Friday, 13 October 2017

Inilah 14 Cara Ampuh Mengatasi Ruam Popok pada Bayi

Inilah 14 Cara Ampuh Mengatasi Ruam Popok pada Bayi- Bagi setiap orang tua, khususnya para ibu yang buah hatinya mengalami ruam popok, sebaiknya tidaklah panik dulu.

Ruam popok mungkin memang adalah peradangan yang menyerang kulit bayi yang sering tertutup oleh popok. Tapi ibu tidak perlu khawatir karna Adajerawat.com akan mengulas 14 cara ampuh mengatasi ruam popok pada bayi. 

Bagian bokong adalah yang paling sering terkena ruam popok dimana ini sebenarnya terjadi disebabkan oleh reaksi kulit bayi yang masih sensitif terhadap tinja serta urine.

Tanda awal bahwa bayi anda mengalami ruam popok adalah adanya kemerahan dibagian kulit terutama kulit bokong dan area sekitarnya.

Pada orang tua sebaiknya jangan terlalu panik karena pada dasarnya ruam popok ini pasti dialami oleh hampir semua bayi. Ini karena rata-rata bayi selalu memakai popok. Namun adakah obat ruam popok ampuh yang dapat di andalkan. Berikut ulasanya.

Inilah 14 Cara Ampuh Mengatasi Ruam Popok pada Bayi

1. Cuka

Untuk bayi anda yang mengalami ruam popok, jangan ragu untuk mengatasinya dengan menggunakan obat alami semacam cuka. Cuka adalah salah satu solusi terbaik dan teraman untuk menyeimbangkan kembali kadar pH kulit yang tinggi.

Meski aman untuk bayi yang masih sensitif, tak ada salahnya untuk membuat larutan solusi cuka yang ringan. Caranya, anda dapat menambahkan cuka putih se sendok teh ke secangkit air.

Campuran larutan inilah yang anda gunakan untuk diusapkan ke bokong bayi. Dan ketika mengganti popok dan cara sederhana ini siap menyelamatkan ruam popok pada kulit sang buah hati.

2. Shea Butter

Karena di dalam shea butter terdapat kandungan antijamur dan anti-inflamasi. Maka jangan ragu untuk menggunakannya sebagai obat bagi bayi anda yang mengalami ruam popok. 

Didalam shea butter pun ada lemak nabati yang mampu meningkatkan peredaran darah dan menghilangkan ruam kemerahan dengan cepat.

Untuk menggunakanya, anda hanya perlu membersihkan bagian bokong bayi terlebih dahulu dengan air hangat dan sabun ringan. Lalu keringkan, setelah itu usapkan shea butter secukupnya ke area bokong bayi. 

Tinggalkan selama beberapa menit sebelum kemudian anda lanjutkan dengan mengenakan popok ke sang buah hati. Anda dapat menggunakannya rutin hingga ruam popok berhasil hilang.

3. Air Susu Ibu (ASI)

ASI diketahui dan diyakini sangat bermanfaat dalam melawan infeksi dan juga menenangkan kulit yang teriritasi. A

ir susu ibu memang yang terbaik dan bahkan dapat diperoleh tanpa membayar mahal untuk menyembuhkan ruam popok pada bayi. Tanpa adanya reaksi alergi dan efek samping berbahaya lainnya. Anda dapat menggunakannya sebagai obat.

Ambil saja beberapa tetes ASI dan usapkan lembut pada area bokong bayi yang terserang ruam popok. Biarlan dulu sejenak hingga ASI mengering pada kulit bayi sebelum dipakaikan popok baru. 

Dengan ASI, anda tidak perlu khawatir akan berbagai dampak negatif yang kemungkinan dapat memperburuk kondisi ruam popol.

4. Minyak Kelapa

Karena yang alami selalu lebih baik dan aman, jadi tidak salah anda mencoba untuk memakai minyak kelapa sebagai obat ruam popok. Sifat antimikroba dan antijamurnya begitu tinggi dan aman bagi kulit bayi.

Efek penenang alami dan penyembuhnya sangat efektif dalam membuat bayi kembali nyaman meski memakai popok.

Gunakan pelembab alami ini dengan cara menerapkannya langsung ke bagian bokong bayi dengan cara mengusapkannya lembut. Jika ingin konsistensi yang lebih ringan dan cair. 

Campurkan beberapa sendok makan minyak kelapa dengan air biasa. Gunakan beberapa kali dalam sehari secara teratur hingga ruam popok benar-benar.

5. Baking Soda

Mungkin anda agak khawatir karena pernah mendengar akan bahaya baking soda dalam penggunaannya, jadi apakah benar aman bagi bayi?

Untuk menyembuhkan ruam popok pada kulit bayi, bahan ini ampuh dan aman asalkan dipakai dengan benar. Pastikan anda merutkan 2 sendok makan baking soda ke dalam air sebanyak 4 cangkir air.

Setiap pergantian popok, anda dapat membersihkan bokong si kecil lebih dahulu dengan campuran air baking soda ini. Setelah itu, gunakan handuk atau kain lembut bersih untuk ditepuk-tepukan demi mengeringkan kulit bokongnya. 

Barulah anda pakaikan popok baru. Setelah itu pastikan bokong si kecil sudah benar-benar kering  sebelum popok baru dikenakan.

6. Tanah Liat Hijau Perancis

Pada umumnya tanah liat hijau perancis ini sudah beredar dan mudah didapatkan sebagai masker wajah. selain dapat merawat kulit agar senantiasa sehat, segar dan awet muda, bahan ini juga sangat efektif dalam menyembuhkan ruam popok pada bayi. 

