Wednesday, 16 August 2017

20 Buah-Buahan yang Sangat di Anjurkan untuk Ibu Hamil

Secara umum, buah-buahan memang memiliki manfaat bagi siapapun yang mengkonsumsinya. Begitupula bagi ibu hamil, berbagai jenis buah justru disarankan untuk dikonsumsi terkait dengan periode tertentu pada masa kehamilannya.
Hal ini terlepas dari manfaat buah yang secara umum memang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil di usia kandungan berapa saja. Buah-buahan memang memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Mengkonsumsi buah-buah setiap hari memang sangat dianjurkan sebagai penenuhan nutrisi tubuh yang juga hanya bisa didapat dari buah-buah itu sendiri. Oleh karena itu, janganlah pernah ragu untuk mengkonsumsi buah-buah secara rutin dan teratur setiap harinya.

BACA JUGA: 10 Cara Alami Menghilangkan Alkohol di Dalam Tubuh

Nah, pada kesempatan kali ini Adajerawat.com akan mengulas tentang 20 Buah-Buahan yang Sangat di Anjurkan untuk Ibu Hamil. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Berikut 20 Buah-Buahan yang Sangat di Anjurkan untuk Ibu Hamil

1. Buah Naga

Meski mungkin banyak orang yang beranggapan bahwa buah naga merupakan buah larangan bagi ibu hamil, namun ternyata dugaan tersebut tidaklah benar.
Berbagai kandungan dalam buah naga justru akan sangat bermanfaat bagi ibu hamil apabila dikonsumsi secara teratur dan tidak berlebihan, diantaranya zat besi, karoten, karbohidrat, folat, serat, dan lainnya.

Bahkan dengan manfaat buah naga untuk bayi, mengkonsumsinya justru sangat dianjurkan bagi ibu hamil yang mengalami anemia. Hal ini dikarenakan kandungan zat besi yang terdapat dalam buah naga dapat membantu pembentukan sel darah merah di dalam tubuh.

Selain itu, kandungan karoten dalam buah naga juga dapat membantu untuk menyempurnakan indera penglihatan janin selama dalam kandungan seperti halnya manfaat wortel untuk ibu hamil.

2. Cherry

Berbagai kandungan yang dimilikinya sangat bermanfaat bagi sang ibu dan janinnya, seperti zat besi, kalium, tembaga, mangan, dan lainnya.
Manfaat yang bisa diperoleh bagi ibu hamil yang mengkonsumsi cherry, diantaranya membantu untuk melancarkan sistem pencernaan dan membuat kulit bayi sehat dan putih. Jadi, bagi kamu yang menginginkan bayi berkulit putih, cobalah untuk mengkonsumsi buah cherry.

Selain itu, buah cherry juga bermanfaat untuk memperlancar aliran darah serta berperan sebagai garnis bagi makanan yang hendak dikonsumsi oleh ibu hamil sehingga akan mampu merubah mood sang ibu menjadi senang ketika sedang makan.

Dengan kata lain, buah cherry akan membantu meningkatkan nafsu makan sang ibu sehingga apabila Ibu mempunyai nafsu makan yang baik, maka nutrisi yang diperlukan olehnya dan juga bayi yang ada dikandungannya akan dapat terpenuhi dengan baik.

3. Alpukat

Berbagai macam kandungan dalam alpukat, seperti asam folat, vitamin B kompleks, serta kalium, akan dapat membantu untuk menjaga kesehatan ibu dan janin.
Ketiga kandungan tersebut akan sangat membantu dalam perkembangan otak janin dan tulang belakang janin. Selain itu, alpukat juga dapat mengurangi gejala mual yang biasanya dialami oleh sang ibu.

Sedangkan kandungan lainnya yang dimiliki alpukat, seperti kalsium, manvaat vitamin C, manfaat vitamin E bagi ibu hamil, dan K, akan membantu proses pembentukan tulang janin, memperkuat tulang sang ibu, menghasilkan hormon prolaktin (sebagai pengontrol emosional sang ibu sehingga mengurangi potensi ibu hamil cepat marah).

Dan pembentukan sel darah merah. Di samping itu, alpukat juga merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan lemak rendah.

