Thursday, 20 July 2017

10 Cara Alami Mengingkatkan Nafsu Makan Kamu!

Ada dua macam gangguan proses makan yang sering dialami oleh seseorang, yaitu terlalu banyak makan (rakus) dan juga kekurangan nafsu makan. Nafsu makan yang menurun kemudian diikuti dengan konsumsi makanan yang menurun akan menyebabkan gangguan kesehatan dan juga penurunan berat badan.
Bahkan pada kasus yang sudah sangat parah (diikuti dengan gangguan kejiwaan) bisa jadi seseorang akan menderita anoreksia. Gangguan makan terjadi ketika ada penyimpangan, kelainan, ataupun penyakit di dalam tubuh seseorang yang menyebabkan seseorang terlalu banyak atau bahkan mengalami kesulitan makan.

Perilaku makan seseorang sangat dipengaruhi oleh lingkungan, sosial, dan juga mental orang tersebut. Jika kamu memiliki gangguan makan, perbaiki pola hidup maupun pola makan agar menjadi lebih sehat.

BACA JUGA: 7 Dampak Buruk Minum Es Bagi Kesehatan!

Nah, pada kesempatan kali ini Adajerawat.com akan mengulas tentang 10 Cara Alami Mengingkatkan Nafsu Makan Kamu! Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Berikut 10 Cara Alami Mengingkatkan Nafsu Makan Kamu!

1. Membiasakan Sarapan Pagi

Sarapan mungkin menjadi salah satu aktivitas yang sangat sulit dilakukan, terutama bagi kamu yang memiliki nafsu makan rendah. Namun, melewatkan sarapan justru akan semakin menurunkan nafsu makan. Tahukah kamu, sarapan pagi akan membuat proses metabolisme di dalam tubuh menjadi lebih lancar.
Dengan kata lain, metode seperti itu akan meningkatkan pembakaran kalori di dalam tubuh sehingga membuat perut lebih cepat merasa lapar.

Alhasil, nafsu makan juga akan meningkat. Kamu dapat memilih beberapa jenis asupan sarapan yang sehat dan bergizi seperti sereal, yoghurt, granola (menu sarapan yang terdiri dari oat, kacang, madu, dan berondong beras lalu dipanggang), buah segar, dan smoothie buah yang sehat.

2. Konsumsi Camilan Sehat

Beberapa jenis camilan sehat seperti buah pisang, alpukat, kacang-kacangan, pop corn, dan beberapa jenis makanan yang mengandung gula dan lemak sehat dapat meningkatkan nafsu makan.
Meskipun makanan tersebut dapat meningkatkan nafsu makan, namun usahakan agar tidak mengonsumsi makanan tersebut ketika mengonsumsi makanan utama. Jadikan beberapa makanan tersebut sebagai pengganti camilan yang biasa kamu makan.

3. Hindari Makanan yang Beraroma Tajam

Beberapa jenis makanan yang beraroma tajam seperti ikan laut dan keju dapat menurunkan nafsu makan (kecuali kamu menyukai makanan tersebut). Makanan dengan aroma yang menusuk akan merangsang saraf untuk tidak menghabiskan makanan tersebut.
Makanan yang disajikan dalam keadaan panas juga akan menimbulkan aroma yang lebih tajam. Oleh karena itu, cara meningkatkan nafsu makan, kamu dapat menyajikan makanan yang hendak disantap dalam keadaan dingin.

4. Konsumsi Makanan yang Memiliki Aroma Harum atau Menyenangkan

Untuk menghasilkan makanan dengan aroma yang harum atau menyenangkan kamu dapat menambahkan daun-daunan bumbu dapur atau rempah-rempah untuk menghasilkan aroma yang menggugah selera makan.
Kayu manis adalah salah satu alternatif bahan tambahan yang secara alami dapat meningkatkan nafsu makan. Daun-daunan bumbu dapur seperti selasih, oregano, thyme, rosemary, dan adas juga dipercaya dapat memberikan aroma yang bisa meningkatkan nafsu makan.

