Friday, 14 July 2017

10 Pantangan Makanan untuk Penderita Vertigo!

Apa yang pernah kamu rasakan saat menaiki roler coster? Atau saat berkendara dalam perjalanan cukup jauh?atau saat pertama kali terkena sarung tinju? Jawaban yang akan banyak muncul adalah kata pusing, mual-mual, teler dan sebagainya.
Keadaan tersebut dapat disebabkan berbagai faktor meski bukan penyebab satu-satunya, dan bila keadaan tersebut sering dialami berkali-kali maka dapat dianggap itu adalah tanda-tanda vertigo.

Vertigo berasal dari bahasa Yunani, Vetere yang berarti berputar merupakan suatu kondisi seseorang mengalami gangguan keseimbangan susunan saraf yang terjadi pada telinga dalam sehingga seperti mengalami pusing atau merasakan di sekelilingnya seolah berputar.

Perasaan tersebut karena dipengaruhi oleh virus, aliran darah ke otak menurun, trauma di kepala, migrain, iskemi sementara (pengaruh obat-obatan dan alkohol), dan kasus epilepsi. Vertigo pada dasarnya bukan merupakan penyakit namun sebuah gejala penyakit yang penyebabnya bervariasi.

BACA JUGA: Wajib Ketahui! Inilah 6 Efek Samping Pil KB

Nah, pada kesempatan kali ini Adajerawat.com akan mengulas tentang 10 Pantangan Makanan untuk Penderita Vertigo! Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Berikut 10 Pantangan Makanan untuk Penderita Vertigo!

1. Jeroan

Jeroan memang sangatlah lezat, apabila diolah seperti soto daging dan sejnisnya. Cuma untuk penderita vertigo, makanan lezat satu ini sangat tidak di anjurkan. Karena dapat mempengaruhi penyakit vertigo pada tubuh kamu.
Memnag bagi masyarakat Indonesia, mengkonsumsi aneka jeroan bukanlah hal yang asing. Jeroan yang diolah menjadi berbagai macam hidangan memang sangatlah nikmat namun kolesterol juga ikut mengintai. Penderita penyakit vertigo wajib menghindari hidangan yang berisikan jeroan.

2. Makanan Bersantan

Masyarakat Indonesia juga terkenal gemar memakan makanan bersantan. Perlu diingat, santan juga dapat menambah kandungan kolesterol dalam tubuh. Apa lagi bagi penderita vertigo yang sangat sensitif tubuhnya. Karena bisa-bisa menambah rasa pusing datang ataupun rasa mual.

3. Gorengan

Makanan yang digoreng juga wajib dihindari bagi penderita penyakit vertigo. Minyak sayur tidak begitu baik untuk tubuh. Kalaupun ingin memakan makanan yang digoreng perhatikan minyak yang digunakan.
Cobalah gunakan minya zaitun ataupun olive oil agar lebih sehat. Atau yang lebih baik tentu makanlah makanan yang direbus atau dikukus. Karena bahaya gorengan bukan hanya untuk vertigo, melainkan juga berdampak untuk kanker.

4. Makanan Manis

Penderita penyakit vertigo juga wajib menghindari makanan yang terlaalu manis seperti cokelat, permen, dan lainnya. Makanan yang terlalu manis dapat menimbulkan kandungan gula semakin tinggi dan mengangganggu kesehatan.
Apa lagi penderita penyakit vertigo memang sedang sensitif dan mudah merasa pusing. Untuk itu kamu wajib sekali menghindari makanan manis, daripada efeknya membuat buruk tubuh kamu. Lebih baik kamu menjaganya dengan baik dengan mematuhi pantangan makanan penderita vertigo.

5. Minuman Dingin

Selain dianjurkan untuk menghindari makanan manis. Penderita vertigo juga tidak haruskan menghindari minuman dingin sekaligus manis. Walaupun minuman manis dan minuman yang dingin, minumlah minuman yang sehat dengan suhu yang standar atau hangat lebih baik.
Minuman manis yang dingin seperti aneka es dapat memicu sakit kepala yang hebat dan datang secara tiba-tiba kemudian berlanjut pada rasa mual bagi penderita penyakit vertigo. Lebih baik kamu mulai sekarang mengkonsumsi air putih hangat.