Ketika ruam popok terjadi akibat infeksi jamur, gunakan saja tanah liat hijau perancis ini. Penyebaran dari ruam popok pun dapat dicegah dengan baik dan kulit bokong bayi pun menjadi lembut kembali dan jauh dari bahaya ruam popok.

Di area kulit bokongnya dapat anda taburi dengan tanah liat ini secukupnya seperti ketika menaburi bedak. Lakukan hal ini setiap kali mengganti popok.

7. Minyak Pisang/ Plantain Oil

Minyak pisang sudah terbukti efektif dalam menjadi obat bagi ruam popok yang menyebabkan rasa sakit dikulit bayi dan hal ini dinyatakan oleh banyak ahli kesehatan. Kerika ruam popok terjadi pad si kecil dan reaksi alergi itulah yang menjadi pemicunya. Minyak ini dapat diandalkan sebagai solusi. 

Sifat anti-alergi di dalam minyak ini akan menenangkan dan mengurangi peradangan, jadi langsung saja daun pisang anda hancurkan dan tempelkan ke bokong bayi yang terkena ruam popok. 

Ketika dihancurkan maka daun pisang akan mengeluarkan getah atau minyak. Anda dapat melakukan hal ini setiap kali anda mengganti popok bayi anda.

8. Oatmeal

Menjadi salah satu makanan yang mengandung protein tinggi oatmeal memang banyak dikonsumsi ketika hendak mengurangi berat badan atau menjaga kesehatan jantung. 

Padahal kegunaan dari oatmeal dapat lebih dari itu dimana oatmeal sangat aman ketika digunakan sebagai solusi ruam popok pada bayi. 

Gunakan saja oatmeal sebanyak 1 sendok makan (pastikan yang digunakan adalah oatmeal kering) ke air mandi si kecil. Biarkan sang buah hati menggunakan waktu 10-15 menit untuk berendam di dalam air oatmeal tersebut. 

Mandikan pula si kecil di dalam jarutan tersebut. Agar kulit bokong bayi anda yang terserang ruam popok dapat sembuh dengan cepat.

9. Tepung Jagung

Maizena alias tepung jagung adalah bahan alami yang diketahui memiliki kemampuan dalam menyerap kelembaban. Jadi bahan ini termasuk aman bila digunakan untuk kulit bayi yang masih tergolong sensitif. 

Bahan ini dapat membantu agar kulit bayi senantiasa dalam kondisi kering dan mencegah serta mengatasi ruam popok. Setelah bokong bayi anda bersihkan anda dapat menaburi bagian yang terkena ruam popok dengan tepung jagung ini hingga merata. 

Pengobatan ini lebih dianjurkan untuk dilakukan setiap kali proses penggantian popok secara rutin hingga akhirnya kulit bokong bayi anda bebas dari ruam popok.

10. Petroleum Jelly

Ketika bokong bayi terkena iritasi ruam popok sebagai efek feses dan urine yang mengenai kulitnya, petroleum jelly adalah obat alami yang boleh dicoba. 

Setiap mengganti popok si kecil, bersihkan bagian bokongnya memakai air hangat, keringkan lalu terapkanlah petroleum jelly langsung ke area kulit bayi anda.

Petroleum jelly termasuk bahan yang aman dan sesuai untuk kulit bayi sehingga anda tidak perlu khawatir. Setiap kali mengganti popok, jangan lupa melakukan pengobatan ini karema penggunaan yang rutin tentunya mendukung supaya ruam popok menjadi lebih cepat sembuh.

11. Jus Cranberry

Untuk mengatasi sekaligus mencegah ruam popok akibat serangan bakteri, kulit bokong bayi anda dapat dirawat menggunakan jus cranberry. 

Berikan saja sekitar 2-3 ons kepada bayi anda, bukan dengan mengoleskannya ke kulit melainkan membiarkan si kecil mengkonsumsimnya ke kulit, melainkan membiarkan si kecil mengkonsumsinya secara rutin. 

Hanya saja, bayi anda memang paling tidak, sudah berusia sekitar 1 tahun untuk dapat mengkonsumsi jus ini.

12. Lidah Buaya

Khasiat lidah buaya untuk kuliy juga berlaku bagi para bayi yang tengah tak nyaman karena ruam popok. 

Para orang tua yang bermasalah karena hal tersebut dapat langsung mengambil gel lidah buaya untuk dioles ke bokong bayi setiap kali mengganti popok. Melakukannya secara rutin jelas akan lebih efektif hasilnya.

13. Minyak Zaitun

Menawarkan efek penenang bagi kulit, minyak zaitun merupakan salah satu bahan terbaik yang bisa anda terapkan pada kulit bayi yang beruam popok, campurkan 1-2 sendok teh minyak zaitun dengan air sebanyak 1 sendok teh. 

Oles ramuan langsung ke bokong si kecil secara teratur setiap anda menggantikan popoknya.

14. Putih Telur

Untuk masalah ruam popok jangan lupa bahwa putih telur juga bisa dijadikan obat alami bagi bayi anda. Gunakan 3-4 butir telur dimana bagian putihnya dapat dipisahkan dari kuningnya dan kemudian putih telur dioleskan ke area yang terkena ruam popok. 

Ruam popok dijamin hilang dan sembuh dengan pemakainan rutin selama beberapa hari.

BACA JUGA  : 

KOMENTAR

0 comments