makanan (misalnya, minuman ringan menggantikan susu dan konsumsi jus pada anak-anak) dan ikut berperan dalam gejala kekurangan gizi," merupakan catatan sebuah study dari American Heart Association.
Dalam studi dari 568 10-year-olds, jika  asupan gula meningkat, asupan nutrisi penting menurun. Dan dalam studi tahun 1999.

Peneliti dari Departemen Pertanian Amerika menemukan bahwa ketika orang mendapat 18% atau lebih dari kalori gula mereka, mereka masih kurang asupan folat, kalsium, zat besi, vitamin A, dan vitamin C.

13. Mengakibatkan Tekanan Darah Tinggi

Hipertensi biasanya berhubungan dengan makanan asin, bukan makanan penutup, tapi mengkonsumsi banyak gula tambahan memang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

Dalam satu penelitian berikutnya, 4.528 orang dewasa tanpa riwayat hipertensi, mengkonsumsi 74 atau lebih gram gula setiap hari dan  tekanan darah tinggi mereka naik.
Dalam studi lain yang sangat kecil hanya 15 orang, peneliti menemukan bahwa minum 60 gram fruktosa menimbulkan tingginya tekanan darah setelah dua jam.

Study ini mungkin terkait dengan fakta bahwa mencerna fruktosa dapat menghasilkan asam urat, namun sebagai salah satu meta analisis data menyimpulkan sehingga study lebih besar perlu dilakukan

14. Mengakibatkan Penyakit Ginjal

Kesimpulan sementara bahwa soda dan gula berlebih dapat menyebabkan penyakit ginjal. "Temuan menunjukkan bahwa konsumsi soda bergula dapat menyebabkan kerusakan ginjal," pungkas salah satu penelitian terhadap 9.358 orang dewasa.
(Hanya pada mereka yang minum dua atau lebih soda per hari) Tikus yang diberi asupan soda manis yang berlebih saat diet tinggi gula, menyebabkan ginjal yang membesar dan mengalami kerusakan.


15. Mengakibatkan Kanker Pankreas

Sejumlah study telah menemukan bahwa diet tinggi gula berhubungan dengan risiko sedikit lebih tinggi dari kanker pankreas. Kanker pakreas adalah salah satu kanker yang paling mematikan di dunia.
Obesitas dan diabetes, dapat meningkatkan kemungkinan seseorang terjangkit kanker pankreas.

Namun, satu studi besar yang diterbitkan dalam International Journal of Cancer membantah hubungan antara peningkatan asupan gula dan risiko kanker meningkat, sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut.

16. Mengakibatkan Penyakit Gout

Gout adalah penyakit dimana pergelangan sendi membengkak, jenis yang paling sering di ketahui masyarakat adalah gout arthritis. Gout memiliki tingkatan yang disebut purine, dan ketika tubuhmu sedang beristirahat mereka turun, menghasilkan asam urat.
Penumpukan asam urat inilah yang sering menyebabkan gout. Asam urat juga merupakan hasil dari metabolisme fruktosa, dan sekarang penelitian baru yang menyebutkan bahwa terlalu banyak gula bisa menyebabkan penyakit Gout.

"Konsumsi gula manis minuman ringan dan fruktosa sangat erat terkena risiko gout pada pria" kesimpulan studi tahun 2008 dengan ribuan pasien yang dilaksanakan lebih dari satu dekade.

17. Penurunan Kognitif

Obesitas dan diabetes merupakan faktor penurunan kognitif dan Alzheimer, sehingga tidak mengherankan bahwa peneliti mulai menemukan hubungan antara kelebihan gula dan kondisi kognitif.

Tetapi alasan kemungkinan hubungan antara diet tinggi gula dan demensia masih belum jelas.
Apakah ada hubungan dengan diet? Apakah hubungan antara diabetes dan Alzheimer saja? Satu studi baru-baru ini menemukan tikus yang memiliki diet tinggi lemak dan gula bisa gairah emosional membosankan dan berkontribusi terhadap gangguan memori.

18. Kecanduan

Tidak semua dokter setuju dengan kata "kecanduan makanan”. Ketika kamu pernah membaca buku diet, mungkin hal itu menjadi wajar. Dan ada bukti juga bahwa tikus bisa menjadi tergantung pada gula, sehingga tidak menutup kemungkinan manusia akan berperilaku yang sama.
"Dalam beberapa keadaan, akses intermiten gula dapat menyebabkan perilaku dan perubahan neurokimia yang menyerupai efek dari penyalahgunaan zat gula dalam tubuh" catatan salah satu studi yang menemukan tikus dengan pola makan yang sangat banyak.

Nah, itulah ulasan tentang 18 Akibat Mengkonsumsi Gula Berlebihan! Apabila penjelasan di atas ada yang kurang jelas, atau kamu ingin memberikan kami rekomendasi selanjutnya harus membuat artikel apa, silahkan comment di bawah ya gais. Semoga bermanfaat...

KOMENTAR

0 comments