Monday, 25 September 2017

Inilah 20 Makanan Sehat Bergizi untuk Ibu Menyusui

Ibu menyusui sangat penting untuk mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi. Hal itu dikarenakan makanan sehat untuk ibu menyusui itu bisa membuat ASI ibu menjadi berkualitas dan membuat produksi ASI melimpah.
Tidak hanya itu saja makanan tersebut bermanfaat bagi bayi yang ibu susui. ASI yang berkualitas akan membuat bayi menjadi sehat dan lincah. Bagi setiap ibu yang menyusui tentu ingin memberikan yang terbaik bagi anaknya.

Sudah banyak diketahui jika bayi sampai umur 6 bulan hanya boleh minum ASI, barulah setelah umur 6 bulan sampai dengan umur 2 tahun bayi boleh diberikan MPASI. ASI mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan bayi sehingga pemberiannya harus sampai usia 2 tahun penuh.

BACA JUGA: Cara Tepat Mengatasi Batuk Saat Hamil

Makanan sehat yang dimakan oleh ibu menyusui akan bisa dimakan oleh bayinya juga sebab semua makanan yang dimakan oleh ibu bisa diubah menjadi ASI.

Nah, pada kesempatan kali ini Adajerawat.com akan mengulas tentang Inilah 20 Makanan Sehat Bergizi untuk Ibu Menyusui. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Berikut 20 Makanan Sehat Bergizi untuk Ibu Menyusui

1. Beras Merah

Ibu yang merasa dirinya terlalu gemuk sehabis melahirkan dan menyusui bisa mengganti beras putih dengan beras merah. Diet glukosa bisa digunakan untuk mengurangi berat badan ibu untuk menghindari bahaya obesitas bagi ibu hamil.
Nasi putih selama ini dikenal mengandung glukosa yang tinggi, oleh sebab itulah ibu bisa mengganti nasi putih dengan nasi merah.

Meski rendah glukosa kandungan karbohidrat pada nasi merah sangat tinggi sehingga cukup untuk memberikan energi pada ibu yang menyusui dan tidak membuat ibu bertambah gemuk.

2. Air Putih

Air putih tergolong minuman yang wajib diminum setiap harinya. Bagi ibu menyusui, semua makanan yang baik dikonsumsi saat menyusui tidak akan berkeja secara maksimal jika tidak diimbangi dengan mengkonsumsi cukup air putih.
Hal itu dikarenakan air putih bisa melancarkan oksigen di dalam tubuh manusia. Oksigen diperlukan dalam pemecahan zat makanan yang dikonsumsi oleh manusia. Kekurangan oksigen membuat pemecahan zat makanan di dalam tubuh manusia menjadi lambat.

3. Buah Pepaya

Mengkonsumi buah pepaya setiap harinya baik untuk ibu yang sedang menyusui. Pepaya selain harganya murah juga mudah untuk dijumpai.

Manfaat buah pepaya memiliki gizi dan nutrisi yang banyak diantaranya adalah vitamin E, vitamin B, kalium dan juga enzim yang bernama papain.
Enzim tersebut berfungsi dalam mempercepat dari pencernaan protein di dalam tubuh dan melancarkan produksi ASI ibu. Kalium yang ada di dalam pepaya bermanfaat untuk menghindarkan ibu dari kelelahan.

4. Buah Alpukat

Manfaat dari buah alpukat tidak perlu diragukan lagi. Buah alpukat bermanfaat dalam kecantikan dan juga kesehatan. Kadang ibu yang menyusui tidak mau mengkonsumsi buah alpukat karena kandungan lemaknya yang tinggi.
Anggapan ibu tersebut adalah salah sebab kandungan lemak di dalam buah alpukat bukanlah kandungan lemak jelek.

Alpukat memiliki kandungan lemak yang baik untuk tubuh. Lemak yang baik dalam alpukat tersebut bermanfaat untuk mengenyangkan bayi ketika menyusui.

5. Buah Strawberry

Mengkonsumsi buah dan sayur sangat bermanfaat bagi ibu yang ingin membuat ASI menjadi berkualitas. Salah satu buah buahan untuk ibu hamil yang baik dikonsumsi adalah buah strawberry yang kaya akan vitamin C dan juga kaya antioksidan.
Kandungan vitamin C pada ibu bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun ibu sehingga ibu tidak akan mudah terserang penyakit. Antioksidan pada buah strawberry bermanfaat untuk melindungi ibu dari radikal bebas.

