Monday, 10 July 2017

Inilah 6 Cara Ampuh Mengatasi Bayi yang Sering Menangis

Mendengar bayi menangis terus-menerus mungkin akan membuat kamu merasa panik dan tertekan. Mengetahui penyebab tangisan tersebut bisa meredakan sedikit rasa stress kamu.
Selain itu, akan lebih mudah juga bagi kamu untuk mencari cara meredakan tangisan sang buah hati jika kamu mengetahui apa yang membuatnya terganggu.

Bayi menangis karena seperti itulah cara mereka berkomunikasi dan menyampaikan bahwa mereka merasa tidak nyaman atau membutuhkan sesuatu. Misalnya mereka lapar, bahan pakaian yang mereka kenakan terasa gatal, atau mereka tidak suka diletakkan di kursi makan.

BACA JUGA: 10 Cara Mudah Meningkatkan Produksi ASI

Nah, pada kesempatan kali ini Adajerawat.com akan mengulas tentang 6 Cara Ampuh Mengatasi Bayi yang Sering Menangis. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Berikut 6 Cara Ampuh Mengatasi Bayi yang Sering Menangis

1. Berbisik

Membisikkan suara “shhh” dapat menenangkan bayi yang baru lahir karena mirip dengan desingan yang melingkupi dirinya di dalam rahim. Kamu juga bisa menyalakan hair dryer atau kipas angin sebagai pengganti.
Selain itu, jangan ragu untuk berbicara dengan nada tenang pada bayi kamu. Penelitian menyebutkan bahwa nada suara ibu adalah cara paling efektif untuk menenangkan bayi.

2. Memandikan Bayi

Metode ini kerap dipakai dan dianggap berhasil menenangkan bayi yang menangis oleh beberapa ibu-ibu. Alasannya, karena bayi dapat merasa tenang ketika mendengar suara gemericik air.
Selain itu, saat mandi juga, kulit bayi akan bersentuhan dengan air dan kulitmu yang hangat. Kontak kulit ini bisa juga membuatnya lebih tenang. Meski begitu, jangan terlalu sering memandikannya, karena bersentuhan dengan air terlalu sering bisa membuat kulitnya menjadi kering.

3. Pijat Bayi

Sentuhan kulit dengan halus dan menenangkan saat melakukan pijat bayi dipercaya dapat mengurangi tangisan dan membuat bayi tidur lebih baik.
Cukup buka pakaian bayi dan berikan pijatan lembut pada kaki, tangan, punggung, dada, dan wajah. Dengan itu bayi kamu akan tidak menangis lagi.


4. Berikan Dot

Mengisap dot atau jari adalah relaksasi yang baik untuk bayi. Pastikan ini sebagai langkah yang paling ampuh, jika langkah di atas belum berhasil.
Memberikan dot memang cenderung segera menyelesaikan masalah, tapi bukan cara pertama yang terbaik untuk menenangkan bayi kamu dan mencari tahu apa yang mengganggunya.

5. Bernyanyi

Dengan menyanyikan lagu bertempo lambat dengan suara lembut. Tubuh manusia merespons musik dengan cara menyamakan denyut jantung serta indera perasa sesuai dengan tempo musik yang didengar.
Dengan ini bayi kamu akan merasa lebih tenang, dan tidak mudah menangis. Selain itu dengan bernyanyi, bayi akan belajar untuk mendengarkan.

6. Mengajak Bayi Naik Kendaraan

Dengan mengajak si kecil untuk bergerak bisa dijadikan cara untuk menghentikan tangisannya yang tidak kunjung berhenti. Hal ini juga bisa mengingatkannya akan suasana damai ketika di kandungan. Di dalam sana, tubuhnya sudah terbiasa dengan guncangan.
Nah, kamu bisa mengajaknya berkeliling naik kendaraan mengitari area di sekitar tempat tinggalmu. Jika tidak memungkinkan untuk berkendara, kamu bisa menaruhnya di stroller lalu ajak dia menelusuri area rumahmu.

Nah, itulah ulasan tentang 6 Cara Ampuh Mengatasi Bayi yang Sering Menangis. Apabila penjelasan di atas ada yang kurang jelas, atau kamu ingin memberikan kami rekomendasi selanjutnya kami harus membuat artikel apa, silahkan comment di bawah ya gais. Semoga bermanfaat...

BACA JUGA: 
KOMENTAR

0 comments