4. Strawberry

Banyak orang sudah mengetahui manfaat strawberry bagi ibu hamil karena kandungan yang terdapat di dalamnya, seperti asam folat, kalium, asam ellagic, vitamin B, dan C, akan membantu menjaga kesehatan ibu dan bayi secara umum.
Yang mana, khususnya dengan kandungan vitamin C tinggi yang dimiliki oleh strawberry dapat berperan sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas.

Selain itu, kandungan asam folat dan vitamin B-nya dapat mencegah anemia pada ibu hamil karena membantu pembentukan sel darah merah serta perkembangan sistem saraf, terutama bagi janin.

Sedemikian sehingga mencegah resiko bayi terlahir cacat tabung saraf, mencegah kelainan jantung pada bayi baru lahir, dan mencegah lahir dalam kondisi prematur. Ditambah lagi, strawberry dapat membantu untuk menjaga kadar kolesterol dan sistem pencernaan sang ibu.

5. Jambu Air

Berbagai kandungan yang dimilikinya, seperti serat, vitamin A, dan C, akan membantu memperlancar sistem pencernaan sang Ibu, termasuk membantu penyerapan zat besi.
Selain itu, kandungan vitamin B3 dan B6-nya dapat membantu untuk meningkatkan serta merangsang kecerdasaan otak janin yang masih berada di dalam kandungan. Kandungan air yang tinggi pada jambu air juga akan mencegah ibu mengalami dehidrasi karena kekurangan cairan dalam tubuh.

Di samping untuk memelihara kesehatan organ pencernaan dan ginjal karena proses pencernaan dalam tubuh lancar akibat bantuan air yang mencukupi di dalam tubuh.

Satu peran penting lainnya yang biasanya dibutuhkan oleh ibu hamil ialah mengurangi pembengkakan pada bagi tubuh tertentu sang ibu, seperti kaki, tangan, dan siku. Hal ini dikarenakan efek dingin oleh air yang terkandung dalam jambu air.


6. Kurma

Buah asal Timur Tengah ini sangat terkenal dengan khasiatnya yang mampu menambah energi bagi tubuh karena kandungan glukosa yang dimilikinya mencapai 60-70%.
Sehingga memang cocok bagi ibu hamil yang membutuhkan asupan energi ekstra dalam menjalan aktivitas sehari-hari selama masa kehamilannya.

Selain itu, kurma juga memiliki manfaat dalam meningkatkan rangsangan saraf sehingga turut membantu untuk meningkatkan kecerdasan otak bayi dan mempertajam daya ingatnya karena kandungan vitamin B kompleks, kalium, dan zat besi yang terkandung di dalamnya.

Buah kurma sangat dianjurkan untuk dikonsumsi pada masa tremister akhir menjelang persalinan karena selain dapat membantu memberikan asupan energi, kurma juga dapat membantu untuk memperkuat dinding rahim.

7. Pisang

Kandungan yang baik dimiliki oleh pisang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil sehingga direkomendasikan untuk mengkonsumsinya sebanyak 3-4 buah setiap harinya, sebagaimana direkomendasikan oleh National Institutes of Health.
Salah satu kandungan yang sudah tidak asing lagi dalam pisang ialah asam folat. Yang mana, kandungan ini dapat membantu dalam proses perkembangan saraf dan otak janin selama dalam kandungan sehingga meminimalisir resiko bayi terlahir cacat. Sehingga pisang merupakan salah satu makanan untuk mencegah bayi cacat.

Selain itu, manfaat penting lainnya yang dimiliki oleh pisang bagi ibu hamil ialah dapat mencegah sang ibu terkena anemia. Yang mana, kandungan zat besi yang terdapat dalam pisang dapat membantu pembentukan sel darah merah.

Pisang biasanya memiliki kandungan rata-rata 3% zat besi dalam 225 gram-nya. Ditambah lagi, pisang juga bisa berperan sebagai oralit bagi ibu dan bayi dengan kandungan kalium yang dimilikinya. Kalium juga membantu ibu untuk mengurangi pembengkakan karena kehamilan, sebagaimana telah diteliti oleh American Pregnancy Association.