5. Menciptakan Suasana yang Menyenangkan Saat Makan

Suasana ketika makan juga bisa mempengaruhi nafsu makan. Ciptakan suasana makan yang menyenangkan, seperti sambil menonton televisi, memutar musik favorit, atau hal-hal lainnya yang akan memperbaiki mood kamu.
Usahakan agar tidak memperbincangkan hal-hal yang bersifat serius atau mampu menimbulkan stres ketika berada di meja makan. Kondisi semacam itu dapat menyebabkan nafsu makan menurun.


6. Konsumsi Makanan Favorit

Mengkonsumsi makanan favorit dapat menjadi salah satu metode paling efektif untuk meningkatkan nafsu makan. Selama makanan yang disukai adalah jenis asupan yang baik bagi tubuh, maka tidak ada salahnya untuk memilih makanan yang memang disukai tersebut.
Metode tersebut juga sangat efektif diterapkan bagi anak-anak. Memilih asupan yang tepat bagi anak memang tidak mudah karena terkadang asupan gizi yang tepat tidak diimbangi dengan minat anak terhadap asupan makanan tersebut.

Oleh karena itu, kamu harus pintar-pintar mengkreasikan makanan yang dibuat agar lebih bervariasi dan menarik.

7. Penggunaan Piring Berwarna Cerah

Percaya atau tidak, salah satu strategi yang diterapkan di restoran-restoran ternama adalah pemilihan warna piring makan. Ternyata pemilihan warna piring makan sangat mempengaruhi nafsu makan seseorang.
Sejumlah studi menyatakan bahwa warna-warna cerah seperti merah, oranye, kuning, dan toska (turquoise) dapat meningkatkan keinginan seseorang untuk mengonsumsi makanan. Sebagai contoh warna merah, warna ini secara psikologis akan meningkatkan laju pernapasan dan meningkatkan tekanan darah sehingga meningkatkan keinginan untuk makan.

Untuk warna kuning, warna ini dapat meningkatkan konsentrasi sehingga dapat meningkatkan nafsu makan. Peningkatan konsentrasi oleh warna kuning ini juga akan meningkatkan rasa kebahagiaan seseorang.

8. Hindari Stres

Stres merupakan kondisi psikologis yang sering memicu penurunan nafsu makan. Usahakan agar kamu selalu melakukan relaksasi agar terhindar dari stres. Perbanyaklah berkumpul bersama teman karena bisa jadi dengan berkumpul dengan orang-orang terdekat akan membuat kamu lebih banyak tersenyum dan juga tertawa.
Metode semacam itu akan membuat mood kamu lebih baik sehingga nafsu makan juga akan meningkat. Bahkan menurut penelitian, tertawa bisa menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan nafsu makan sebagai pengganti olahraga.

9. Hindari Minum Sebelum Makan

Sebelum makan besar (nasi dan lauk-pauk) usahakan agar kamu tidak minum. Minum akan membuat sensasi kenyang lebih cepat bagi perut sehingga nafsu makan juga akan menurun. Hindari pula makan sambil minum karena akan membuat perut lebih cepat kenyang.
Makan sambil minum atau minum sebelum makan akan membuat perut terasa kenyang lebih cepat padahal porsi makan yang diambil belum habis.

10. Suplemen Vitamin B

Vitamin B merupakan salah satu asupan yang mempengaruhi nafsu makan. Bahkan menurut studi yang dilakukan di University of Chicago menyatakan bahwa asupan kalori oleh anak-anak lebih optimal ketika mereka mengonsumsi suplemen vitamin B.
Selain itu, vitamin B juga dikenal mampu memperbaiki mood seseorang. Metode tersebut juga sekaligus mengurangi tingkat stress dan mampu meningkatkan nafsu makan.

Jadi, untuk kamu yang memiliki gangguan makan karena faktor psikologis seperti stres atau depresi maka kamu dapat meningkatkan asupan vitamin B.

Nah, itulah ulasan tentang 10 Cara Alami Mengingkatkan Nafsu Makan Kamu! Apabila penjelasan di atas ada yang kurang jelas, atau kamu ingin memberikan kami rekomendasi selanjutnya harus membuat artikel apa, silahkan comment di bawah ya gais. Semoga bermanfaat...

BACA JUGA:
KOMENTAR

0 comments