Thursday, 27 July 2017

10 Dampak Buruk Mengkonsumsi Garam Berlebihan!

Garam merupakan salah satu bumbu perasa yang paling digemari. Tak heran bila hampir setiap menu masakan terkandung garam di dalamnya. Garam sendiri adalah suatu mineral yang terdiri dari natrium klorida (40 persen natrium dan 60 persen klorida).
Garam penting bagi tubuh, tetapi bukan berarti garam harus dikonsumsi secara berlebih. Meskipun memiliki peran yang sangat penting dalam penambah cita rasa pada tiap-tiap masakan, namun demikian, kita juga tetap harus memperhatikan konsumsi dan asupan garam di dalam tubuh kita.

Tentu saja mengkonsumsi garam secara berlebihan dapat menimbulkan berbagai efek samping, yang mengarah kepada bahaya bagi kesehatan dan juga bagi keseluruhan tubuh kita. Apa saja bahaya dari konsumsi garam berlebih?

BACA JUGA: 10 Cara Alami Menghilangkan Jerawat Kecil-Kecil di Wajah

Nah, pada kesempatan kali ini Adajerawat.com akan mengulas tentang 10 Dampak Buruk Mengkonsumsi Garam Berlebihan! Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Berikut 10 Dampak Buruk Mengkonsumsi Garam Berlebihan!

1. Menyebabkan Pembengkakan Jantung

Pembengkakan jantung ini memiliki kaitan yang sangat erat dengan apa yang kita kenal dengan penyakit kardiovaskuler. Pembengkakan jantugng ini terjadi karena adanya kondisi yang dikenal dengan nama hipertrofi ventrikel kiri.
Atau pembesaran pada otot yang membuat ruang pompa udara menjadi semakin tertekan dan sempit. Hal ini disebabkan juga oleh karena asupan garam dan juga natrium yang berlebihan, sehingga menyebabkan seseorang mengalami hal tersebut. 

2. Terjadinya Retensi Cairan

Bahaya kelebihan asupan garam berikutnya adalah menyebabkan terjadinya retensi cairan. Retensi cairan merupakan kondisi dimana air akan terserap habis, oleh zat natrium, sehingga tubuh akan mengalmai kekurangan air.
Ini akan menyebabkan tubuh kita menjadi dehidrasi. Penyerapan air yang berlebihan ini akan menyebabkan asupan cairan di ddalam tubuh kita akan menjadi sangat berkurang, dan menyebabkan kit amenjadi sulit berkonsentrasi, mudah merasa cepat lelah, lemas, dan mengalami halusinasi serta banyak gangguan kesehatan lainnya.

Kamu pasti sudah sering mengalami hal ini, terutama ketika kamu mengkonsumsi makanan yang terlalu asin, seperti keripik dan gorengan.

Maka anda pasti akan merasa sangat haus dan tenggorokan terasa sangat kering, bahkan apabila garam yang terkandung dalam makanan terlalu banyak, dapat menyebabkan tenggorokan dan rongga mulut menjadi terluka karena terlalu kering. 

3. Menyebabkan Gangguan pada Ginjal

Garam yang dikonsumsi secara berlebihan ternayata jga dapat mempengaruhi kinerja dari organ ginjal kita. nah, ketika konsumsi garam menjadi berlebih dan menjadi sangat tinggi, hal ini akan menyebabkan organ ginjal menjadi bekerja extra keras dan bekerja lebih berat.
Apabila hal ini terjadi terus menerus, dan berjalan dalam jangka waktu dan siklus yang teratur serta panjang, maka hal ini akan menyebabkan terjadinya kerusakan pada organ ginjal kita. hal ini tentu saja akan membuat munculnya penyakit ginjal, yang terparah adalah munculnya penyakit ciri-ciri gagal ginjal.

4. Menyebabkan Peningkatan Sekresi Air Empedu

Sekresi air empedu merupakan salah satu proses yang alami terjadi. Namun demikian, ketika asupan garam di dalam tubuh meningkat dan berlebihan, maka sekresi air empedu ini akan meningkat dan menjadi tidak terkontrol.
Bahaya dari sekresi air empedu yang meningkat ini adalah dapat meningkatkan densitas darah, yang ujungnya dapat menyebabkan menurunnya vitalitas tubuh.

Selain itu, meningkatnya sekresi air empedu juga dapat menyebabkan bibir menjadi mudah terasa kering dan juga mudah mengalami pendarahan atau hanya sekedar berdarah.

Nah, jika kamu mulai merasakan gejala tersebut, maka kemungkinan anda terlalu banyak mengkonsumsi garam.


