Friday, 29 September 2017

16 Makanan Penguat Kandungan Agar Tidak Keguguran

Keguguran merupakan masalah besar yang akan membuat setiap ibu hamil mengalami hal yang sangat menyedihkan. Bagi wanita yang mendapat keguguran akan menjadi pengalaman buruk yang diingat seumur hidup.
Keguguran akan menyebabkan gangguan kesehatan ibu hamil secara fisik bahkan sampai rusaknya sistem reproduksi, keguguran akan memberikan dampak negatif luar biasa kepada setiap bumil.

Depresi yang dialami wanita gugur kandungannya bisa saja menjadi trauma dan akan butuh waktu yang panjang untuk menyembuhkannya.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Merk Bedak yang Baik untuk Kulit Berjerawat

Nah, pada kesempatan kali ini Adajerawat.com akan mengulas tentang 16 Makanan Penguat Kandungan Agar Tidak Keguguran. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Berikut 16 Makanan Penguat Kandungan Agar Tidak Keguguran

1. Kacang Kedelai

Kacang kedelai adalah salah satu jenis makanan penguat kandungan yang efektif. Kacang kedelai rendah lemak namun di dalamnya memiliki kandungan protein yang tinggi.
Selain kandungan proteinnya yang tinggi, kacang kedelai memiliki zat isoflavon, asam phytic dan zat saponin yang bermanfaat bagi tubuh. Kacang kedelai tidak hanya menguatkan kandungan namun juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyakit kanker, jantung dan pengeroposan tulang.

Untuk menguatkan kandungan ibu hamil bisa mengkonsumsi kacang kedelai yang telah direbus atau bisa juga meminum susu kedelai. Rutinlah mengkonsumsi hasil olahan kedelai agar kandungan ibu hamil semakin kuat dan tidak terganggu.

2. Yogurt

Olahan susu sapi yang satu ini, memang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Selain bermanfaat untuk sistem pencernaan, yogurt bisa dijadikan sebagai salah satu makanan penguat kandungan.
Manfaat yogurt untuk ibu hamil mengandung kalsium dan protein untuk mengoptimalkan perkembangan janin di dalam kandungan. Selain kandungan lebih kuat, ibu hamil juga bisa terhindar dari sembelit dan juga osteoporosis.

3. Udang

Salah satu makanan laut yang bermanfaat untuk menguatkan kandungan adalah udang. Udang memiliki kandungan protein yang tinggi, di dalam 100 gram udang terdapat 20 gram protein dengan tingkat tinggi.
Mengkonsumsi 100 gram setiap hari bisa mencukupi kebutuhan protein dalam tubuh ibu hamil sebanyak 40 persen. Untuk menguatkan kandungan, ibu hamil bisa mengkonsumsi udang sedikitnya 100 gram sehari.

4. Susu Murni

Susu memiliki kandungan protein yang tinggi. Selain tinggi protein, susu juga kaya akan kalsium, sehingga bisa berguna sebagai makanan penguat kandungan.
Disarankan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi susu murni yang telah dipasteurisasi dan disterilkan, Sehingga kandungan bakteri dalam susu tersebut bisa dimatikan dan aman jika dikonsumsi.

Selain itu, susu merupakan bahan utama pembuatan yoghurt, Meskipun kandungan protein уаng terkandung dі dalam susu murni jauh lebih sedikit јіkа dі bandingkan dеngаn yoghurt.

Nаmun asam amino уаng dі butuhkan оlеh tubuh ibu hamil terkandung dі dalam susu murni. Jadi tіdаk ada salahnya јіkа kamu mengkonsumsi susu murni karena memang dapat membantu menguatkan kandungan ibu hamil.

5. Telur

Berbagai macam jenis telur cocok dijadikan sebagai makanan penguat kandungan lemah. Hal itu dikarenakan di dalam telur banyak terdapat gizi ibu hamil, terutama kandungan omega-3 dan protein yang berfungsi untuk menguatkan kandungan.

Jenis telur yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil adalah telur bebek, telur angsa, telur ayam negeri, telur ayam kampung dan berbagai macam telur lainnya. Kandungan protein tertinggi ada pada telur bebek, hal itu bisa ditandai dengan warna kuning telurnya.
Warna kuning telur pada telur bebek lebih pekat dibandingkan dengan telur yang lainnya. Hal itu dikarenakan protein dan kandungan omega-3 nya lebih tinggi.

Untuk telur ayam, 1 butir telur ayam terdapat kandungan protein sebesar 7 gram, kandungan lainnya berupa lemak jenuh sekitar 2 gram.

Untuk menguatkan kandungan bisa menggunakan cara di bawah ini:
  • Rebus telur ( disarankan untuk telur bebek ) sampai matang, jangan dalam kondisi setengah matang. Ibu hamil tidak boleh memakan makanan yang mentah atau tidak matang.
  • Biarkan sampai cangkang telur retak dan telur mengambang di atas air.
  • Konsumsi sehari tiga kali.
  • Kandungan protein dan omega-3 nya bisa menguatkan kandungan ibu hamil.


6. Brokoli

Brokoli bentuknya sama dengan bunga kol, yang berbeda hanyalah warnanya. Brokoli adalah sayuran sehat yang sudah tidak diragukan lagi khasiatnya. Untuk kesehatan dan juga untuk kecerdasan. Brokoli kaya akan kalsium, folat dan juga vitamin C.
Mengkonsumsi brokoli sebanyak 100 gram setiap harinya sangat dianjurkan untuk ibu hamil yang memiliki kandungan bermasalah.