Jika ibu terlindung dari radikal bebas, bayi yang disusuinya pun akan terlindungi dari radikal bebas pula.

BACA JUGA: Inilah Menu Makanan Bayi 6 Bulan Pendamping ASI

6. Pak Choi

Sayuran hijau yang masih sejenis dengan sawi ini mengandung banyak gizi ibu hamil dan nutrisi penting bagi ibu yang menyusui. Salah satu manfaat dari sayuran pak choi adalah menghindarkan ibu dari anemia karena kandungan zat besinya yang tinggi.
Jika ibu anemia, bayi pun rentan untuk terkena anemia. Oleh sebab itu mengkonsumsi pak choi setiap hari dicampurkan dengan sayuran hijau lainnya bermanfaat bagi ibu.

7. Kacang Panjang

Kacang panjang termasuk dalam kacang-kacangan dan termasuk sayuran hijau. Kacang panjang kaya akan protein dan vitamin K. Protein bermanfaat untuk melindungi sel bayi dari kerusakan. Vitamin K juga bermanfaat untuk mempercepat pemulihan luka.
Jika bayi memar karena terbentur atau luka, luka pada bayi tersebut akan lekas sembuh dengan bantuan vitamin K.

Sel bayi masih dalam tahap perkembangan sehingga rentan untuk terkena luka atau kerusakan sehingga membutuhkan makanan yang banyak mengandung vitamin K dan juga protein.

8. Jagung

Jagung muda memiliki kandungan  seperti karbohidrat, protein, kalsium, kalium, vitamin C, vitamin A, vitamin B12, vitamin B15, serat dan juga senyawa. Manfaat jagung manis juga mengandung asam folat yang bermanfaat untuk mencerdaskan bayi.
Untuk ibu yang menyusui, jagung manis bermanfaat untuk menambah produksi ASI ibu. Tambahkan jagung manis ketika ibu memasak sup agar produksi ASI ibu bertambah lancar dan bayi menjadi cerdas.

9. Ikan Salmon

Ikan dipercaya bisa meningkatkan kecerdasan bayi. Salah satu ikan yang jika dikonsumsi oleh ibu bisa menyehatkan dan mencerdaskan bayi adalah ikan salmon.

Ikan salmon kaya akan DHA, DHA tersebut bermanfaat untuk tubuh bayi ibu terutama dalam membantu perkembangan sistem syarafnya.
Memang selama ini ASI telah mengandung DHA, namun DHA yang ada di dalam ikan salmon lebih tinggi dibandingkan dengan ASI. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya ibu menambah tingkatan DHA dalam ASInya dengan mengkonsumsi ikan salmon setiap hari.

10. Yoghurt

Manfaat yoghurt untuk ibu hamil telah banyak diketahui dalam dunia medis terutama untuk organ pencernaan. Yoghurt memabantu usus dalam mencerna makanan dan melancarkan BAB sehingga racun yang ada di dalam usus akan terbuang bersama BAB tersebut.
Yoghurt jika dikonsumsi oleh ibu menyusui sangat bermanfaat sekali, selain rendah lemak yoghurt bermanfaat untuk tulang ibu dan juga tulang bayi. Hal itu dikarenakan produk olahan susu rendah lemak itu banyak mengandung kalsium.

11. Selada

Selada adalah sayuran yang kaya zat besi sebab warnanya yang hijau. Selada juga memiliki kandungan zat flavonoid, serat serta asam folat.
Mengonsumsi selada diakui dapat menjaga daya ibu menyusui serta menghindari ibu dari anemia. Asam folat pada selada berguna untuk kecerdasan bayi serta pembentukan sel darah merah.

12. Jamur

Jamur berguna juga untuk ibu yang menyusui. Didalam jamur mempunyai nutrisi yang komplit. Kandungan yang ada didalam jamur diantaranya yaitu kalsium, natrium, fosfor, magnesium serta kalium.
Khasiat jamur bila dikonsumsi oleh ibu menyusui yaitu ibu bakal terlepas dari pengeroposan tulang. Tidak hanya itu jamur berguna dalam perubahan tulang serta perkembangan gigi bayi yang disusui oleh ibu.

13. Jagung

Jagung muda mempunyai kandungan seperti karbohidrat, protein, kalsium, kalium, vitamin C, vitamin A, vitamin B12, vitamin B15, serat serta senyawa. Khasiat jagung manis juga memiliki kandungan asam folat yang berguna untuk mencerdaskan bayi.
Untuk ibu yang menyusui, jagung manis berguna untuk memberi produksi ASI ibu. Berikan jagung manis saat ibu memasak sup supaya produksi ASI ibu jadi tambah lancar serta bayi jadi cerdas.

