Thursday, 7 September 2017

7 Perawatan Alami Wajah Berjerawat yang Wajib Kamu Coba!

Memiliki wajah berjerawat memang membuat pusing. Selain pengobatannya yang harus memakan waktu dan tergantung kecocokan dengan jenis kulit, perawatannya juga bukan hal yang mudah.
Jika salah merawatnya, jerawat malah tambah meradang dan bisa lebih banyak. Bekas jerawat juga terkadang sulit dihilangkan. Beberapa jerawat meninggalkan noda bahkan parut di kulit wajah yang mungkin bisa membuat kepercayaan diri berkurang.

Nah, pada kesempatan kali ini Adajerawat.com akan mengulas tentang 7 Perawatan Alami Wajah Berjerawat yang Wajib Kamu Coba! Yuk simak ulasannya di bawah ini.

BACA JUGA: 10 Manfaat Baik Jika Ibu Hamil Mengkonsumsi Salak

Berikut 7 Perawatan Alami Wajah Berjerawat yang Wajib Kamu Coba!

1. Gunakan Masker yang Melembabkan Kulit

Penggunaan masker sebenarnya bukan hanya penting untuk perawatan kulit berjerawat, namun juga kulit dengan masalah lainnya seperti kering dan memiliki flek hitam.

Masker digunakan sebagai perawatan kulit yang berjerawat agar kulit tetap lembab dan pulih menjadi sehat kembali. Beberapa masker alami yang bisa digunakan sebaga perawatan kulit berjerawat dan fungsinya antara lain adalah sebagai berikut:
  • Masker tomat dan madu: membantu memulihkan kulit, menyembuhkan luka bekas jerawat, dan menghilangkan bekas jerawat.
  • Masker kunyit: membunuh bakteri penyebab jerawat, menyembuhkan luka akibat jerawat, mencegah peradangan
  • Masker susu dan madu: membantu memulihkan kulit, mencegah jerawat memerah, menyamarkan noda bekas jerawat
Hal  yang perlu diingat dalam mengaplikasikan masker pada perawatan kulit yang berjerawat adalah gunakan hanya satu jenis masker selama satu minggu.

Hindari penggunaan masker yang berbeda dalam satu hari karena kulit membutuhkan waktu untuk menyerap nutrisi dari masker yang sebelumnya digunakan.

Kondisi wajah juga harus selalu dalam keadaan bersih sebelum pemakaian masker untuk mempermudah penyerapan nutrisi ke dalam kulit wajah. Upayakan penggunaan masker pada malam hari karena kulit lebih efektif menyerap nutrisi.

2. Cuci Wajah Dengan Bahan Alami

Mencuci wajah merupakan hal yang wajib dilakukan dalam perawatan wajah berjerawat. Hal yang perlu diperhatikan dalam mencuci wajah yang berjerawat adalah tidak menggunakan pembersih dengan scrub dan bersihkan wajah selembut mungkin dengan menggunakan telapak tangan dan air.

Hindari penggunaan kain pembersih atau membersihkan wajah dengan alat yang memiliki permukaan yang kasar karena dapat memperparah kondisi jerawat yang meradang. Pastikan juga telapak tangan sudah bersih sebelum menyentuh kulit wajah yang berjerawat.
Pembersih wajah untuk wajah berjerawat memang banyak dijual di pasaran dan sangat mudah ditemukan, namun apabila kamu ingin menggunakan bahan yang alami dan lebih aman untuk segala jenis kulit kamu dapat menggunakan campuran 1 sendok minyak kelapa murni (VCO) dengan 3 sendok madu, dan 1 sendok cuka apel.

Pembersih ini bisa mengangkat kulit mati, debu, kotoran, dan membunuh bakteri di permukaan kulit. Jika ingin yang lebih mudah, kamu bisa juga menggunakan sari lemon 1 sendok teh dicampurkan dengan air 1 sendok makan lalu gunakan dengan kapas di seluruh wajah.

Bersihkan wajah secara rutin, khususnya setelah beraktifitas di luar ruangan, pagi hari, dan malam hari sebelum tidur.

3. Rutin Meminum Teh Herbal

Jerawat juga terkadang disebabkan oleh ketidakstabilan hormon. Jerawat karena hormon biasanya banyak dialami oleh remaja yang sedang mengalami pubertas, wanita yang akan memasuki masa menstruasi, dan wanita yang sedang hamil.

Ketidakstabilan hormon sangat sulit untuk dihindari namun menurut penelitian konsumsi teh herbal dapat membantu menjaga kestabilan hormon dalam masa-masa tersebut.
Teh herbal juga sangat baik dikonsumsi dalam masa perawatan wajah yang berjerawat karena mempercepat proses penyembuhan dan meregenerasi sel kulit.

Jenis teh herbal yang baik dikonsumsi selama masa perawatan, anatara lain teh chamomile dan teh daun basil.

