Tuesday, 11 July 2017

10 Manfaat Buah Jamblang yang Wajib di Ketahui!

Buah jamblang juga disebut dengan buah duwet atau juwet dalam penyebutannya di daerah Jawa. Orang Minang menyebut buah ini dengan jambu kalang, sedangkan orang Aceh menamakannya sebagai jambe kleng.
Buah jamblang termasuk ke dalam kategori jenis buah jambu. Buah ini memang sudah jarang ditemukan karena tidak banyak orang yang menanamnya, maka bisa katakana sebagai jenis buah yang langka.

Secara penampakan, buah jamblang terlihat mirip seperti buah anggur namun bentuknya lebih lonjong daripada buah anggur. Hal ini juga diperkuat oleh warna buahnya yang berwarna ungu.

Daging buah jamblang berwarna putih dengan bijinya yang kecil dan memiliki warna yang sama. Walaupun bentuk dan ukurannya cenderung kecil, buah jamblang memiliki beberapa manfaat dan khasiat untuk kesehatan.

BACA JUGA: 6 Bahaya Mengkonsumsi Gorengan Bagi Kesehatan

Nah, pada kesempatan kali ini Adajerawat.com akan mengulas tentang 10 Manfaat Buah Jamblang yang Wajib di Ketahui! Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Berikut 10 Manfaat Buah Jamblang yang Wajib di Ketahui!

1. Dapat Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas sangat berbahaya bagi sel-sel tubuh. Fungsi anti oksidan dalam buah jamblang memiliki senyawa antosianin dan polifenol yang bisa mencegah radikal bebas.
Fungsi tersebut juga berhubungan dengan pencegahan penyakit kanker dan membuat kamu terhindar lebih lama dari penuaan dini. Manfaat jamblang sebagai anti penuaan dini bisa membuat kamu terhindar dari penampilan yang terlihat lebih tua.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Buah jamblang juga mampu menjaga sistem imun yang lemah akan membuat kamu sangat mudah untuk diserang virus atau bakteri yang menjadi penyebab penyakit.
Dengan mengonsumsi buah jamblang, daya tahan tubuh atau sistem imun kamu bisa meningkat. Hal ini karena buah ini memiliki vitamin dan nutrisi yang membantu menjaga kekebalan tubuh kamu. Maka dari itu kamu sangat perlu mengkomsumsi buah jamblang dengan rutin.

3. Memperhalus Kulit

Kulit yang halus dan cantik akan membuat kamu menjadi semakin percaya diri. Tidak perlu repot menjalani perawatan dengan biaya yang mahal atau obat-obatan kimia yang berbahaya.
Cukup dengan memakan buah jamblang yang kaya akan vitamin C akan memberikan kamu kulit yang halus dan bercahaya. Manfaat jamblang untuk kulit bisa kamu rasakan jika kamu mengonsumsinya dengan rutin.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah jamblang sarat dengan nutrisi seperti asam ellagic/ellagitannin, anthocyanin, dan anthocyanidins yang dapat memberikan efek anti inflamasi. Senyawa tersebut juga merupakan antioksidan yang dapat mencegah oksidasi kolesterol dan pembentukan plak yang berkontribusi terhadap penyakit jantung.
Selain itu, buah jamblang ini juga merupakan sumber potassium yang cukup tinggi, dimana 100 g porsi buah jomblang mengandung sekitar 55 mg potassium, yang dapat membantu kamu dalam mencegah hipertensi, yang merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung.

5. Mampu Menyembuhkan Jerawat

Bagian biji jamblang dapat digunakan sebagai perawatan alami untuk mengatasi jerawat. Yang perlu kamu lakukan adalah hancurkan biji jamblang dan campurkan dengan susu sapi ke dalamnya. Oleskan ramuan tersebut sebelum tidur dan bilas di pagi harinya.
Penggunaan yang teratur dari ramuan ini dipercaya sangat membantu dalam menyembuhkan dan mencegah jerawat. Maka dari itu kamu rutinlah menggunakan buah jamblang kamu sebagai perawatan untuk wajah kamu. Selain alami, buah jamblang tidak akan menimbulkan efek samping apapun.


6. Baik untuk Penderita Diabetes

Buah jamblang sering digunakan sebagai buah untuk diabetes oleh beberapa praktisi tradisional. Secara ilmiah, buah ini memiliki indeks glisemik rendah, yang menjadikannya sebagai pilihan yang baik untuk para penderita diabetes.
Sebuah studi yang diterbitkan dalam literatur Complement Ther Med tentang efek anti diabetes yang terdapat pada jomblang ini, menunjukkan bahwa buah jamblang memiliki potensi yang signifikan untuk dijadikan sebagai alternatif pengobatan diabetes yang lebih aman.

7. Menurunkan Resiko Terkena Kanker

Penelitian telah menunjukkan bahwa jamblang memiliki aktivitas anti tumor yang dapat menghambat pertumbuhan tumor. Efek ini dipercaya karena adanya kemampuan pada jamblang untuk melawan sel penyebab kanker yang berbahaya.
Ekstrak jamblang juga dapat mencegah penyebaran kanker ke organ lainnya, karena kandungan antioksidan dan antiinflamasinya yang cukup tinggi

8. Dapat Mengobati Asma

Orang yang menderita penyakit asma pasti akan sangat terganggu ketika asma mereka kambuh. Untuk nutrisi sehari-hari, kamu bisa membuat obat alami bagi penderita asma dengan menggunakan buah jamblang. Manfaat ini bisa sangat terasa bagi mereka yang menderita asma.
Jika kamu mengkonsumsi buah jamblang dengan rutin maka penyakit asma yang meimpa kamu tidak akan mengganggu aktifitas kamu sehari-hari.

9. Pewarna Makanan Alami

Warna ungu dari buah jamblang sangatlah alami. Maka tidak heran jika buah ini sering diambil sarinya untuk dijadikan pewarna makanan tanpa bahan kimia. Pewarna makanan dari buah jamblang bisa kamu olah untuk membuat kue dan hidangan lainnya.
Manfaat jamblang yang satu ini sangatlah disukai oleh ibu rumah tangga yang hobi memasak. Karena pewarna makanan alami lebih baik kamu gunakan, daripada menggunakan pewarna makanan yang berbahaya untuk kesehatan tubuh.

10. Membuat Awet Muda

Radikal bebas sangat berbahaya bagi sel-sel tubuh. Fungsi anti oksidan dalam buah jamblang memiliki senyawa antosianin dan polifenol yang bisa mencegah radikal bebas.
Fungsi tersebut juga berhubungan dengan pencegahan penyakit kanker dan membuat kamu terhindar lebih lama dari penuaan dini. Manfaat jamblang sebagai anti penuaan dini bisa membuat kamu terhindar dari penampilan yang terlihat lebih tua.

BACA JUGA:
KOMENTAR

0 comments