Friday, 7 July 2017

Wajib Ketahui! Inilah 10 Penyakit yang Dapat Menular

Pada umumnya, sakit yang diderita seseorang adalah akibat dari virus yang masuk ke dalam tubuh. Penyakit sendiri secara umum ada dua jenis, ada yang tidak menular dan ada pula penyakit yang menular.
Penyakit menular adalah penyakit yang dapat ditularkan atau berpindah dari orang yang sakit ke orang yang sehat atau belum terkena penyakit menular tersebut. Penularan penyakit tersebut dapat terjadi baik melalui perantara maupun secara langsung.

Ada banyak cara terjadinya penularan suatu penyakit. Salah satu media penularan penyakit adalah melalui udara. Penyakit biasanya terjadi karena bakteri atau virus.

Senyawa merugikan ini terbang tertiup udara dan hinggap dari satu penderita ke tubuh orang di sekitarnya, yang mengakibatkan orang itu terjangkit penyakit juga.

Terdapat begitu banyak jenis penyakit yang menular di dunia ini. Ada penyakit menular yang biasa ada juga penyakit menular yang sangat menakutkan.

BACA JUGA: 8 Cara Memandikan Bayi Baru Lahir yang Baik dan Benar

Nah, pada kesempatan kali ini Adajerawat.com akan mengulas tentang Inilah 10 Penyakit yang Dapat Menular. Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Berikut Inilah 10 Penyakit yang Dapat Menular

1. Cacar Air

Cacar air adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus varicella zosteryang menimbulkan bintik kemerahan di kulit yang menggelembung maupun tidak, melepuh, dan terasa gatal. Masa inkubasi virus penyebab cacar ini sekitar 2-3 minggu. Biasanya awal gejala ditandai dengan naiknya suhu tubuh.
  • Cacar air dapat menular melalui kontak langsung dengan penderita. Seperti berjabat tangan, atau bersentuhan langsung dengan gelembung bintik yang pecah.
  • Cacar air juga dapat menular melalui udara. Misalnya, saat penderita cacar bernapas, bersin, atau batuk dan terhirup oleh udara ke arah kita, kita dapat tertular cacar air.
  • Serta elalui barang pribadi penderita, seperti pakaian

2. Tifus

Tifus adalah penyakit infeksi pada usus halus yang disebabkan oleh bakteri salmonella.Biasanya ditandai dengan demam yang suhunya naik secara bertahap hingga membuat pendeita menggigil.

Biasanya demam terjadi di malam hari dan mereda, kemudian akan naik lagi di malam berikutnya. Gejala yang lain dapat berupa  sakit kepala, sakit di bagian perut, denyut jantung menurun, sampai kehilangan nafsu makan.
  • Melalui makanan yang tercemar bakteri salmonella. Ini bisa terjadi karena sumber makanan yang tidak sehat ataupun pembersihan yang tidak baik sebelum bahan makanan tersebut dimakan. Bahkan pada sebagian kasus, ada yang disebabkan menempelnya lalat pada makanan yang sebelumnya hinggap di tinja atau kotoran milik penderita tifus. Akhirnya lalat tersebut menjadi perantara penularan tifus.
  • Melalui tangan dan kuku yang tidak bersih, sehingga tanpa kita sadari bakteri salmonella yang bisa saja terdapat pada tangan dan kuku kita masuk ke dalam mulut.
  • Melalui air yang digunakan untuk minum atau mencuci piring dan gelas dan peralatan makan lainnya. Untuk itulah beberapa ahli mengatakan bahwa bahaya air minum isi ulang wajib diwaspadai.
  • Melalui kulit. Bakteri ini dapat masuk lewat kulit yang terkoyak akibat luka. Bisa luka bekas operasi, terjauth, atau luka lainnya.
  • Tifus juga dapat menular melalui lingkungan yang tidak bersih.

3. Campak

Campak adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus yang termasuk ke dalam golongan paramixovirus. Campak sangat menular. Biasanya gejalanya berupa naiknya suhu tubuh, batuk, nyeri tenggorokan, nyeri otot, hingga ruam pada kulit. Gejala ini muncul sekitar 7-14 hari setelah terinfeksi virus.
  • Campak menular melalui cairan ludah dari penderita ketika batuk ataupun bersin.

4. Hepatitis

Hepatitis adalah penyakit menularyang menyerang organ hati pada manusia. Disebabkan oleh bakteri serta virus dan tidak bersihnya lingkungan sekitar, sehingga menginfeksi hati dan terjadi peradangan.
  • Penularan melalui oral atau masuknya penyebab hepatitis ke dalam saluran pencernaan melalui makanan atau minuman.
  • Melalui cairan tubuh seperti ludah.
  • Melalui kulit, seperti pemakaian jarum suntik bekas, alat tattoo, atau jarum akupuntur bekas penderita.
  • Pemakaian barang pribadi bersamaan, seperti pakaian, dan peralatan makan.