5. Terjadinya Gejala Osteoporosis

Banyak menganggap bahwa osteoporosis hanya terjadi pada usia lanjut dan juga terjadi akibat kekurangan kalsium saja. Hal ini mungkin ada benarnya. Namun demikian, ternyata ada hal lainnya yang dapa tmenyebabkan munculnya osteoporosis pada diri manusia.
Ternyata, konsumsi garam yang berlebihan dapat menyebabkan tubuh kehilangan mineral-mineral tulang, yang tetu saja dapat memicu bertambah parahnya atau memicu kemunculan gejala osteoporosis.

Hal ini menjadi topic pembahasan pada penelitian terhadap wanita yang sudah mengalami menopause, yang menyimpulkan bahwa ketika konsumsi garam tinggi, osteoporosis akan menjadi lebih mudah muncul dan bertambah parah gejalanya.

6. Dapat Menyebabkan Kerontokan Rambut

Ternyata tidak hanya berpengaruh terhada kesehatan organ dalam tubuh saja, seperti organ pencenraan dan juga jantung, namun konsumsi garam dan juga natrium yang berlebihan dapat mempengaruhi kondisi kesehatan organ luar tubuh.
Salah satunya adalah pada bagian rambut kamu. Konsumsi garam yang berlebihan pada manusia akan menyebabkan gangguan dan juga permasalahan pada rambut. Hal yang paling umum terjadi pada rambut adalah terjadiny amasalah kerontokan rambut dan juga munculnya uban pada rambut.

7. Menyebabkan Darah Tinggi

Bahaya konsumsi garam berlebih yang pertama adalah dapat menyebabkan tekanan darah tinggi alias hipertensi. Bagi kamu yang mungkin memiliki bakat hipertensi (dimana kebanyakan penderita hipertensi adalah faktor genetica dan keturunan), maka anda perlu berhati-hati.
Hipertensi akan menyebabkan anda menjadi mudah merasa lemas dan juga pusing, serta menyebabkan tubuh kamu akan menjadi terasa sangat tidak nyaman. Tidak hanya bagi kamu yang memiliki bakat hipertensi, bagi anda yang tidak memiliki bakat riwayat hipertensi pun wajib berhati- hati.

Karena konsumsi garam berlebihan juga akan menimbulkan hipertensi meskipun anda tidak memiliki bakat penyakit hipertensi ini.

8. Menimbulkan Penyakit Kardiovaskuler

Penyakit kardiovaskuler merupakan jenis penyakit yang berkaitan dengan kinerja dari jantung kita. tentu saja penyakit kardiovaskuler merupakan salah satu jenis penyakit dan gangguan kesehatan yang dapat membahayakan.
Nah, ternyata salah satu penyebab dari munculnya gejala penyakit kardiovaskuler ini adalah karena konsumsi garam yang berlebih. Satu penelitian menyebutkan bahwa mereka yang memiliki gangguan kesehatan hipertensi atau darah tinggi.

Yang mau mengurangi asupan garam mereka sehari – hari mampu menurunkan resiko mengalai penyakit kardiovaskuler sebanyak 25% dalam kurun waktu 10 hingga 15 tahun.

Hal ini sangat membuktikan bahwa asupan garam berlebih, hipertensi atau tekanan darah tinggi sangat berpotensi menyebabkan munculnya gejala kesehatan penyakit kardiovaskuler.

9. Dapat Terjadinya Stroke

Garam merupakan salah satu mineral yang dapat meningkatkan potensi stroke pada manusia. Ya, beberapa penelitian mengatakan apabila seseorang mampu mengurangi konsumsi dan juga asupan garamnya paling tidak sebanyak satu gram saja sehari, maka hal ini dapat mengurngi resiko munculnya stroke sebanyhak 1 per 6 kalinya.
Jadi, sudah jelas, apabila kamu ingin terhindar dari munculnya gejala penyakit stroke, maka kamu harus bisa mengatur asupan garam dan juga natrium yang masuk ke dalam tubuh kamu.

10. Dapat Menyebabkan Kematian

Dari keseluruhan bahaya yang ditimbulkan oleh kelebihan asupan garam did alam tubuh diatas, dapat disimpulkan bahwa beberapa bahaya tersebut dapat membawa manusia ke dalam bahaya yang auh lebih besar lagi, yaitu bahaya kematian.
Hipertensi, stroke, gagal ginjal, dan bberapa gangguan kesehatan lainnya akan dapat dengan mudah membawa kita ke dalam jurang kematian, terutama apabila kita tidak menyadari gangguan kesehatan yang ada pada diri kita, serta berusaha untuk mengobati dan mencegah kemunculan gangguan tersebut.

Nah, itulah ulasan tentang 10 Dampak Buruk Mengkonsumsi Garam Berlebihan! Apabila penjelasan di atas ada yang kurang jelas, atau kamu ingin memberikan kami rekomendasi selanjutnya harus membuat artikel apa, silahkan comment di bawah ya gais. Semoga bermanfaat...

BACA JUGA:
KOMENTAR

0 comments