Tuesday, 18 July 2017

Inilah 10 Penyebab Amensia yang Harus Kamu Ketahui!

Amnesia merupakan sebuah kondisi di mana seseorang mengalami yang namanya hilang ingatan dan itu artinya ia kehilangan memori kejadian tertentu serta kesulitan dalam mengingat pengalaman maupun informasi.
Pada umumnya amnesia dapat terjadi ketika seseorang mengalami kecelakaan atau cedera, terutama kalau menyerang bagian kepala sehingga memengaruhi kinerja otak.

Hanya saja, pada beberapa kasus kondisi amnesia bisa saja terjadi secara mendadak dan dapat makin serius atau parah apabila tak segera diatasi. Beberapa orang dengan amnesia pun akan menjadi kesulitan ketika harus melakukan proses pembentukan ingatan baru dengan menerima informasi baru.

BACA JUGA: Inilah 7 Bahaya Infeksi Jerawat Meradang yang Wajib Kamu Ketahui!

Nah, pada kesempatan kali ini Adajerawat.com akan mengulas tentang Inilah 10 Penyebab Amensia yang Harus Kamu Ketahui! Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Berikut Inilah 10 Penyebab Amensia yang Harus Kamu Ketahui!

1. Stroke

Penyakit di mana pasokan darah terhambat untuk bisa menuju otak baik itu dikarenakan pecahnya pembuluh darah atau penyumbatan akan berdampak buruk bagi ingatan penderitanya. Kondisi stroke merupakan gangguan kesehatan kronis yang seharusnya memperoleh penanganan cepat sebelum akhirnya sel-sel pada satu sisi wilayah organ otak mengalami kematian.
Kerusakan sel akan sangat berbahaya bagi penderitanya dan kalau tak segera diatasi, serangan stroke bisa terjadi kapan saja. Pasokan darah harus berjalan lancar demi membawa oksigen serta nutrisi menuju otak serta organ-organ lainnya agar berfungsi secara maksimal. Berikut ini adalah gejala stroke yang bisa membawa pada amnesia jika tak segera mengobatinya:
  • Salah satu sisi mulut akan tampak turun.
  • Salah satu sisi mata akan kelihatan turun.
  • Cara bicara penderita mulai kacau atau tak jelas.
  • Penderita juga ada yang bahkan sama sekali tak mampu berbicara walau dalam keadaan sadar.
  • Lumpuh pada bagian lengan, biasanya di satu sisi saja. Karena hal ini, maka penderita tak mampu membawa/mengangkat lengan.

2. Perubahan Hormon

Berubahnya hormon di dalam tubuh juga mampu menjadi salah satu faktor yang menyebabkan amnesia pada seseorang.
Perubahan hormon mampu memicu kehilangan memori dan risiko semacam ini akan lebih besar ketika wanita sudah mengalami menopause di mana hormon estrogen di dalam tubuh menjadi lebih rendah.

Bukan hanya itu sebenarnya, melainkan hormon kortikosteroid yang tingkatnya cukup tinggi juga akan mengalami penurunan memori. Untuk dapat menangani atau mencegah supaya tidak kehilangan memori hingga serius, cobalah mengonsultasikan dengan dokter agar penanganan yang didapat pun lebih tepat sesuai dengan kondisi kamu.

3. Konsumsi Obat Tertentu

Obat-obatan kimia memiliki banyak efek samping dan salah satu yang berbahaya adalah bila sampai kehilangan memori/ingatan. Ada beberapa jenis obat yang memang terpercaya dalam menyembuhkan penyakit kronis tertentu, hanya saja pemakaian jangka panjang akan berimbas buruk bagi kesehatan otak dan tubuh secara menyeluruh.
Contoh obat yang sebaiknya tak dikonsumsi terlalu sering, terlalu berlebihan dan juga dalam waktu lama adalah obat penenang. Jika kamu sulit tidur atau stress, cobalah untuk mencari cara mengatasi stres secara alami ketimbang menggunakan obat penenang atau obat tidur.