4. Konsumsi Suplemen atau Makanan Probiotik

Perawatan terhadap wajah yang berjerawat tentu belum lengkap jika tidak diimbangi dengan perawatan dari dalam.

Penyebab jerawat bukan hanya disebabkan oleh bakteri dan jamur, namun bisa juga berasal dari makanan penyebab jerawat ataupun hormon.
Nah, agar perawatan wajah berjerawat lebih efektif akan lebih baik jika konsumsi makanan juga diperhatikan dengan baik.

Berdasarkan penelitian, konsumsi makanan yang mengandung probiotik terbukti dapat mengurangi dan memperbaiki kondisi kulit yang berjerawat.

Makanan yang mengandung probiotik akan membangun sistem kekebalan tubuh sehingga bakteri dan jamur tidak mudah menyerang kulit dan memperparah kondisi wajah yang berjerawat.

Beberapa makanan yang mengandung probiotik dan dianjurkan untuk dikonsumsi dalam masa perawatan wajah yang berjerawat antara lain adalah:
  • Tempe
  • Sup miso
  • Sari kedelai
  • Acar
  • Suplemen Probiotik


5. Gunakan Serum dari Tea Tree Oil

Berdasarkan penelitian yang dilakukan para dokter kulit dan spesialis kecantikan, tea tree oil terbukti dapat menyembuhkan jerawat secepat benzoyl peroxide.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memasukkan tea tree oil ke dalam salah satu bahan alami perawatan kulit wajah berjerawat.

Tea tree oil memiliki efek yang sangat luar biasa terhadap penyembuhan jerawat, namun dosisnya perlu diperhatikan. Penggunaan tea tree oil sebagai serum dianggap paling tepat karena langsung terfokus pada daerah yang berjerawat saja. Anjuan penggunaannya adalah:
  • Siapkan 5 tetes tea tree oil.
  • Campurkan dengan 1 sdm VCO atau jojoba oil.
  • Aplikasikan dengan kapas hanya pada daerah yang bermasalah.
  • Lakukan setiap pagi setelah membersihkan kulit wajah.

6. Selalu Gunakan Pelembab dan Tabir Surya

Orang yang memiliki kulit berminyak biasanya menghindari penggunaan pelembab karena dianggap dapat membuat kondisi minyak di kulit semakin parah. Padahal pelembab sangat berguna agar kulit tidak kehilangan nutrisi dalam aktifitas sehari-hari.

Beberapa pelembab alami yang sangat dianjurkan untuk kulit berjerawat antara lain adalah VCO dan VOO. VCO atau minyak kelapa murni mengandung asam lemak tidak jenuh yang berfungsi sebagai antioksidan dan mengembalikan keadaan kulit sehat.
VOO atau minyak zaitun murni juga dipercaya dapat mengembalikan kesehatan dan kelembapan kulit. Kedua jenis minyak ini juga dapat berfungsi sebagai tabir surya yang membantu melindungi kulit dari radiasi matahari yang bisa memperparah peradangan dan luka bekas jerawat.

Pemakaian yang tepat sangat perlu diperhatikan karena jika berlebihan tentu akan menyumbat pori- pori. Gunakan hanya 1 sendok teh VCO atau VOO pada wajah dan tunggu 1 menit.

Siapkan kain kering yang lembut dan tepuk-tepuk kelebihan minyak di kulit yang tidak dapat terserap. Dengan cara ini, kamu bisa mengaplikasikan pelembab alami berbahan minyak ada kulit berjerawat tanpa perlu khawatir resiko breakout.

7. Melakukan Toning dengan Bahan yang Tepat

Toning adalah pembersihan lanjutan yang berfungsi mengangkat sel kulit mati ataupun kotoran pada wajah agar wajah bersih sempurna. Wajah yang berjerawat sangat memerlukan toning agar bakteri penyebab jerawat bisa lebih cepat berkurang.

Lakukan langkah ini di pagi dan malam hari dengan menggunakan cuka apel. Cuka apel yang memiliki pH rendah akan menghambat pertumbuhan bakteri di wajah. Cuka apel juga bisa membantu mengurangi luka parut bekas jerawat di kulit yang diakibatkan jamur.
Selain cuka apel, toner alami juga bisa dibuat dengan merendam kelopak bunga mawar merah dengan air secukupnya. Air rendaman mawar juga dapat membantu mengembalikan pH kulit sehat.

Nah, itulah ulasan tentang 7 Perawatan Alami Wajah Berjerawat yang Wajib Kamu Coba! Apabila penjelasan di atas ada yang kurang jelas, atau kamu ingin memberikan kami rekomendasi selanjutnya harus membuat artikel apa, silahkan comment di bawah ya gais. Semoga bermanfaat...

BACA JUGA:
KOMENTAR

0 comments