Wednesday, 26 July 2017

8 Cara Aman dan Mudah Mengatasi Cegukan pada Bayi

Bayi kamu sering mengalami cegukan? Cegukan pada bayi memang adalah hal yang sangat umum dan sering terjadi namun juga sering menjadi penyebab bayi rewel. Biasanya ketika kita cegukan maka bisa sangat menganggu dan tidak nyaman.
Namun bayi bisa cegukan lebih sering dan terlihat baik-baik saja. Bahkan bayi juga bisa tidur saat terkena cegukan. Cegukan juga tidak menjadi penyebab bayi menangis terus sehingga sangat mudah diterima oleh bayi. Tapi melihat bayi yang sering cegukan tentu tidak nyaman dan membuat bayi juga tidak mau ceria lagi.

BACA JUGA: Inilah 10 Penyebab Amnesia yang Harus Kamu Ketahui!

Nah, pada kesempatan kali ini Adajerawat.com akan mengulas tentang 8 Cara Aman dan Mudah Mengatasi Cegukan pada Bayi. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Berikut 8 Cara Aman dan Mudah Mengatasi Cegukan pada Bayi

1. Dengan Memberi ASI di Dalam Dot

Beberapa bayi yang baru lahir juga bisa sering cegukan karena terlalu sering menerima ASI dari payudara secara langsung. Ketika bayi menerima ASI dari payudara maka bayi bisa minum dengan cepat sehingga ada banyak udara yang masuk ke dalam saluran pencernaan bayi.
Karena itu kamu bisa mencoba untuk memberikan ASI perah lewat dot. Pertimbangkan untuk menggunakan ukuran dot yang sesuai sehingga bayi juga tidak menghisap udara terlalu banyak. Kemudian bantu bayi agar bisa menghisap susu dengan pelan sehingga cegukan bisa sembuh.

2. Mengelus Punggung Bayi dengan Lembut

Anda juga bisa mencoba untuk mengelus punggung bayi dengan lembut sehingga bayi bisa merasa lebih nyaman. Sentuhan dan tekanan yang sedikit berat pada bagian punggung bisa membantu udara banyak yang masuk ke dalam perut bayi akan keluar.
Saat disentuh atau ditekan halus pada bagian punggung maka bayi biasanya bisa bersendawa sehingga membuat cegukan cepat sembuh. Namun lakukan langkah ini dengan hati-hati yaitu dengan tidak memukul bagian punggung bayi secara berlebihan.

Kamu bisa mencoba untuk menekan saja dengan lembut sehingga bayi tidak kesakitan.

3. Berikan ASI Secara Langsung

Selain beberapa cara itu maka kamu juga bisa mencoba untuk memberikan ASI atau susu formula pada bayi. Salah satu penyebab bayi mengalami cegukan adalah ketika bayi merasa kehausan atau bagian tenggorokan bayi menjadi kering.
Kamu bisa mencoba untuk memberikan ASI secara langsung dari payudara, memberikan ASI perah yang sudah dimasukkan dalam dot dan juga memberikan susu formula dengan dot.

Beberapa ibu juga bisa memberikan susu secara langsung dengan alat atau pipet khusus pada bayi. Lakukan secara hati-hati sehingga susu tidak membuat bayi tersedak.

4. Mencoba Rubah Posisi Menyusui

Jika bayi kamu selalu mengalami cegukan setelah minum ASI secara langsung maka kamu bisa merubah posisi menyusui yang benar. Posisi menyusui yang kurang tepat bisa menyebabkan banyak udara yang masuk ke dalam saluran pernafasan bayi dan membuat bayi menjadi tidak nyaman.
Kemudian cara yang salah ini juga bisa menyebabkan bayi gumoh setelah minum susu. Jadi kamu bisa memilih posisi menyusui yang benar berdasarkan usia bayi, kondisi bayi dan cara yang paling nyaman untuk bayi.

Selain itu bantu menekan sedikit pada bagian payudara ketika menyusui agar alisan ASI tidak terlalu kencang sehingga bayi lebih nyaman untuk minum.

BACA JUGA: 8 Cara Alami Mencegah Serangan Stroke! Wajib Baca

5. Berhenti Sesaat Ketika Memberikan ASI atau Susu Formula

Cegukan sering disebabkan karena bagian mulut bayi menghisap udara terlalu banyak sehingga menyebabkan ada banyak udara yang masuk ke bagian diagfragma bayi. Untuk mengatasi ini maka cobalah untuk berhenti sesaat ketika memberikan ASI atau susu formula.
Cara ini bisa membantu membuang kelebihan udara atau oksigen yang masuk ke dalam perut bayi. Namun kamu harus melakukan dengan hati-hati sehingga bayi tidak menangis akibat tidak menerima ASI atau susu formula secara mendadak.

6. Menegakkan Tubuh Bayi

Kemudian kamu juga bisa mencoba untuk menghentikan cegukan pada tubuh bayi dengan cara menegakkan tubuh bayi sebentar saja. kamu bisa mencoba untuk melihat apakah bayi kamu sudah nyaman dalam posisi tersebut.
Berikan topangan yang lembut pada bagian punggung dan badan belakang bayi. Biarkan kepala bayi bersandar pada bagian bahu kamu sehingga  bayi bisa merasa lebih nyaman.

Kemudian berikan gerakan lembut sambil mengusap punggung bayi. Kondisi ini bisa membuat bayi lebih nyaman sehingga cegukan juga akan berhenti sendiri.

7. Memijat Lembut Alis Bayi

Kamu juga bisa mencoba cara menghentikan cegukan pada bayi dengan memijat lembut bagian alis bayi. Cara ini sangat baik untuk membantu bayi bisa bernafas dengan baik. Pijatan lembut pada bagian alis bayi bisa membuat sensasi yang menyenangkan untuk pernafasan bayi.
Kemudian biasanya bayi bisa merasa lebih tenang dan cegukan akan sembuh sendiri. Tapi jangan terlalu keras saat memijat alis bayi karena syaraf yang lembut pada bayi mungkin sangat sensitif terhadap tekanan.

8. Perhatikan Jika Bayi Sering Menangis

Ketika bayi sering menangis maka bayi juga bisa mengalami cegukan yang lebih sering. Untuk mengatasi ini maka ibu sebaiknya jangan membiarkan bayi menangis terlalu lama. Ketika bayi menangis maka ada banyak udara yang masuk ke dalam mulut bayi dan menyerang ruang pernafasan bayi.
Cara ini kemudian bisa membuat bayi mengalami perut kembung dan  bayi cegukan yang parah. Karena itu jika bayi sering menangis maka jaga agar bayi lebih cepat tenang, jangan sampai bayi menahan lapar terlalu lama dan biarkan bayi merasa tenang ketika di dekat orang tua.

Nah, itulah ulasan tentang 8 Cara Aman dan Mudah Mengatasi Cegukan pada Bayi. Apabila penjelasan di atas ada yang kurang jelas, atau kamu ingin memberikan kami rekomendasi selanjutnya harus membuat artikel apa, silahkan comment di bawah ya gais. Semoga bermanfaat...

BACA JUGA:
KOMENTAR

0 comments