8. Salak

Salak yang merupakan salah satu buah asli Indonesia ternyata juga bermanfaat bagi ibu hamil karena berbagai kandungan yang dimilikinya.
Salak dapat mengatasi gangguan asam lambung pada ibu hamil yang biasanya mengalami gejala mual dan muntah selama masa kehamilan.

Selain itu, salak juga memiliki kandungan berupa pectin yang dapat membantu perkembangan janin dalam hal membentu kecerdasan dan mempertahankan memori dalam otak. Di samping itu, kandungan pectin ini juga dapat membantu untuk membangun sistem kecerdasan pada janin.

9. Mangga

Buah yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi ibu hamil, di mana mereka sering kali "ngidam" untuk bisa mengkonsumsinya.
Buah manga memang sangat baik bila dikonsumsi oleh ibu hamil, terutama pada trimester awal atau trimester pertama. Berbagai kandungan yang dimilikinya, seperti vitamin A, B6, C, serat, magnesium, dan lainnya, akan sangat baik membantu Ibu hamil, terutama untuk memperlancar sistem pencernaan, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan perkembangan fungsi kognitif pada bayi.

Sementara itu, asam folat dan kaliumnya sangat bermanfaat untuk membantu tekanan darah dan sistem detak jantung, menjadi keseimbangan elektrolit tubuh, meningkatkan sistem kerja saraf dan otot, membantu janin terhindar dari kecacatan, serta membantu dalam produksi sel darah merah, sistem jantung, dan protein untuk DNA janin.

10. Melon

Salah satu fungsi penting dari melon bagi ibu hamil ialah mencegah pembekuan darah yang bisa menyebabkan keguguran dan bayi lahir dalam keadaan cacat. Selain itu, melon juga dapat membantu untuk membentuk sistem kekebalan tubuh pada ibu dan janin karena kandungannya yang kaya akan karotenoid.
Vitamin A dan B kompleksnya juga dapat membantu untuk mendukung kesehatan mata bayi dan mendukung pembentuk sel saraf pusat pada bayi selama dalam kandungan. Namun beberapa resiko yang harus dipertimbangkan apabila ingin mengkonsumsi melon ialah adanya kemungkinan terjadinya kontaminasi dari bakteri listeria dan virus toksoplasma.

Yang mana, bakteri dan virus ini dapat masuk ke dalam melon karena buah melon menempel pada tanah secara langsung. Resiko akibat kontaminasi tersebut, seperti keguguran, kematian ibu hamil, dan bayi terlahir cacat.

11. Buah Semangka

Semangka mempunyai kandungan air yang cukup tinggi. Hal ini menjadikan buah semangka sangat bermanfaat untuk mengatasi dehidrasi.
Buah semangka juga mengatasi pembengkakan pada kaki karena sifatnya yang mampu mengurangi penyumbatan pembuluh darah. Buah semangka ini juga bermanfaat untuk mengurangi morning sickness sama halnya dengan pisang.

12. Jeruk

Salah satu manfaat jeruk untuk ibu hamil adalah untuk menyegarkan dan banyak digemari memiliki berbagai macam kandungan yang baik untuk ibu hamil. Di antaranya folat, asam pantotenat kalium, fosfor, magnesium, kalsium, zat besi, vitamin A, C, B1, B2, dan B6.
Dari berbagai kandungan tersebut, satu yang paling dikenal ialah vitamin C yang dapat membantu sebagai sumber antioksidan bagi tubuh untuk menangkal radikal bebas dan menjaga daya tahan tubuh seperti halnya manfaat daun katuk bagi ibu hamil.

Sedangkan untuk kandungan lainnya seperti folat dapat membantu penyempurnaan sistem saraf janin sehingga terhindar dari resiko terlahir cacat, terutama kecacatan pada sistem saraf seperti pada tabung saraf otak.

Di samping itu, mengkonsumsi jeruk secara teratur setiap harinya, di mana 1 buah jeruk biasanya memiliki kandungan 338 miligram kalium, dapat membantu mengatur tekanan darah sang Ibu yang biasanya mengalami perubahan tinggi-rendah selama masa kehamilan.

