Friday, 14 July 2017

10 Cara Mengatasi Susah BAB dengan Bahan Herbal

Setiap orang pasti melakukan BAB atau buang air besar. Pasalnya, pembuangan fases ini adalah salah satu proses manusiawi yang di lakukan oleh semua manusia. Tidak terpaut usia, baik ia bayi sampai manula.
Buang air besar merupakan proses yang di lakukan dalam rangka pembuangan fases atau sisa sisa makanan yang sudah tidak di gunakan oleh tubuh. Justru, jika fases ini tidak di buang malah akan menyebabkan sakit bagi penderitanya

Namun, tidak semua orang yang mengalami proses pembuangan BAB atau buang air besar ini berjalan lancar. Ada juga beberapa orang mengalami masalah dalam BAB. Misalnya seperti bahaya menahan buang air besar, bahaya tidak lancar buang air besar,  sampai buang air besar telalu lancar sehingga yang keluar bukan hanya fases tapi juga air.

BACA JUGA: 7 Cara Mencerahakn Wajah Secara Alami

Ke dua gejala ini bukanlah gejala yang normal. Sehingga, proses pengeluarannya sangat sakit sekali. Nah, pada kesempatan kali ini Adajerawat.com akan mengulas tentang 10 Cara Mengatasi Susah BAB dengan Bahan Herbal. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Berikut 10 Cara Mengatasi Susah BAB dengan Bahan Herbal

1. Menggunakan Ramuan Pulosari

Pulosari merupakan salah satu tanaman apotik keluarga yang mudah anda dapatkan. Khasiatnya bisa membantu melancarkan pencernaan anda. Sehingga bisa mempermudah buang air besar. Sebelum membuat, perlu di siapkan beberapa bahan.
Misalnya adalah kulit batang pulosari, 3 lembar daun jambu biji, air untuk merebus sebanyak 2 gelas, dan juga adas. Cara membuatnya yakni dengan cara mencuci bersih semua ramuan yang di persiapkan tadi. Kemudian merebus sampai airnya mendidih.

Bahkan sampai air yang ada dalam manci hanya satu gelas saja. Kemudian angkat panci, dan saring kuahnya. Konsumsi setiap hari satu gelas.

2. Air Putih

Untuk mengatasi penyakit susah buang air besar atau sembelit yakni dengan mengkonsumsi air putih yang banyak. Mulailah dengan meminum air putih setiap bagun dan akan tidur. Hal ini akan membantu melancarkan pencernaan kamua.
Selain itu, biasakanlah untuk meminum air putih saja. Sebab air putih ini tidak perlu di cerna oleh bagian pencernaan dan tidak mengandung pengawet. Bahkan banyak konsumsi minuman ini berkhasiat untuk terapi air putih yang baik untuk kesehatan.

Jika anda tidak konsumsi dengan pas, pasti ada bahaya akibat kurang air putih. Namun, perlu di waspadai juga akibat kelebihan air putih.

3. Sayur Hijau

Cara selanjutnya yang bisa di lakukan adalah dengan mengkonsumsi makanan yang di sebut dengan sayur. Merupakan salah satu kebutuhan pokok yang wajib di penuhi. Sayur merupakan makanan yang kaya akan serat.
Misalnya bayam, kangkung, sawi, dan lain sebagainya. Manfaat sayur juga sangat banyak. Karena sayur sangat baik untuk kesehatan tubuh dan untuk melancarkan pencernaan kamu agar tidak susah untuk buang air besar.

4. Konsumsi Buah

Kemudian, untuk memperlancar buang air besar anda perlu juga mengkonsumsi buah. Selain kandungannya yang kaya akan vitamin, buah akan sangat membantu dalam proses pencernaan kamu. Apalagi buah ini sifatnya adalah manis.
Sehingga kamu tidak ragu untuk mengkonsumsinya. Beberapa buah yang di sarankan antara lain adalah apukat, jambu, dan mangga. Masih ada beberapa jenis makanan yang mengandung serat tinggi dan makanan kaya serat alami.

5. Lidah Buaya dan Madu

Cara selanjutnya yang bisa di gunakan adalah dengan menggunakan lidah buaya. Yakni dengan cara menggunakan daun lidah buaya setengah batang. Kemudian siapkan juga madu satu sendok, serta air setengah gelas.
Banyak manfaat madu untuk penderita batu ginjal. Ada banyak ciri-ciri madu asli yang harus diketahui. Cara membuatnya yakni dengan mengupas daun lidah buaya. Kemudian di cuci sampai bersih dan di potong kotak-kotak.