14. Kentang

Untuk ibu menyusui yang tidak mau sangat gemuk ibu dapat ganti nasi dengan kentang. Kentang adalah sayuran kaya karbohidrat.
Karbohidrat untuk ibu menyusui bertindak dalam pembentukan daya hingga ibu akan tidak gampang lesu. Begitupula dengan bayi yang disusui ibu, daya pada ibu dapat tersalur pada bayi yang disusuinya.

15. Ikan Tuna

Ikan sejak dulu memang di akui baik untuk kesehatan serta kecerdasan. Oleh karenanya waktu hamil ataupun menyusui ibu diinginkan untuk memberikan ikan di tiap jumlah makannya. Satu diantara ikan yang baik dikonsumsi saat tengah menyusui yaitu ikan tuna.
Ikan tuna kaya dengan kandungan omega-3 serta DHA nya. Kandungan omega-3 serta kandungan DHA pada ikan tuna berguna untuk petumbuhan serta perubahan bayi yang ibu susui.

BACA JUGA: Cara Tepat Mengatasi Batuk Saat Hamil

16. Susu Kedelai

Susu kedelai mempunyai rasa yang enak juga fresh. Di balik kesegarannya susu kedelai memiliki kandungan lemak nabati, protein, anti-oksidan serta kaya vitamin D. Vitamin D yang ada pada susu kedelai berguna untuk bikin bayi, supaya terlepas dari penyakit tulang.
Tidak hanya itu, kandungan vitamin D pada susu kedelai dapat memperkuat tulang ibu serta bayi. Kandungan anti-oksidan tinggi pada susu kedelai berguna membuat perlindungan dari radikal bebas.

17. Tahu serta Tempe

Tahu serta tempe adalah olahan dari kacang kedelai yang kaya protein serta kaya anti-oksidan. Mengonsumsi tahu serta tempe dapat bikin ibu terproteksi dari radikal bebas.
Tahu serta tempe juga kaya protein di mana protein itu dapat melakukan perbaikan beberapa sel ibu yang rusak begitupula dengan bayi yang disusui oleh ibu.

18. Biji Kenari

Biji kenari juga termasuk dalam kacang-kacangan. Kenari kaya akan protein, vitamin E, vitamin B, vitamin C, folat, kalsium, kalium, fosfor dan juga magnesium.
Biji kenari bermanfaat sebagai makanan untuk memperbanyak ASI ibu, menghindarkan ibu dari penyakit tulang dan juga memperbaiki sel di tubuh bayi.

Sel pada tubuh bayi rentan untuk terkena kerusakan sehingga dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi protein kerusakan tersebut bisa diperbaiki.

19. Blueberry

Buah blueberry memang jarang ditemui namun khasiat buah blueberry banyak sekali terutama untuk kesehatan. Blueberry kaya akan vitamin C dan juga antioksidan. Mengkonsumsi segelas jus blueberry setiap harinya bisa meningkatkan sistem imun ibu menyusui.
Sistem imun ibu yang baik bisa menangkal berbagai macam penyakit yang ingin masuk ke dalam tubuh ibu, sistem imun ibu tersebut juga mampu melindungi bayinya dari berbagai macam penyakit. Antioksidan tinggi pada blueberry bisa menangkal radikal bebas yang ada di sekitar ibu.

20. Daging Sapi

Daging sapi juga baik dikonsumsi oleh ibu yang menyusui. Hal itu dikarenakan daging merah sapi kaya akan manfaat zat besi. Ibu yang menyusui dan memiliki bayi rentan untuk terkena anemia. Jika ibu terkena anemia, ibu akan mudah lelah dan mudah stress.
Saat stress produksi ASI ibu akan menurun sehingga bayi tidak mendapatkan cukup ASI. Mengkonsumsi 100 gram daging sapi tanpa lemak setiap harinya bisa memperbaiki kandungan zat besi pada tubuh ibu.

Nah, itulah ulasan tentang Inilah 20 Makanan Sehat Bergizi untuk Ibu Menyusui. Apabila penjelasan di atas ada yang kurang jelas, atau kamu ingin memberikan kami rekomendasi selanjutnya harus membuat artikel apa, silahkan comment di bawah ya gais. Semoga bermanfaat...

BACA JUGA:
KOMENTAR

0 comments