13. Buah Delima

Dalam hal ini buah delima yang memiliki kandungan berupa vitamin dan mineral dalam jumlah yang cukup tinggi akan membantu merawat prenatal bagi Ibu hamil sehingga menurunkan resiko bayi lahir dalam keadaan premature.
Selain itu, delima juga memiliki kandungan lain berupa asam folat yang dibutuhkan untuk diet prenatal. Sifat anti-peradangan pada delima yang dijadikan jus (juice) akan dapat membantu untuk melancarkan peredaran darah yang penting untuk pengembangan janin.

Mengkonsumsi delima secara teratur juga akan mengurangi resiko bayi lahir kekurangan berat badan.

14. Pepaya

Buah ini memang memiliki resiko tersendiri apabila dikonsumsi oleh ibu hamil sehingga dokter cenderung menyarankan untuk menghindari mengkonsumsi buah pepaya ini.
Namun apabila dikonsumsi dengan tanda aman, maka pepaya rasanya sah-sah saja untuk dikonsumsi karena juga memiliki kandungan yang bermanfaat bagi ibu hamil. Berikut kondisi-kondisi aman pepaya untuk dikonsumsi oleh Ibu hamil, antara lain:
  • Pepaya yang benar-benar matang. Hal ini dikarenakan pada kondisi tersebut konsentrasi lateksnya sudah banyak berkurang sehingga tidak membayakan bagi ibu hamil. Sebagaimana kita tahu bahwa kandungan lateks yang banyak terdapat pada pepaya yang masih hijau dapat menyebabkan timbulnya alergi, seperti gatal, kulit kemerahan, peradangan, pusing, sakit perut, dan sulit menelan.
  • Pengkonsumsian pepaya harus dalam jumlah sedikit.
  • Pepaya efektif untuk mengatasi radang usus selama kehamilan.
  • Pepaya matang juga mengandung beta-karoten, vitamin A, B, dan C yang dibutuhkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan pertumbuhan janin.
Namun satu pertimbangan lagi yang harus diperhatikan apabila kamu ingin mengkonsumsi pepaya bahwa pepaya dapat menyebabkan potensi keguguran pada kandungan dan mengandung lateks yang bisa menyebabkan timbulnya alergi.

15. Pir

Pir yang kaya akan kandungan asam folat dapat membantu Ibu hamil dalam mencegah gangguan saraf atau resiko bayi terlahir dalam keadaan cacat.
Selain itu, kandungan vitamin C-nya juga bermanfaat untuk daya tahan tubuh sebagai mampu menagkal kuman dan infeksi penyebab penyakit. Buah pir sangat baik apabila dikonsumsi pada trimester pertama.

Selain itu, bauh pir juga merupakan buah yang rendah kalori namun mengandung dua jenis karbohidrat, yaitu fruktosa dan glukosa, yang mampu memberikan asupan energi bagi ibu hamil sehingga tidak tampak lemas dan kurang bertenaga.

BACA JUGA: 10 Cara Alami Menjaga Kesehatan Jantung Agar Tetap Sehat

16. Manggis

Dalam hal ini, manggis akan membantu mencegah bayi lahir cacat karena kandungan asam folatnya serta membantu untuk membentuk jaringan tulang rawan dan sistem tulang janin karena kandungan mangannya.
Manggis sangat baik apabila dikonsumsi pada trimester pertama. Bahkan mangan juga berperan penting dalam membentuk janin yang sehat dan terlindungi dari kanker.

Selain itu, manfaat penting dari manggis bagi ibu hamil ialah dapat mencegah preklamsia, di mana hal ini terjadi karena adanya masalah pembuluh darah yang mengalami tekanan selama kehamilan, pola makan yang buruk, dan riwayat tekanan darah tinggi sebelum hamil.

17. Nangka

Meskipun buah ini memiliki mitos bahwa bisa menjadi penyebab keguguran pada kandungan, namun sebenarnya buah nangka justru memiliki manfaat yang baik untuk ibu hamil.
Seperti kandungan vitamin A dan B3-nya yang dapat membantu untuk perkembangan organ penglihatan (mata) janin, mengatur hormon, meningkatkan kekebalan tubuh (imunitas), dan membantu ibu mengontrol tingkat stres saat hamil.

