Wednesday, 19 July 2017

10 Cara Menghilangkan Kantung Mata Panda Secara Alami

Banyak di kalangan masyarakat khusunya bagi mereka pekerja keras yang hampir lebih dari 10 jam untuk berkerja sehingga merelakan untuk mengurangi tidur, kebanyakan dari mereka memiliki kantung mata yang hitam atau yang biasa disebut dengan mata panda.
Terkadang dengan adanya kantung mata yang hitam yang mengelilingi lingkaran kedua mata membuat seseorang itu terlihat tidak segar dan tidak jarang mereka menjadi kurang pede untuk keluar rumah.

BACA JUGA: 5 Cara Mudah dan Alami Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Minyak Kelapa

Nah, pada kesempatan kali ini Adajerawat.com akan mengulas tentang 10 Cara Menghilangkan Kantung Mata Panda Secara Alami. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Berikut 10 Cara Menghilangkan Kantung Mata Panda Secara Alami

1. Mentimun

Mentimun dingin dapat dijadikan obat alternatif yang alami untuk mengurangi dan mengobati kantung mata. Di dalam mentimun terkandung enzim dan beberapa sifat alami yang dapat membantu mengurangi terjadinya peradangan sekaligus dapat membantu mengencangkan kulit.

Penerapan mentimun pada wajah dapat membantu mengurangi timbulnya keriput maupun lingkaran hitam di sekitar mata. Adapun caranya antara lain adalah :
  • Potong-potong buah mentimun dengan irisan tebal.
  • Dinginkan hasil irisan tersebut dalam lemari es selama 10 menit.
  • Terapkan irisan dingin mentimun tersebut pada kelopak mata selama sekitar 10 menit atau sampai mentimun menjadi hangat.
  • Ulangi hal tersebut selama beberapa kali sehari.

2. Putih Telur

Kandungan putih telur dapat membantu untuk mengencangkan kulit sehingga dapat menghalau timbulnya kantung mata serta dapat membantu mencegah timbulnya keriput. Caranya adalah:
  • Siapkan 2 butir telur, lalu pisahkan untuk diambil bagian putihnya saja
  • Kocok putih telur beberapa saat hingga bertekstur kaku
  • Tambahkan beberapa tetes witch hazel, yaitu sebuah zat yang dapat membantu mengencangkan kulit secara alami.
  • Terapkan adonan tersebut di daerah bawah mata dengan menggunakan bantuan sikat atau bisa juga dengan kain yang lembut dan biarkan hingga engering
  • Diamkan selama 15 menit.
  • Ulangi terapi tersebut beberapa kali sehari.
  • Putih telur juga merupakan makanan pembentuk otot tubuh yang cepat karena kaya protein.

3. Kentang

Kentang juga memiliki fungsi yang sama dengan mentimun dalam menghilangkan timbulnya kantung mata atau mata bengkak. Sari pati yang terkandung dalam kentang memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi timbulnya kantung di area bawah mata.

Selain itu, kentang juga dapat menjadi cara menghilangkan kantung mata hitam dan memudarkan timbulnya lingkaran di bawah mata. Caranya adalah:
  • Kupas dan cuci beberapa buah kentang yang berukuran sedang, lalu keringkan
  • Parut kentang tersebut dan tempatkan hasilnya pada sebuah kain bersih untuk membungkusnya nanti.
  • Terapkan kain yang berisi parutan kentang tersebut pada kelopak mata dan diamkan selama beberapa menit.
  • Ulangi pengobatan ini beberapa kali sehari hingga bengkak atau kantung mata menghilang

4. Air Dingin atau Es

Melewati malam dengan begadang atau kurang tidur dapat mengakibatkan pembengkakan pada daerah di bawah mata atau sering disebut dengan kantung mata.

Air yang dingin atau air es dapat membantu untuk mengatasi gangguan tersebut, yaitu dengan membantu menyempitkan pembuluh darah untuk mengurangi terjadinya pembengkakan. Adapun langkah yang bisa diambil antara lain adalah:
  • Bilaslah atau cuci wajah dengan beberapa menggunakan air es dingin. Lakukan hal tersebut beberapa kali setiap harinya.
  • Langkah lainnya dalah dengan mengompres daerah mata yang mengalami pembengkakan atau kantung mata dengan menggunakan es yang telah dibungkus dengan menggunakan kain atau handuk. Ulangi pengobatan ini hingga kantung mata menghilang.
  • Meskipun baik untuk mengatasi kantung mata, namun bahaya minum air es kurang baik bagi kesehatan.


5. Garam

Cara lain untuk mengatasi timbulnya kantung mata serta mengurangi terjadinya pembengkakan pada mata adalah dengan menggunakan air panas yang dicampur dengan garam.

