Thursday, 13 July 2017

8 Obat Flu Singapura Paling Ampuh untuk Anak dan Orang Dewasa

Flu Singapura atau biasa dikenal juga dengan penyakit kaki, tangan, dan mulut merupakan infeksi menular yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini biasanya menyerang anak kecil tapi bisa juga terjadi pada orang dewasa.
Pengidap flu Singapura biasanya mengalami bintil-bintil air dan luka-luka di sekitar atau di mulut, tangan dan kaki. Tapi, terkadang luka-luka tersebut juga muncul di siku tangan, bokong, lutut, dan lipat paha.

Umumnya, penyakit flu Singapura diawali dengan munculnya demam. Setelah itu, sekitar satu atau dua hari, akan muncul tukak atau luka di sekitar gusi, lidah, dan pipi bagian dalam.

Kondisi inilah yang bisa membuat kamu kesakitan saat minum, makan, atau menelan. Tidak lama setelahnya, ruam muncul di sekitar telapak tangan dan kaki, serta terkadang pada bokong dan selangkangan.

BACA JUGA: 7 Cara Alami Menghilangkan Jerawat di Leher! Wajib Coba

Nah, pada kesempatan kali ini Adajerawat.com akan mengulas tentang 8 Obat Flu Singapura Paling Ampuh untuk Anak dan Orang Dewasa. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Berikut 8 Obat Flu Singapura Paling Ampuh untuk Anak dan Orang Dewasa

1. Air Putih

Obat lainnya yang tergolong sangat sederhana adalah air putih. Ketika tubuh penderita flu Singapura mengalami demam, otomatis ada banyak cairan yang keluar akibat suhu badan meningkat. Ruam dan luka lepuhan pun merajalela di area dalam mulut serta tenggorokan.
Oleh karena itu, minumlah banyak-banyak air putih selama gejala dirasakan. 8-10 gelas atau bahkan lebih bisa menjadi solusi paling aman dan efektif untuk meredakan gejala-gejala tersebut.

Kamu juga boleh mengombinasikan dengan cairan lainnya yang segar, seperti minuman-minuman manis, jus buah, maupun makanan berupa sup alias yang berkuah.

2. Obat Anti Alergi

Ada kalanya dokter juga bakal memberikan obat jenis anti alergi kepada pasien flu Singapura. Obat ini biasanya adalah obat tambahan yang akan memaksimalkan masa pemulihan gejala. Obat anti alergi dapat dipakai agar efek gatal yang diakibatkan oleh luka bisa teredakan dengan baik dan aman tanpa efek samping berbahaya.

3. Jus Mengkudu

Jika ingin menggunakan obat herbal, maka jus mengkudu merupakan salah satu pilihan terbaik karena pada jus ini pada dasarnya memiliki kandungan hipokelemestik. Dengan kandungan tersebut, maka mengonsumsi jus ini menjadi cara meningkatkan daya tahan tubuh pada penderita flu Singapura.
Daya tahan tubuh penderita flu Singapura pada dasarnya akan mengalami penurunan dan untuk membangun imunitas itu kembali dan membiarkannya menjadi aktif, jus mengkudu siap membantu.

Jika imunitas kembali naik dan normal, otomatis kemampuan tubuh untuk melawan virus penyebab flu Singapura pun pasti akan kembali. Ada produk-produk herbal berupa jus mengkudu yang siap minum dan Anda bisa memperolehnya secara lebih mudah.


4. Buah Segar

Buah-buahan segar, terutama buah dengan kadar air tinggi akan dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh para penderita flu Singapura secara aman. Buah dengan kandungan banyak air akan sangat baik untuk meredakan sekaligus mengatasi gejala yang dialami, seperti misalnya pepaya dan semangka.

5. Yogurt

Makanan yang diketahui menjadi salah satu olahan susu ini kaya akan vitamin, kalsium serta protein. Untuk mengobati flu Singapura, kamu bisa menggunakan yogurt dengan mengonsumsinya setiap hari sampai gejala hilang.

Bahkan yogurt pun terkenal baik untuk kesehatan anak-anak, jadi baik penderita anak-anak hingga dewasa tak perlu khawatir lagi karena siapapun bisa mengonsumsinya.

6. Air Kelapa Muda

Banyak orang hanya tahu bahwa air kelapa muda mampu mengatasi masalah keracunan, padahal air kelapa muda juga sangat efektif mengatasi bahaya dehidrasi.

Bahkan sifat antioksidannya juga bisa melindungi tubuh dari beragam penyakit. Penderita flu Singapura, baik anak-anak maupun dewasa bisa mengonsumsi air kelapa muda secara rutin untuk menaikkan imunitas tubuh.

7. Bubur

Ketimbang nasi, penderita flu Singapura lebih dianjurkan untuk mengonsumsi bubur di mana ini tak hanya sekadar mengisi perut tapi juga menjadi obat untuk gejalanya.

Pastikan tidak mengonsumsi bubur yang mengandung santan walau memang bubur kacang hijau diperbolehkan. Bubur nasi maupun kacang hijau sah-sah saja, namun jika memilih bubur kacang hijau, tanpa santan adalah yang paling baik.

8. Obat Sariawan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, salah satu gejala atau keluhan penderita flu Singapura adalah luka mirip lepuhan yang berada di bagian dalam mulut dan pipi. Karena luka lepuhan juga mirip dengan sariawan, maka obat sariawan adalah yang dianjurkan untuk digunakan.
Gel anti nyeri bisa kamu coba beli di apotek terdekat dan kemudian menggunakannya sampai gejala mereda. Gel anti nyeri untuk sariawan atau luka lepuhan biasanya memiliki kandungan zat pati rasa seperti Dibucaine, Lidocaine, dan lainnya.

Obat anti nyeri tersebut cukup bisa menjadi solusi, terutama kalau obat minum tak begitu efektif dalam mengobati gejala flu Singapura. Obat ini juga kiranya dipergunakan ketika gejala luka lepuhan dialami oleh kamu.

Nah, itulah ulasan tentang 8 Obat Flu Singapura Paling Ampuh untuk Anak dan Orang Dewasa. Apabila penjelasan di atas ada yang kurang jelas, atau kamu ingin memberikan kami rekomendasi selanjutnya harus membuat artikel apa, silahkan comment di bawah ya gais. Semoga bermanfaat...

BACA JUGA:
KOMENTAR

0 comments