5. Kolera

Kolera adalah penyakit infeksi saluran usus yang akut yang disebabkan oleh infeksi bakteri Vibrio cholerae. Bakteri  dapat masuk ke saluran pencernaan melalui makanan dan minuman yang telah tercemar bakteri ini.

Pada saluran usus, bakteri ini mengeluarkan racunnya sehingga tubuh mengalami diare disertai muntah yang hebat. Sebagai akibatnya, tubuh akan masuk pada tahap dehidrasi dalam waktu yang sangat cepat.
  • Bakteri ini berkembang biak dan menyebar melalui kotoran manusia. Ketika kotoran berisi bakteri ini mencemari sungai, maka orang-orang yang kontak langsung dengan sungai tersebut dapat tertular. Atau bisa juga melalui ikan yang hidup di sugai tersebut dan ikan itu dikonsumsi oleh manusia.
  • Makanan dan minuman yang tercemar baketri.


6. Polio

Penyakit yang menyerang tubuh terutama pada bagian otot dan syaraf yang dapat mengakibatkan pelemahan otot yang bersifat permanen. Akhirnya tubuh dapat mengalami kelumpuhan bahkan hingga kematian. Penyakit ini disebabkan oleh virus polio yang sangat menular.
  • Kontak langsung dengan penderita polio.
  • Secara oral melalui ludah penderita polio.
  • Virus masuk melalui mulut dan hidung.
  • Bepergian ke daerah yang masih banyak terjadi polio dengan sistem daya tahan tubuh yang lemah.

7. Penyakit PES

PES atau yang juga dikenal dengan Pesteurellosis, merupakan penyakit pada tikusdan hewan pengerat lainnya yang disebabkan oleh bakteri dan dapat ditularkan pada manusia.

Kutu tikus adalah yang paling sering menjadi perantara dalam penularan penyakit ini. Pada manusia, PES dapat dibedakan menjadi . Yaitu PES Kelenjar Getah Bening, PES Infeksi Luas, Dan PES Pneumonik atau PES Paru-paru.
  • Terkena gigitan kutu tikus yang sebelumnya telah menghisap darah tikus dengan penyakit PES.
  • Melalui titik-titik air liur di udara dari penderita PES Paru-paru.
  • Kontak langsung dengan menyentuh luka atau nanah penderita PES.
  • Kontak tidak langsung dengan menyentuh permukaan tanah yang berbakteri.
  • Makanan dan minuman yang tidak bersih dan tercemar bakteri.

8. Ebola

Penyakit yang belakangan ini menjadi perbinacangan hangat adalah penyakit yang disebabkan oleh virus mematikan dari genus ebolavirus.

Gejala yang terjadi biasanya adalah demam, sakit kepala, nyeri otot, muntah, dan pada akhirnya akan mengakibatkan peradangan hati, rusaknya ginjal, serta turunnya jumlahtrombosit secara drastis. Sampai saat ini vaksin untuk ebola belum dapat ditemukan.
  • Kontak langsung dengan penderita, atau melalui cairan tubuh.

9. AIDS (Acquired Immuno Deficiency Syndorme)

AIDS adalah penyakit yang menyerang pada sel-sel darah putih yang bertugas untuk membentuk kekebalan tubuh. Akibatnya, daya tahan tubuh menjadi merosot dan sangat mudah dihinggapi berbagai macam penyakit. AIDS dapat menyebabkan kematian.
  • Melalui hubugan seksual dengan penderita AIDS
  • Melalui cairan tubuh
  • Melalui transfusi darah
  • Ditularkan oleh ibu yang tengah mengandung pada bayi yang dikandungnya.

10. DBD (Demam Berdarah Dengue)

DBD adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegeypti Betina. Gejala yang umum terjadi adalah demam tinggi pada beberapa hari, sakit pada persendian, munculnya bintik-bintik merah, turunnya trombosit secara drastis, dan bisa terjadi pendarahan.
  • Ditularkan melalui gigitan nyamuk betina Aedes aegepty betina
Nah, itulah ulasan tentang Inilah 10 Penyakit yang Dapat Menular. Apabila penjelasan di atas ada yang kurang jelas, atau kamu ingin memberikan kami rekomendasi selanjutnya harus membuat artikel apa, silahkan comment di bawah ya gais. Semoga bermanfaat...

BACA JUGA:

KOMENTAR

0 comments