Wednesday, 2 August 2017

15 Manfaat Air Kelapa Muda untuk Ibu Hamil dan Janin

Fase kehamilan adalah saat yang paling dinantikan oleh seorang wanita, karena anda akan menjadi seorang wanita sempurna setelah berhasil membawa seorang manusia ke muka bumi ini.

Apalagi jika malaikat yang kamu bawa ini adalah buah cinta dengan pasangan, dimana kehadirannya sudah dinantikan oleh banyak orang.
Kamu sebagai ibu hamil tentu akan memberikan nutrisi yang baik untuk janin, sehingga bayi bisa berkembang dengan sempurna dan nantinya bisa lahir dengan baik. Maka dari itu harus sangat selektif dalam memilih makanan, namun disarankan untuk banyak konsumsi air kelapa muda.

Mengapa demikian? Karena ada banyak manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil dan janin, sehingga air kelapa muda tidak hanya baik dikonsumsi saat belum hamil saja.

BACA JUGA: 8 Cara Memandikan Bayi Baru Lahir yang Baik dan Benar

Nah, pada kesempatan kali ini Adajerawat.com akan mengulas tentang 15 Manfaat Air Kelapa Muda untuk Ibu Hamil dan Janin. Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Berikut 15 Manfaat Air Kelapa Muda untuk Ibu Hamil dan Janin

1. Kandungan Vitamin C

Salah satu kandungan penting dari air kelapa adalah kandungan vitamin C yang tinggi. Kandungan vitamin C pada air kelapa muda ini dapat membantu mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin C setiap harinya, terutama bagi ibu hamil.

Buah buah untuk ibu hamil mengandung vitamin C yang berguna bagi tubuh untuk :

  • Menambah imunitas dan daya tahan tubuh.
  • Mencegah dan menangkal berbagai macam penyakit.
  • Sebagai zat antioksidan.

2. Meningkatkan Fungsi Pencernaan

Salah satu kegunaan air kelapa adalah, air kelapa dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan pada ibu hamil.

Biasanya fungsi pencernaan pada ibu hamil akan mengalami gangguan kehamilan seperti pelambatan mencerna makanan, sehingga air kelapa dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaannya.

Apabila fungsi pencernaan terjaga dan tetap fit, maka beberapa gangguan pencernaan dapat dicegah. Gangguan-gangguan pencernaan tersebut antara lain:
  • Diare.
  • Sembelit.
  • Susah buang air besar.

3. Meningkatkan HDL

Air kelapa muda terbukti memiliki khasiat yang baik dalam meningkatkan HDL atau kolesterol baik di dalam tubuh.

Hal ini dapat menekan tingginya angka kolesterol jahat di dalam tubuh, dan dapat membantu mencegah terjadinya penyakit kronis lain yang disebabkan oleh tingginya kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.
Gangguan kehamilan ini juga akan terjadi pada ibu hamil yang memiliki kecenderungan kadar LDL yang tinggi.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Ibu hamil wajib menghindari terjadinya tekanan darah tinggi. Larangan ibu hamil ini memang penting, karena akan berpengaruh pada kondisi kesehatan janin.

Untuk mencegah dan mengurangi tekanan darah tinggi yang terjadi pada ibu hamil, maka air kelapa muda dapat dimanfaatkan sebagai penurun tekanan darah tinggi.
Manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil ini disebabkan oleh kandungan potassium yang terkandung di dalam air kelapa muda alami.

5. Menangkal Serangan Penyakit

Dokter kandungan selalu menyarankan untuk mengkonsumsi makanan sehat dan juga vitamin bukan? Tujuannya adalah mencegah agar anda tidak mudah sakit sehingga menggangu pertumbuhan janin dalam tubuh.

Jika ini terjadi maka akan timbul masalah serius seperti penghambatan proses pertumbuhan beberapa organ tubuh.
Maka dari itu, konsumsilah air kelapa muda karena mempunyai banyak kandungan senyawa asam laurat, ini adalah semacam asam yang berfungsi melawan berbagai jenis penyakit.


6. Kandungan Elektrolit Alami

Elektrolit merupakan salah satu jenis mineral yang dapat membantu anda dalam mengembalikan fungsi cairan tubuh yang hilang selama beraktivitas.

Biasanya kekurangan cairan atau dehidrasi yang dialami tubuh akan terjadi seiring kegiatan yang dilakukan. Hal ini sangat penting bagi ibu hamil, karena dehidrasi pada ibu hamil dapat menyebabkan:
  • Sakit kepala dan pusing.
  • Demam.
  • Kram dan kejang otot.
Selain itu, manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil yang mengandung elektrolit ini, dapat berguna untuk mengurangi kontraksi otot yang terjadi pada saat proses kehamilan berlangsung.