Air garam dipercaya mampu membantu menyingkirkan retensi cairan dalam tubuh dengan cara yang mirip dengan osmosis. Adapun langkah-langkahnya antara lain adalah:
  • Campurkan ½ sendok teh garam dapur ke dalam mangkok yang berisi 1 liter (4 gelas) air hangat.
  • Ambil kapas lalu rendam ke dalam air yang telah bercampur garam tadi.
  • Terapkan kapas pada kelopak mata dan diamkan selama beberapa menit.
  • Ulangi terapi ini beberapa kali sehari.

6. Lidah buaya

Kandungan antioksidan dan vitamin E yang terdapat dalam tanaman lidah buaya sangat efektif untuk membantu mengurangi timbulnya pembengkakan di sekitar mata. Serta dapat mengurangi timbbulnya keriput dan garis-garis halus di wajah.
Dengan menerapkan gel lidah buaya pada area di bawah mata akan dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan flush cairan di sekitar mata, sehingga hal ini dapat mengurangi timbulnya pembengkakan di daerah sekitar mata.

Pada saat menerapkan gel sebaiknya harus dilakukan dengan sangat hati-hati agar tidak terkena mata. Kita juga dapat menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung gel atau ekstrak lidah buaya jika tidak dapat menemukan gel lidah buaya yang murni.

7. Wortel

Makanan yang mengandung vitamin A dan vitamin C ini, juga mampu untuk membantu mengatasi timbulnya kantung mata maupun menyamarkan lingkaran hitam di daerah sekitar mata dengan efektif. Cara menghilangkan kantung mata dengan wortel yaitu:
  • Ambil beberapa wortel lalu cuci, kupas, serta potong kecil-kecil.
  • Haluskan potongan wortel tersebut dengan menggunakan blender.
  • Terapkan wortel yang telah halus tersebut pada daerah kantung mata dan diamkan selama 10 hingga 20 menit.
  • Bilas wajah dengan menggunakan air hangat.
  • Lakukan terapi tersebut 2 hingga 3 kali sehari sampai kantung mata menghilang.

8. Mengubah Pola Tidur

Kurang tidur atau terlalu banyak tidur dapat memicu timbulnya kantung mata. Untuk itu, ada baiknya jika kita bisa mengatur jam tidur agar tubuh bisa mendapatkan istirahat yang cukup setiap harinya. Para ahli kesehatan telah merekomendasikan lamanya waktu tidur yang baik bagi seseorang adalah sekitar 8 jam perharinya.
Dan ketika kita sedang mengalami gangguan dengan timbulnya kantung mata, sebaiknya kita ubah posisi tidur yaitu dengan memposisikan kepala lebih terangkat dari biasanya.

Hal ini bertujuan untuk memperlancar peredaran darah ke bagian kepala serta untuk membantu menghentikan penumpukan aliran darah di sekitar mata yang dapat menyebabkan timbulnya kantung mata.

9. Mnegkonsumsi Air Putih

Air merupakan salah satu metode termudah untuk cara menghilangkan kantung mata. Dengan mengkonsumsi air putih yang cukup, akan membantu tubuh untuk tetap terhidrasi dengan baik, sehingga hal tersebut akan memberikan retensi air yang dapat menyebabkan daerah bawah mata dan bagian lain dari tubuh membengkak.
Selain itu, air juga dapat membantu pengeluaran racun dari dalam tubuh. Agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik, setidaknya seseorang harus mengkonsumsi 8 hingga 10 gelas air setiap harinya.

Selain itu, ia juga harus mengurangi konsumsi garam untuk mengurangi retensi air dalam tubuh. Menghindari konsumsi minuman yang mengandung bahaya kafein dan bahaya minuman soda juga akan sangat membantu menghindarkan tubuh dari dehidrasi.

10. Sendok Dingin

Menggunakan sendok dingin merupakan salah satu obat rumah sederhana yang sangat efektif untuk menghilangkan kantung mata, yaitu dengan membantu memperketat kulit di sekitar mata serta mengendurkan pembuluh darah.

Hal ini dapat membantu mengurangi bengkak maupun mata yang terlihat lelah. Berikut ini tips mengatasi kantung mata dengan sendok dingin:
  • Simpan 5 hingga 6 buah sendok dalam lemari es selama 10 hingga 15 menit.
  • Tekankan bagian bulat sendok (kepala sendok) ke daerah mata secara perlahan selama beberapa menit hingga sendok menjadi hangat.
  • Setelah sendok hangat, ganti dengan sendok yang baru dari dalam lemari es.

Nah, itulah ulasan tentang 10 Cara Menghilangkan Kantung Mata Panda Secara Alami. Apabila penjelasan di atas ada yang kurang jelas, atau kamu ingin memberikan kami rekomendasi selanjutnya harus membuat artikel apa, silahkan comment di bawah ya gais. Semoga bermanfaat...

BACA JUGA:
KOMENTAR

0 comments