Selain menguatkan kandungan, brokoli juga bisa untuk melawan radikal bebas. Manfaat zat besi yang ada pada brokoli juga bisa mencegah anemia bagi ibu hamil.

7. Kecambah

Kecambah banyak dikenal sebagai makanan agar cepat hamil, digunakan untuk menyuburkan pria dan juga meningkatkan kualitas sperma pria. Ternyata ibu hamil pun boleh mengkonsumsi kecambah, karena terbukti dapat membantu sebagai makanan penguat kandungan alami.
Caranya mengkonsumsinya cukup mudah kita hanya perlu merebus kecambah hingga matang, dan kita bisa makan kecambah dengan di dampingi makanan lainnya, atau di olah sebagai masakan tersendiri.

8. Ikan Segar

Ikan segar baik itu ikan air tawar maupun ikan air laut sama sama memiliki kandungan protein уаng cukup tinggi, ѕеlаіn іtu ikan segar јugа memiliki kandungan omega 3 уаng mеmаng ѕаngаt baik untuk kesehatan kamu јugа janin уаng ada dі dalam kandungan.
Disarankan ibu hamil untuk memperbanyak konsumsi ikan ikanan baik itu ikan air tawar maupun ikan air asin untuk memberi nutrisi yang lengkap untuk janin.

9. Buah-Buahan

Dі awal kehamilan, ѕаngаt penting јіkа ibu hamil menerima asupan buah-buahan. Dimana hаmріr ѕеmuа buah-buahankaya аkаn vitamin C dan bioflavonoid dараt membantu menghambat pertumbuhan fibroid rahim.
Buah-buahan јugа dараt menormalkan kadar estrogen. Jadi pastikan, kamu јugа makan buah-buahan beragam dalam jumlah cukup. Bioflavonoid dalam buah bermanfaat mencegah kanker ovarium dan membantu menjaga kesehatan sistem reproduksi kamu.

10. Ubi Jalar

Riset membuktikan bahwa ubi jalar juga dapat digunakan sebagai salah satu makanan penguat kandungan yang lemah. Ubi jalar banyak mengandung beta karoten, yaitu sebuah kandungan zat yang dapat diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh.
Tidak hanya itu ubi jalar juga memiliki kandungan lain seperti asam folat, serat dan juga mengandung vitamin C. Kandungan-kandungan tersebut bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil dan juga menguatkan kandungan ibu hamil.

11. Tahu

Tahu merupakan lauk yang nikmat sebagai makanan pendamping. Tahu juga terbukti mengandung banyak nutrisi penting yang di perlukan oleh tubuh yang berasal dari kacang kedelai.
Bukan hanya kaya akan nutrisi yang berasal dari kedelai, tahu juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi yang memang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil.

12. Buah Berry

Taukah anda bahwa buah berry juga dapat dijadikan sebagai buah untuk menguatkan kandungan. Hal ini di sebabkan karena dalam buah beri banyak terkandung, vitamin C, asam folat, kalium dan juga serat.
Dengan mengkonsumsi buah berry secara rutin bisa membantu ibu hamil menguatkan kandungan. Jenis jenis buah berry yang dapat dipergunakan sebagai makanan penguat kandungan adalah blueberry dan juga buah raspberry.

13. Madu Bee Pollen

Madu bee pollen merupakan madu yang dicampurkan dengan pollen lebah. Pollen lebah mengandung banyak protein.
Protein yang terkandung dalam pollen lebah  dapat bermanfaat untuk menguatkan kandungan yang lemah. Bee pollen juga kaya akan berbagai vitamin, enzim dan mineral yang juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan ibu hamil.

BACA JUGA: 20 Buah-Buahan yang Sangat di Anjurkan untuk Ibu Hamil

14. Kacang Polong

Satu cangkir kacang polong menyuplai setidaknya sekitar 12-15 gram protein. Namun bukan hanya kacang polong, hampir semua jenis kacang-kacangan juga mempunyai kandungan protein serta serat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh ibu hamil dan janin yang ada di dalam kandungan.
Kandungan protein pada kacang polong membantu ibu menjaga kandungan agar lebih kuat. Dan tidak mudah keguguran.

15. Daging Rendah Lemak

Daging merah atau daging ayam tanpa lemak merupakan sumber protein berkualitas tinggi. Selain itu, daging juga kaya akan kandungan nutrisi lainnya, terutama zat besi.
Asupan zat besi yang rendah selama awal dan pertengahan kehamilan dapat menyebabkan anemia defisiensi zat besi, yang meningkatkan risiko kelahiran prematur dan berat badan lahir rendah.

16. Udang

Salah satu makanan laut yang bermanfaat untuk menguatkan kandungan adalah udang. Udang memiliki kandungan protein yang tinggi, di dalam 100 gram udang terdapat 20 gram protein dengan tingkat tinggi.
Mengkonsumsi 100 gram setiap hari bisa mencukupi kebutuhan protein dalam tubuh ibu hamil sebanyak 40 persen. Untuk menguatkan kandungan, ibu hamil bisa mengkonsumsi udang sedikitnya 100 gram sehari.

Nah, itulah ulasan tentang 16 Makanan Penguat Kandungan Agar Tidak Keguguran. Apabila penjelasan di atas ada yang kurang jelas, atau kamu ingin memberikan kami rekomendasi selanjutnya harus membuat artikel apa, silahkan comment di bawah ya gais. Semoga bermanfaat...

BACA JUGA:
KOMENTAR

0 comments