Obat-obatan yang mampu melawan penyakit Parkinson juga harus diwaspadai karena memori bisa hilang dari waktu ke waktu ketika mengonsumsi obat tersebut dalam jangka panjang.

4. Cedera Kepala

Faktor satu ini adalah yang paling kerap menjadi penyebab utama amnesia karena kepala merupakan bagian penting tubuh di mana otak berada.
Ketika cedera kepala cukup serius, maka bisa jadi kepala mengalami gegar otak sehingga bisa berdampak pada kehilangan memori alias ingatan baik secara sementara atau permanen. Contoh cedera pada kepala yang paling umum adalah seseorang yang mengalami kecelakaan dalam bentuk benturan.

Ketika kepala mengalami benturan cukup keras atau terpukul benda tumpul, ada kemungkinan bahwa otak kemudian dapat menjadi kehilangan fungsinya secara maksimal, termasuk mengingat pengalaman dan informasi sekaligus sulit dalam mempelajari informasi-informasi baru nantinya.

5. Trauma Psikologis

Amnesia bukan hanya dapat terjadi ketika seseorang mengalami kecelakaan dalam bentuk benturan atau pukulan saja. Trauma psikologis pun mampu menjadi penyebab yang perlu diwaspadai.
Korban kejahatan seksual adalah salah satu contoh yang cukup banyak terjadi di kalangan masyarakat kita di mana hal ini menimbulkan amnesia.


6. Penyakit Alzheimer

Penyakit ini merupakan sebuah kelainan yang ciri-cirinya antara lain adalah penurunan kemampuan bicara, kemampuan berpikir serta penurunan daya ingat. Bahkan penderitanya juga akan mengalami perubahan perilaku sebagai efek dari gangguan otak secara perlahan maupun progresif.
Untuk mencegah amnesia, maka penyakit Alzheimer ini perlu coba diatasi terlebih dulu.

7. Tindakan Medis Tertentu

Pengobatan medis juga tak selalu aman karena pada dasarnya ada beberapa metode yang berefek samping cukup berbahaya bagi pasien.
Sesudah menempuh kemoterapi, operasi otak, transplantasi sumsum tulang dan radiasi otak biasanya akan ada efek samping berupa penurunan memori. Konsultasikan risiko dan potensi ini dengan dokter bila kamu khawatir.

8. Infeksi

Waspadai infeksi yang bisa terjadi pada otak seperti misalnya HIV AIDS, sifilis dan juga penyakit Lyme yang tak bisa dianggap enteng. Ketika otak sampai terkena infeksinya, maka memori akan terancam menurun dan hilang secara perlahan.
Temui dokter untuk mengonsultasikan tentang cara terbaik dalam mengobati penyakit-penyakit tersebut.

9. Penyalahgunaan Alkohol

Tanpa harus dijelaskan panjang lebar, tentu sebagian besar dari kita sudah pasti tahu bahwa ada bahaya minuman keras bagi kesehatan yang perlu diwaspadai.
Penyalahgunaan alkohol dengan mengonsumsinya secara berlebihan mampu mengakibatkan kerusakan otak yang akan berujung pada amnesia karena terganggunya kesehatan sistem saraf otak. Batasi konsumsinya supaya otak tetap terjaga kesehatannya.

10. Ensefalitis

Kondisi satu ini merupakan sebuah peradangan yang terjadi di jaringan otak lokal maupun seluruhnya. Namun, ensefalitis tidaklah sama dengan meningitis apabila dilihat dari segi proses terjadinya dan penyebabnya.
Meningitis atau radang selaput otak kerap menyertai ensefalilitis yang kemudian disebut dengan meningoensefalitis dan ini akan lebih berbahaya lagi karena meningkatkan risiko amnesia.

Nah, itulah ulasan tentang Inilah 10 Penyebab Amensia yang Harus Kamu Ketahui! Apabila penjelasan di atas ada yang kurang jelas, atau kamu ingin memberikan kami rekomendasi selanjutnya harus membuat artikel apa, silahkan comment di bawah ya gais. Semoga bermanfaat...

BACA JUGA:
KOMENTAR

0 comments