BACA JUGA: Cara Mencegah agar Wajah Tidak Bopeng Setelah Berjerawat

6. Daging

Penderita penyakit vertigo disarankan untuk menghindari konsumsi daging-dagingan seperti daging merah ataupun daging putih. Mengkonsumsi daging dapat menambah kolesterol dalam tubuh dan memperparah kondisi kesehatan seorang penderita penyakit vertigo.
Biasanya hanya boleh dibatasi dengan jumlah tertentu atau bahkan tidak boleh sama sekali. Tergantung tingkat penyakit. Jika penyakit veetigo kamu sudah parah, dah kamu suka sekali makan daging, kamu akan memperburuk kesehatan kamu.

Bukan hanya penyakit vertigo saja yang akan kamu derita, namun kamu juga akan menderita penyakit lainnya seperti kolesterol.

7. Alkohol Dan Rokok

Alkohol dan rokok menjadi salah satu penyabab seseorang dapat menderita penyakit vertigo. Dan tentu kedua bahan ini sangat harus dihindari untuk tidak dikonsumsi. Terlebih kedua bahan ini memang akan merusak kondisi kesehatan seseorang yang sehat.
Akan lebih memperparah lagi bagi seseorang yang sedang sakit. Misalnya sakit vertigo bisa kambuh dengan cepat dan sering bila mengkonsumsi bahan ini. Untuk menjaga tubuh kamu, lebih baik kamu jauhkan rokok dan alkohol ini.

8. Kopi

Bagi kamu pencinta kopi, dan kamu juga penderita vertigo, lebih baik mulai sekarang kamu kurangi bahkan berhenti mengkonsumsi kopi. Karena kopi mengandung banyak kafein yang tinggi. Bagi penderita penyakit vertigo.
Mengkonsumsi kopi dapat menimbulkan rasa mual akibat lambung yang sedang lemah dan sensitif. Tentu rasa mual tersebut akan memicu kambuhnya vertigo lebih sering. Lebih baik pperbanyak minum air putih bagi penderita penyakit vertigo

9. Nasi

Untuk kamu yang suka sarapan pagi dengan nasi uduk, lebih baik mulai sekarang kamu kurangi bahkan hentikan untuk menjaga kesehatan kamu, dan kamu bisa mengganti kebiasaan sarapan kamu dengan yang lebih sehat, seperti roti atau sayuran rebus.
Karena hidangan yang merupakan olahan nasi seperti nasi uduk dan nasi kuning juga lebih baik dihindari. Kandungan santan dan terlalu banyak rempah-rempah juga dapat memicu kambuhnya vertigo bagi penderita penyakit vertigo.

10. Buah-Buahan Khusus

Bagi penderita penyakit vertigo juga dilarang mengkonsumsi buah-buahan khusus yaitu buah-buahan yang memiliki kulit tebal. Misalnya durian, nangka, dan lain-lain.
Karena buah-buahan berkulit tebal mengandung banyak gula dan kandungan gas yang dapat menganggu lambung. Bila lambung terganggu makan rasa mual akan mudah muncul. Untuk kesehatan kamu lebih baik kamu hindari buah durian dan nangka.

Memang kedua buah tersebut sangat enak rasanya, cuma untuk kesehatan kamu yang lebih baik dan supaya vertigo kamu tidak kambuh lebih baik di hindarkan.

Nah, itulah ulasan tentang 10 Pantangan Makanan untuk Penderita Vertigo! Apabila penjelasan di atas ada yang kurang jelas, atau kamu ingin memberikan rekomendasi selanjutnya harus membuat artikel apa, silahkan comment di bawah ya gais. Semoga bermanfaat...

BACA JUGA:

KOMENTAR

0 comments