Lalu di seduh dengan menggunakan air panas. Untuk mempernikmat rasa, tambahkan madu secukupnya. Aduk sampai rata dan konsumsi secara teratur. Dosis yang sesuai adalah 2 x sehari tiap pagi dan malam hari.

6. Rebusan Air Akar Bunga Matahari

Bunga mata hari yang cantik itu bisa kamu gunakan pula sebagai bahan untuk mengobati sembelit atau susah buang air besar. Caranya cukup mudah. Yakni dengan menyiapkan akar bunga matahari sebanyak 15 sampai dengan 30 gram. Kemudian air 2 gelas untuk merebusnya.
Cara membuat ramuan ini adalah dengan mencuci bersih akarnya terlebih dahulu. Kemudian di rebus akarnya sampai air mendidih. Hasil rebusan dari bunga matahari tersebut bisa di konsumsi setiap hari

7. Menggunakan Akar Rimpang Temulawak

Apakah kamu tahu akar rimpang? Ya, akar yang bentuknya memiliki serabut banyak. Biasanya akar ini di temukan pada tanaman temu lawak. Sediakan cukup dengan satu buah akar rimpang.

Kemudian gula aren atau gula dari kelapa satu potong. Lalu 3 buah asam untuk rasanya. Serta air untuk mendidigkan bahan.

8. Ramuan Buah Mengkudu

Cara selanjutnya yang bisa di gunakan adalah dengan menggunakan mengkudu. Yakni  buah yang terkenal dengan rasa pahit, namun khasiatnya luar biasa. Buah mengkudu juga di kenal dengan buah pace.
Banyak rahasia kesehatan dari buah mengkudu yang bisa di gunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Cukup sediakan 2 buah mengkudu dan garam. Cara untuk membuat ramuan sembelit ini adalah dengan cara mencuci bersih buah mengkudu yang akan di gunakan. Lalu di parut buahnya.

Kemudian, masukan sedikit garam pada hasil parutan tersebut. Aduk-aduk sampai rata. Lalu hasil parutan tadi di peras, nah ambil bagian airnya. Jangan lupa, untuk memeras dengan menggunakan air bersih. Sebab air itulah yang akan di konsumsi.

9. Konsumsi Buah Nanas dan Pepaya

Buah nanas dan pepaya memang salah satu buah yang bisa mengatasi  susah buang air besar. Ke dua buah ini memiliki kandungan kaya serat yang tinggi. Sehingga bisa membantu melancarkan pencernaan anda. Cara untuk membuat ramuan mudah. Cukup siapkan buah nanas dan pepaya.
Cara untuk mengolah yakni dengan mencuci bersih buah nanas dan pepaya. Jangan lupa untuk mengupas dengan bersih ke duanya. Lalu jus ke dua buah tersebeut. Konsumsilah jus buah nanas dan buah pepaya pada saat satu jam sebelum makan atau setelah makan.

10. Kopi

Kopi mengandung kafein yang memberikan banyak manfaat bagi tubuh apabila dikonsumsi dalam batas yang wajar. Beberapa penyakit seperti stroke, penyakit jantung, alzheimer, dan kanker juga dapat dicegah dengan baik.
Selain kafein yang memberikan banyak dampak positif bagi kesehatan. Ternyata, kafein pada kopi juga menimbulkan efek stimulan yang dapat meningkatkan energi, suasana hati, menambah fungsi otak, membangun kecerdasan, serta melancarkan sembelit.

Tentu ini kabar baik bagi kamu yang sekarang sedang menderita sembelit. Pasalnya, stimulan alami yang hadir karena kafein sangat membantu kinerja sistem pencernaan, sehingga masalah sembelit yang menimpa kamu saat ini bisa jauh-jauh pergi.

Nah, itulah ulasan tentang 10 Cara Mengatasi Susah BAB dengan Bahan Herbal. Apabila penjelasan di atas ada yang kurang jelas, atau kamu ingin memberikan kami rekomendasi selanjutnya harus membuat artikel apa, silahkan comment di bawah ya gais. Semoga bermanfaat...

BACA JUGA:

KOMENTAR

0 comments