Tentang resiko keguguran sampai saat ini belum ada bukti ilmiah yang menyebutkan, namun juga tidak ada salahnya untuk berhati-hati dalam mengkonsumsi buah nangka ini ketika sedang hamil.

18. Durian

Mengkonsumsi durian memang sangat riskan bagi ibu hamil karena buah ini sebenarnya memiliki kandungan berupa alkohol di dalamnya yang tidak aman apabila dikonsumsi sedikit banyak oleh Ibu hamil.
Apalagi bagi ibu hamil yang sedang mengalami atau memiliki riwayat penyakit diabetes, maka pengkonsumsian buah durian ini harus dihindari karena dapat mengganggu kesehatan ibu dan janin.

Namun, terlepas dari itu semua, durian yang dikonsumsi secara wajar dan terbatasi sebenarnya tidak akan menimbulkan masalah pada kesehatan ibu dan bayi. Tetapi apabila kamu masih ragu, maka hindarilah atau konsultasikan dengan dokter kandungan.

Hindarilah mengkonsumsi buah durian pada trimester akhir karena dapat meningkatkan resiko keguguran dan bayi lahir dalam keadaan premature.

19. Apel

Berbagai kandungan vitamin yang terdapat pada apel, seperti vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B9, dan C, akan sangat membantu untuk menjaga kesehatan ibu dan janin.

Bahkan apel disarankan untuk dikonsumsi setiap hari, terutama apel hijau yang kandungannya terbilang lebih banyak dan alami daripada apel merah yang biasanya banyak dijual di berbagai supermarket.
Selain vitamin, manfaat buah apel hijau bagi ibu hamil juga karena apel memiliki kandungan serat tinggi sehingga cocok untuk Ibu hamil sebagai pelancar sistem pencernaan.

Ditambah lagi, manfaat buah apel untuk ibu hamil juga karena memiliki kandungan berupa asam malat dan tannin yang bermanfaat untuk mengurangi terjadinya pembengkakan pada bagian tertentu bagi ibu hamil karena kehamilannya, seperti kaki, siku, dan lainnya, serta mengurangi rasa mual yang biasanya menjadi gejala para ibu hamil.

Banyak sekali sebenarnya kandungan lain yang terdapat pada apel untuk menjaga kesehatan ibu dan janinnya sehingga apel disarankan untuk dikonsumsi setiap hari bagi Ibu hamil selama masa kehamilannya, setidaknya 1 buah sehari.

20. Anggur

Tak hanya menyegarkan, manfaat anggur bagi ibu hamil juga karena memiliki berbagai kandungan yang sangat penting bagi ibu hamil, baik bagi kesehatan bumil maupun kesehatan janin.

Kandungan yang dimiliki oleh buah anggur, diantaranya vitamin A, C, dan B1, beta karoten, fosfor, kalsium, zat besi, DHA, magnesium, asam folat, omega 3, dan serat.

Diantara kandungan yang telah disebutkan, salah satunya yang sangat bermanfaat untuk membantu perkembangan otak janin ialah asam folat.
Kandungan ini membantu dalam hal membentuk saraf di otak janin, membantu pembentukan tabung otak bagi janin, dan mengurangi resiko cacat otak saat bayi lahir. Sehingga mengkonsumsi anggur merupakan salah satu cara membuat anak cerdas sejak dalam kandungan.

Selain itu, kandungan folat yang dibantu oleh kalsium juga akan membantu dalam pembentukan tulang dan gigi janin, di samping untuk memperkuat tulang sang ibu.

Namun satu hal yang harus diperhatikan dalam mengkonsumsi anggur ini bahwa pengkonsumsian anggur bagi ibu hamil tidak boleh lebih dari 50 gram setiap harinya.

Hal ini dikarenakan anggur juga memiliki kandungan alkohol di dalamnya sehingga akan sangat berbahaya apabila dikonsumsi secara berlebihan dan sembarangan.

Nah, itulah ulasan tentang 20 Buah-Buahan yang Sangat di Anjurkan untuk Ibu Hamil. Apabila penjelasan di atas ada yang kurang jelas, atau kamu ingin memberikan kami rekomendasi selanjutnya harus membuat artikel apa, silahkan comment di bawah ya gais. Semoga bermanfaat...

BACA JUGA:
KOMENTAR

0 comments