7. Membantu Menjernihkan Air Ketuban

Salah satu alasan Ibu hamil mengonsumsi kelapa hijau mungkin karena ingin bayi yang dilahirkannya mulus. Tapi ada hal lain yang kebanyakan orang belum tau. Mengonsumsi kelapa hijau ternyata dapat membantu menjernihkan air ketuban.
Ada kandungan zat yang terdapat pada ketuban dan bisa membuat air ketuban menjadi lebih jernih karena dapat menyerap lendir maupun kotoran lain yang terdapat pada air ketuban. Untuk itu, bagi para Ibu hamil sebaikya agar lebih sering mengonsumsinya.

8. Terhindar Dari Rasa Mual

Rasa mual pada Ibu hamil memang seringkali dialami. Biasanya ini dirasakan oleh ibu hamil muda. Bagi beberapa orang, rasa mual di pagi hari atau morning sickness sangatlah menganggu aktifitas. Namun hal ini akan hilang sampai usia kandungan sudah menginjak 3 bulan.
Untuk meminimalisir terjadinya mual ketika hamil, sebaiknya mengonsumsi kelapa hijau karena mengandung elektronlit yang dapat mengurangi mual dan tubuh akan terasa lebih segar ketika masa kehamilan.

9. Membantu Memproduksi ASI Yang Lebih Sehat

ASI yang lancar tentu sudah menjadi hal yang paling didambakan para ibu hamil yang akan segera melahirkan. Pasalnya beberapa ibu setelah melahirkan tidak cukup memproduksi ASI sehingga harus menjalani berbagai pengobatan untuk melancarkan ASI.
Agar ASI lancar, sebaiknya ketika masih dalam masa kehamilan harus lebih sering mengonsumsi kelapa hijau karena dapat meningkatkan kompisis asam dan menghasilkan ASI yang lebih banyak.

10. Mencegah Keracunan Pada Ibu Hamil

Masa kehamilan memang sedikit rawan. Oleh karena itu, banyak ibu hamil yang sangat berhati-hati terhadap makanan dan minuman yang akan dikonsumsi. Hal ini karena semakin banyak kasus ibu hamil yang keracunan.
Mulai sekarang, para ibu hamil tak perlu khawatir karena keracunan bisa diatasi dengan banyak mengonsumsi kelapa hijau. Kandungan zat yang terdapat pada kelapa hijau diyakini mampu mengeluarkan racun yang tidak disengaja masuk kedalam tubuh melalui makanan dan minuman.

11. Menghindari Dehidrasi

Wanita yang tengah hamil mempunyai kemungkinan yang besar pada terjadinya dehidrasi. Hal semacam ini dapat dikarenakan banyak hal, umpamanya saja lantaran kerap muntah hingga cairan dalam tubuh banyak yang keluar.
Hal semacam ini dapat menyebabkan tubuh jadi gampang capek serta lemah. Kandungan elektrolit dalam khasiat air kelapa hijau untuk ibu hamil bisa bantu menukar cairan tubuh yang hilang, terlebih semasa kehamilan.

Minum air kelapa hijau yang masihlah muda bisa bantu penuhi keperluan cairan saat tengah hamil, di mana hal itu bakal mensupport penambahan volume darah, pemeliharaan volume cairan amnion serta aliran untuk perubahan janin.

12. Mampu Menangani Stretch Mark

Air kelapa gampang mempunyai khasiat yang baik sebagai anti aging atau anti penuaan di awal. Hal semacam ini dikarenakan oleh karakter dari air kelapa muda yang bisa bantu memperbaharui beberapa sel badan.
Hal semacam ini amat baik dikonsumsi sesudah kehamilan, untuk menangani permasalahan stretch mark di perut.

13. Melindungi Kesehatan Jantung

Kandungan kalium serta magnesium tinggi yang terdapat pada air kelapa muda bisa bantu ibu hamil dalam melindungi kesehatan jantung, seperti serangan jantung serta detak jantung yg tidak stabil. Keadaan ini dapat dibutuhkan untuk ibu hamil untuk melindungi kesehatan janinnya.

14. Menghindari Penyumbatan pada Pembuluh Darah

Khasiat air kelapa muda untuk ibu hamil juga amat berguna untuk menghindari terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah, lantaran memiliki kandungan cholesterol baik yang cukup tinggi. Khasiat ini dapat dapat dirasa oleh siapapun, tidak cuma untuk ibu hamil.

15. Tingkatkan Metabolisme Tubuh

Ibu hamil amat memerlukan metabolisme tubuh yang tinggi. Disinilah peran air kelapa muda bakal merasa. Air kelapa muda bisa bantu tingkatkan metabolisme tubuh, terlebih untuk ibu hamil.
Menimbang banyaknya manfaat air kelapa untuk ibu hamil, tidak ada salahnya jika kamu mengganti kopi dan minuman ringan dengan air kelapa saat menjalani masa kehamilan.

Nah, itulah ulasan tentang 15 Manfaat Air Kelapa Muda untuk Ibu Hamil dan Janin. Apabila penjelasan di atas ada yang kurang jelas, atau kamu ingin memberikan kami rekomendasi selanjutnya harus membuat artikel apa, silahkan comment di bawah ya gais. Semoga bermanfaat...

KOMENTAR

0 comments